2 Bobotoh Persib Tewas di Piala Presiden, Arema FC: Semoga Jadi Kasus Terakhir – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co

Honda Harap Marquez Comeback Saat Tes MotoGP di Misano – Tom Jeffries
Juni 19, 2022
Berita Persebaya Populer Hari Ini: Hasil dan Klasemen Piala Presiden 2022, Bobotoh Meninggal – Surya.co.id
Juni 19, 2022
Show all

2 Bobotoh Persib Tewas di Piala Presiden, Arema FC: Semoga Jadi Kasus Terakhir – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co

Lupa Kata Sandi? Klik di Sini
atau Masuk melalui
Belum Memiliki Akun Daftar di Sini
atau Daftar melalui
Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo
Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang
Masukan alamat email Anda, untuk mereset password
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link reset password melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Apakah Anda yakin akan menghapus berita?
Jenis Kelamin
Status
TEMPO.CO, Jakarta – Manajemen Arema FC menyampaikan rasa duka cita mendalam atas wafatnya bobotoh Persib Bandung akibat berdesakan saat akan menonton laga antara melawan Persebaya Surabaya di ajang Piala Presiden, Jumat, 17 Juni 2022.
Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan bahwa meninggalnya dua orang suporter Persib Bandung sebelum laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut menjadi duka bersama dunia sepak bola Indonesia.
“Sebagai sesama insan sepak bola, tentu ini juga menjadi duka bagi Arema FC. Semoga amal ibadah korban yang meninggal diterima di sisi-Nya,” kata Sudarmaji di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.
Sudarmaji menambahkan, insiden yang terjadi pada Jumat (17 JUni) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tersebut diharapkan bisa menjadi yang terakhir kalinya dan tidak lagi terjadi di Indonesia.
“Harapannya tentu saja ini menjadi yang terakhir. Ini menjadi cambuk bagi kita semua untuk instrospeksi agar kejadian serupa tidak terulang,” ujarnya.
Pada 17 Juni 2022, dua orang suporter Persib Bandung tewas diduga akibat berdesakan pada saat mengantre untuk memasuki Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Para penonton itu disebutkan berdesakan untuk bisa segera masuk ke dalam stadion.
Dua orang pemuda yang menjadi korban meninggal dunia akibat membludaknya antrean penonton tersebut merupakan Bobotoh bernama Ahmad Solihin asal Cibaduyut dan Sopiana Yusup anggota Viking asal Bogor.
Peristiwa itu terjadi pada saat laga antara Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya yang merupakan pertandingan dalam Grup C turnamen pramusim Piala Presiden 2022.
Apa Kata Menpora? 
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB), penyelenggara turnamen pramusim Piala Presiden 2022, untuk menyelidiki kasus wafatnya 2 bonotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.
“SOP yang berlaku di stadion ketika itu harus dievaluasi. Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan,” ujar Menpora dikutip dari rilis, Sabtu.
Politisi Partai Golkar itu pun memerintahkan PSSI dan LIB untuk memastikan keamanan pelaksanaan penyisihan grup Piala Presiden 2022 di tiga stadion lain yaitu Stadion Manahan (Solo), Stadion Segiri (Samarinda) dan Stadion Kanjuruhan (Malang).
Semuanya dilakukan agar keselamatan penonton yang hadir langsung di stadion dapat terjamin.
Menpora Zainudin Amali pun menyatakan duka cifa mendalam atas peristiwa tersebut.
Pria asal Gorontalo tersebut prihatin, apalagi Piala Presiden merupakan turnamen sepak bola nasional pertama yang dapat dihadiri penonton dalam dua tahun terakhir.
“Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepak bola baru saja diizinkan dihadiri penonton langsung di stadion,” tutur Zainudin.
Komdis PSSI Akan Usut
PSSI sudah menyatakan bahwa mereka, melalui Komite Disiplin, akan menginvestigasi peristiwa maut tersebut.
Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin mengatakan, pihak kepolisian sejatinya menetapkan kapasitas maksimal Stadion GBLA adalah 15.000 penonton pada laga Piala Presiden 2022.
Akan tetapi, jika melihat dari tayangan televisi, PSSI menduga jumlah penonton di GBLA saat pertandingan Persib kontra Persebaya lebih banyak dari itu.
“Kalau kita melihat stadion yang penuh, amat mungkin itu over capacity. Lalu di mana kesalahannya? Apakah panitia mencetak tiket tidak sesuai dengan regulasi, atau panpel yang tidak siap? Kami akan mendalami semuanya,” kata Erwin.
Adapun PSSI mengungkapkan, berdasarkan laporan dari panitia, dua suporter itu meninggal karena terjatuh dan terinjak.
Baca Juga: 6 Fakta Soal Meninggalkany 2 Bobotoh Persib Bandung di Laga Piala Presiden 2022

Selalu 
update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Pertandingan Grup D Piala Presiden 2022 PSM Makassar vs Persik Kediri berlangsung sengit sepanjang laga.
IPW desak polisi mengusut kematian 2 bobotoh Persib Bandung karena terinjak saat masuk Stadion GBLA.
Duel Persikabo 1973 vs Arema FC di Piala Presiden 2022 malam ini akan menjadi penentu tim yang lolos ke babak delapan besar dari Grup D.
Laga PSM Makassar vs Persik Kediri ini akan menentukan lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2022.
Laga PSM Makassar vs Persik Kediri dan Persikabo 1973 vs Arema FC di Piala Presiden 2022 ini akan jadi penentu tim yang lolos ke babak delapan besar.
Pelatih Barito Putra Dejan Antonic menyatakan kemenangan atas Persija Jakarta dalam pertandingan Piala Presiden 2022 diraih dengan tak mudah.
PT LIB menyatakan Persib Bandung terancam menjalani laga tanpa penonton akibat kejadian dua suporter tewas.
Barito Putera berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada pertandingan Grup B Piala Presiden 2022.
Pertandingan RANS Nusantara FC vs Madura United hadir di Grup B Piala Presiden 2022, Sabtu sore, berakhir dengan skor 0-0.
Menpora meminta penyelenggara Piala Presiden 2022, PSSI dan PT LIB, menyelidiki penyebab meninggalnya dua suporter di GBLA Bandung.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *