5 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Kulit, Bikin makin Glowing – IDN Times

Hujan Deras, Perumahan Pondok Candra dan Citra Tropodo Sidoarjo Banjir – Suara Surabaya
Juni 14, 2022
Ribuan Warga Iringi Perjalanan Eril ke Pemakaman. Banyak Ibu-ibu yang Menangis – KOMPASTV
Juni 14, 2022
Show all

5 Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Kulit, Bikin makin Glowing – IDN Times

Regional
Kategori
Event
Channels
DOWNLOAD IDN APP SEKARANG!
Jika membahas soal manfaat olahraga bagi kesehatan memang tak pernah ada habisnya. Aktivitas fisik ini telah terbukti dapat membantu meningkatkan sistem imun, membentuk massa otot, menurunkan maupun menjaga berat badan serta memperbaiki suasana hati.
Selain itu, olahraga ternyata diam-diam memberikan efek positif bagi kesehatan kulit, lho. Lalu, apa manfaatnya? Benarkah aktivitas fisik dapat membuat kulit menjadi glowing? Yuk, cek langsung faktanya di bawah ini!
Kamu ingin tetap terlihat awet muda meski usia kian bertambah? Olahraga ternyata merupakan salah satu cara sehat serta murah untuk mendapatkannya, lho. Dilansir American Academy of Dermatology Association (ADD), aktivitas fisik membuat sirkulasi aliran darah menjadi lebih lancar.
Ini artinya tubuh akan mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi yang cukup sehingga membuat kulit terlihat sehat dan lembap. Selain itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu mencegah proses penuaan dini serta membuat kulit tampak lebih muda dan kencang.
Hubungan stres dengan jerawat masih sering disalah artikan. Meskipun bukan penyebab langsung, stres terbukti dapat memperparah kondisi jerawat sehingga membuatnya semakin meradang, seperti dikutip dari Very Well Mind.
Pasalnya ketika stres, tubuh akan meningkatkan hormon kortisol dan androgen yang memicu produksi minyak (sebum) berlebih pada kulit. Kondisi inilah yang membuat bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes (P. acnes) berkembang biak dengan cepat sehingga jerawat menjadi meradang.
Akan tetapi, tak perlu khawatir karena olahraga dapat mengurangi stres dengan cara menurunkan kadar hormon kortisol dan juga androgen. Alhasil, aktivitas fisik ini pun dapat mencegah peradangan jerawat yang dipicu oleh stres berlebih.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika produksi hormon kortisol akan meningkat saat kamu mengalami stres. Secara bersamaan, kondisi ini juga ikut menurunkan kadar hormon insulin sehingga terjadi peningkatan gula dalam darah.
Dikutip Everyday Health, tingginya gula dalam darah akan merusak protein alami tubuh seperti kolagen. Padahal, kolagen memegang peranan penting dalam menjaga elastisitas serta kelembapan kulit.
Nah, olahraga secara alami dapat menurunkan kadar hormon kortisol serta meningkatkan produksi kolagen. Efeknya, kulitmu akan terlihat sehat, lembap serta lebih cerah.
Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Hari
Eksim adalah kondisi saat kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan ruam merah, pecah-pecah, gatal dan juga kering. Meski belum diketahui penyebab pastinya namun stres diketahui dapat memicu kekambuhan serta memperparah masalah kulit ini.
Dilansir WebMD, olahraga mampu meningkatkan produksi hormon endorfin dan dopamin yang dapat memperbaiki suasana hati (mood) serta mengurangi stres. Oleh sebab itu, aktivitas fisik sebenarnya bermanfaat bagi penderita eksim.
Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lagi bila kamu mengalami masalah kulit tersebut. Pasalnya, aktivitas fisik dapat meningkatkan suhu serta membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Alih-alih membaik, olahraga justru akan memperparah kondisi eksim.
Dirangkum dari National Eczema Association dan WebMD, berikut ini tips olahraga yang aman bagi penderita eksim:
Selain menyehatkan, olahraga terbukti dapat membantu mengatasi insomnia. Lalu, mengapa bisa? Masih berdasarkan dari AAD, aktivitas fisik ternyata mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat banyak energi terbakar serta mudah mengantuk.
Hal inilah yang nantinya membuatmu tidur lebih cepat serta nyenyak. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab munculnya mata panda adalah istirahat yang kurang cukup. Akhirnya, kondisi tersebut menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga mata akan sedikit bengkak dan menghitam.
Dengan rutin berolahraga, kualitas tidurmu akan meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata juga akan berkurang karena tubuh telah mendapatkan istirahat yang cukup.
Olahraga memang menjadi salah satu cara merawat kesehatan kulit. Namun, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat lainnya seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, berhenti merokok dan kelola stres dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai kebutuhanmu!
Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga Berkuda bagi Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu!
“Earth” without “Art” is just “Eh”.
IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
IDN Times Community
Stella Azasya
Stella Azasya
Izza Namira
kamu sudah cukup umur belum ?

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *