5 Kebiasaan yang Membentuk Gaya Hidup Tidak Sehat – IDN Times

Apa Itu Lifestyle? Berikut Pengertian, Contoh dan Cara Mengontrol Gaya Hidup Berlebihan – Berita DIY – Berita DIY
Juni 18, 2022
Hari Ini, 17 Juni 1948 Rakyat Aceh Sumbang Emas untuk RI Beli Pesawat – Nasional Tempo
Juni 18, 2022
Show all

5 Kebiasaan yang Membentuk Gaya Hidup Tidak Sehat – IDN Times

Regional
Kategori
Event
Channels
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Banyak orang yang masih belum tahu bahwa sebenarnya menurunnya kualitas hidup juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dan gaya hidup tidak sehat itu salah satu penyebabnya dari kebiasaan buruk yang terus dilakukan dan disepelekan. 
Misalnya seperti kebiasaan belanja foya-foya, begadang main HP, kerap lupa sarapan sebelum beraktivitas dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk yang dianggap sepele hingga tidak sadar kalau lama-kelamaan hal itu justru malah membentuk gaya hidup yang tidak sehat. Pembahasan lebih jelasnya bisa simak lima poin berikut ini. 
Sebagian orang gak sarapan pagi karena merasa tidak perlu, tapi ada juga yang tidak punya waktu untuk sarapan karena bangun telat. Tapi entah sadar atau tidak, kebiasaan untuk berkegiatan tanpa sarapan pagi itu sebenarnya membentuk gaya hidup yang tidak sehat, lho. 

Yang mana hal itu dapat membuat tubuhmu jadi gampang sakit karena kehabisan energi sebab kelaparan. Apalagi kalau kegiatan yang kamu lakukan cukup berat dan memerlukan banyak gerak, pasti cepat banget lemas karena belum sarapan. 
Kebiasaan lainnya yang membentuk gaya hidup tidak sehat ialah kalau kamu membiasakan diri untuk malas mandi dan merawat diri. Memang benar kalau baik buruknya tubuhmu itu terserah padamu, tapi kalau dibiarkan terus jadi kebiasaan kan tidak baik. 

Yang mana kamu jadi gak terbiasa bersih dan gak nyaman untuk dilihat orang lain karena berantakan. Selain membuat tubuhmu jadi mudah sakit karena tidak bersih, daya tarikmu juga jadi menurun karena orang malas melihatmu yang tak pandai merawat diri. 
Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Hidup Lebih Tertata, Termasuk Jaga Kerapian!
Kebiasaan lainnya yang juga gak bagus dan membentuk gaya hidup tidak sehat ialah kalau kamu suka banget main HP sampai lewat tengah malam. Bahkan gak cuma itu, kamu tanpa sadar begadang sampai pagi karena lupa waktu saking asyiknya dengan gadget

Hal ini gak baik kalau terus dilakukan, yang mana efeknya bahaya banget untuk tubuhmu yang jadi gak sehat gara-gara waktu tidur yang berantakan dan kurang istirahat. Gaya hidup yang bisa berpengaruh buruk untuk hidupmu, membuatmu sulit berkonsentrasi, lelah seharian, dan gak bisa maksimal dalam beraktivitas. 
Kalau kamu tipe orang yang sering membeli barang secara impulsif, hal itu juga termasuk kebiasaan yang membantuk gaya hidup tidak sehat, lho. Tidak sehatnya dalam segi finansial dan pengelolaan uang yang buruk. 

Karena kamu pasti sering shopping barang-barang yang sebenarnya gak dibutuhkan dan hanya sekedar suka saja setiap ada barang yang terlihat bagus. Dampaknya, kamu jadi gak bisa menabung, gila belanja yang mengakibatkan boros, dan tentu saja jadi kesulitan menentukan prioritas dalam pengeluaranmu. 
Self reward sejatinya perlu sebagai bentuk penghargaan diri karena sudah bekerja keras dan capek bekerja. Tapi, banyak orang menjadikan self reward sebagai alasan untuk menghalalkan semuanya, termasuk makan junk food yang jelas-jelas gak sehat. 

Yang mana kalau terus dibiasakan malahan jadi buruk untuk dirimu sendiri karena gaya hidupmu jadi sembarangan. Membebaskan diri memakan apa saja yang diinginkan tanpa memikirkan gizi dan kesehatan dengan dalih self reward

Kalau kamu melakukan lima kebiasaan tadi, maka lebih baik untuk segera menghentikannya sebelum hal itu membentuk gaya hidup yang tidak sehat. Karena kalau sudah melekat sebagai gaya hidup, bakal lebih sulit untuk mengubahnya nanti. 
Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Kebiasaan Buruk yang Bikin Tujuan Hidup Hilang
Follow me on instagram: @afifahhanim_lm
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Stella Azasya
Izza Namira
kamu sudah cukup umur belum ?

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.