3 Perkembangan Terkini Invasi Rusia ke Ukraina – Dunia Tempo

5 Manfaat Olahraga Pilates, Rahasia Tubuh Langsing Lisa BLACKPINK – Tribun Pontianak
Juni 15, 2022
40 Kata-Kata Bijak tentang Olahraga, Pelecut Semangat – Ragam Bola.com – Bola.com
Juni 15, 2022
Show all

3 Perkembangan Terkini Invasi Rusia ke Ukraina – Dunia Tempo

atau cari berdasarkan hari
Prajurit Ukraina naik di atas kendaraan tempur lapis baja, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina 8 Juni 2022. REUTERS/Stringer
TEMPO.CO, Jakarta – Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022. Sudah lebih dari 100 hari peperangan antara kedua negara masih terus berlangsung.
Pasukan Ukraina saat ini memperjuangkan “setiap meter” wilayah dari Sievierodonetsk di Luhansk. Rusia dilaporkan baru saja menghancurkan sebuah jembatan yang menghubungkan Sievierodonetsk ke kota lain di seberang sungai. Gempuran itu menyebabkan warga sipil yang terdampar hanya memiliki satu jalan keluar dari tiga yang sebelumnya tersedia.
– Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan: Sekitar 500 warga sipil tetap berada di pekarangan pabrik Azot di Sievierodonetsk, 40 di antaranya adalah anak-anak. Jika waktunya memungkinkan, militer bisa mengevakuasi seseorang.
– Gadai mengatakan, pasukan Rusia telah menghancurkan jembatan kedua dari tiga jembatan di atas Sungai Donets Siverskyi yang menghubungkan Sievierodonetsk dengan kota kembarnya Lysychansk. Jika jembatan terakhir dihancurkan, Sievierodonetsk akan terputus, dan orang-orang tidak lagi dapat melarikan diri dengan kendaraan.
– Di barat daya Sievierodonetsk, pasukan Rusia menembakkan mortir dan artileri di sekitar sejumlah pemukiman. Akan tetapi, staf umum Ukraina mengatakan pasukannya telah menolak upaya Rusia untuk maju ke beberapa komunitas.
– Presiden Volodomyr Zelenskiy mengatakan militer Ukraina secara bertahap membebaskan wilayah lebih jauh ke barat, di wilayah Kherson dan memiliki beberapa keberhasilan juga di Zaporizhzhia.
Interfax melaporkan pasukan Rusia menembakkan rudal jelajah Kalibr untuk menghancurkan depot yang berisi senjata Amerika Serikat dan Eropa di wilayah Ternopil Ukraina barat. Gubernur Ternopil mengatakan serangan roket dari Laut Hitam telah menghancurkan sebagian fasilitas militer di kota Chortkiv, melukai 22 orang. Seorang pejabat setempat mengatakan tidak ada senjata yang disimpan di sana.
Dampak Ekonomi
– Bekas restoran McDonald’s membuka pintu mereka di Moskow di bawah kepemilikan Rusia baru. Nama barunya adalah Vkusno & tochka, yang dapat diartikan “Enak dan hanya itu”.
– Ukraina telah menetapkan dua rute melalui Polandia dan Rumania untuk mengekspor biji-bijian dan mencegah krisis pangan global meskipun kemacetan telah memperlambat rantai pasokan. Wakil menteri luar negeri Ukraina memastikan ini.
Upaya Diplomatik
– Kekhawatiran keamanan yang diangkat oleh Turki dalam penentangannya terhadap aplikasi keanggotaan NATO Finlandia dan Swedia adalah sah. Sekretaris Jenderal aliansi militer Barat Jens Stoltenberg di Finlandia meyakinkan ini.
– Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan pendapat eksekutif Uni Eropa atas permintaan Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa akan siap dalam minggu mendatang.
 
 
Dapatkan ringkasan berita eksklusif dan mendalam sesuai dengan topik pilihan Anda dengan membaca newsletter pilihan Tempo
Pilih Topik
Virus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5 telah menyelinap ke Indonesia, pemerintah menyatakan tak perlu panik. Apa yang perlu diperhatikan?
Tempo Media Group © 2017

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *