5 Pemain Bule di Timnas Indonesia, Ada yang Merumput di Liga Inggris – Bola Okezone

Jelang FIBA Asia Cup 2022, Timnas Indonesia Fokus Benahi Masalah Foul – Ligaolahraga.com
Juni 18, 2022
Pesan Penting Perdana Menteri untuk Timnas Malaysia – CNN Indonesia
Juni 18, 2022
Show all

5 Pemain Bule di Timnas Indonesia, Ada yang Merumput di Liga Inggris – Bola Okezone

SEBANYAK 5 pemain bule di Timnas Indonesia akan dibahas di dalam artikel satu ini. Belum lama ini, Timnas Indonesia berhasil memastikan satu tiket ke Piala Asia 2023.
Hal tersebut sangat membanggakan seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia sendiri sudah 16 tahun menantikan momentum ini terulang kembali. Sekadar diketahui, kali terakhir Timnas Indonesia mentas di Piala Asia yaitu pada tahun 2007.


 Stefano Lilipaly
(Stefano Lilipaly)

Akhirnya, penantian itu tercapai kembali. Nah, di balik kesuksesan Timnas Indonesia tentu ada semangat dari penggawa skuad Garuda demi nama baik negara.
Namun, apakah Anda tahu, ternyata ada pemain bule keturunan Indonesia, yang membela skuad Garuda di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu. Siapa mereka? Mari kita bahas.
5 Pemain Bule di Timnas Indonesia
Diketahui dalam daftar 29 pemain yang ikut serta babak Kualifikasi Piala Asia 2023, sejatinya ada tiga nama pemain asing yang turut membantu kiprah Timnas Indonesia. Namun, pemain bule itu sudah terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah.
 Marc Klok
(Marc Klok)
Adapun tiga pemain tersebut, yaitu Stefano Lilipaly (Borneo FC), Marc Klok (Persib Bandung), dan Elkan Baggott (Ipswich Town). Nama terakhir merupakan bek muda berusia 19 tahun, yang merumput di divisi dua Liga Inggris!
Sementara dua lainnya, yaitu Stefano Lilipaly dan Marc Klok merupakan pemain keturunan yang kini berkarier di Liga 1 Indonesia. Akan tetapi, sejatinya bukan hanya tiga pemain saja yang ada di dalam skuad Garuda.
 Elkan Baggott
(Elkan Baggott)
Jauh sebelum babak Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong sempat menggelar pemusatan latihan (TC) singkat. Tepatnya, di Bandung, Jawa Barat. Ketika itu Shin Tae-yong juga turut memanggil dua nama pemain keturunan lainnya.

Siapa saja mereka? Ya, kedua pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sebagaimana diketahui, baik Jordi Amat dan Sandy Walsh, merupakan dua dari tiga pemain yang saat ini masih mengikuti proses naturalisasi pemain untuk mendapat WNI.
 Jordi Amat
(Jordi Amat)
Selain dua nama tersebut, ada pula Shayne Pattynama. Namun, Shayne Pattynama belum sempat bergabung TC dengan skuad Garuda. Sedangkan, Jordi Amat dan Sandy Walsh sempat ikut TC di Bandung.
Sayangnya, Jordi Amat dan Sandy Walsh belum mengantongi WNI, lantaran proses naturalisasinya belum rampung. Alhasil, keduanya tak dibawa Shin Tae-yong berlaga di babak Kualifikasi Piala Asia 2023 silam.
 Sandy Walsh
(Sandy Walsh)
Jordi Amat dan Sandy Walsh diketahui telah menyelesaikan proses naturalisasi di BIN pekan lalu. Kini keduanya sedang menunggu tahap selanjutnya di Sekretariat Negara dan DPR. Sembari menunggu proses tersebut, Jordi Amat dan Sandy Walsh sempat menghabiskan waktu berlatih bersama skuad Garuda.
Jordi Amat yang berusia 30 tahun itu dengan senang hati menyambut permintaan Shin Tae-yong tersebut. Pemain naturalisasi satu ini dikenal dengan pemain yang memiliki rekam jejak karier paling mewah. Pemain berposisi bek itu pernah merumput bersama Swansea City, Espanyol, hingga Real Betis.
Sedangkan Sandy Walsh merupakan pemain keturunan yang sudah merumput lama di Belgia. Kendati tak bisa ikut berlaga di babak kualifikasi, keduanya bisa turut membela skuad Garuda di Piala Asia 2023, jika telah mengantongi WNI nantinya.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.