5 Prestasi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Fenomenal – Bola Okezone

3 Gaya Hidup yang Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kolorektal, dari Olahraga hingga Batasi Makan Daging Merah! – Suara.com
Juni 16, 2022
Platform Cakap Dorong Peningkatan Kualitas SDM Berbasis Teknologi – Medcom.Id
Juni 16, 2022
Show all

5 Prestasi Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia, Nomor 1 Paling Fenomenal – Bola Okezone

SEBANYAK 5 prestasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Kesuksesan Shin Tae-yong setelah bergabung dengan Timnas Indonesia tampak nyata.
Pelatih asal Korea Selatan itu memberi sentuhan berbeda di dalam skuad Garuda di semua kategori level usia. Terbaru, Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia senior mentas di Piala Asia 2023 setelah 16 tahun hiatus dari kompetisi tertinggi di level Asia tersebut.


Bukan hanya itu, ada pula prestasi lain dari Shin Tae-yong selama menukangi Timnas Indonesia. Lantas, apa saja prestasinya? Berikut 5 prestasi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia:
5. Runner-up Piala AFF 2020

Piala AFF 2020

Kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia diuji ketika melakoni Piala AFF 2020 silam. Di final, Timnas Indonesia bersua Timnas Thailand. Sayangnya, ketika itu Timnas Indonesia harus mengakui rival abadinya di Asia Tenggara tersebut.
Berlangsung dua leg, Timnas Indonesia gagal comeback di leg kedua. Egy Maulana Vikri dkk hanya bisa bermain imbang 2-2. Padahal, di leg pertama Timnas Indonesia tertinggal 0-4 dari Thailand.
Meski gagal juara, kiprah Timnas Indonesia sangat impresif. Mereka tak terkalahkan di babak penyishan Grup B. Dari empat laga, skuad Garuda menyapu tiga kemenangan dan hanya satu kali imbang. Mereka pun berhasil finis di posisi pertama, unggul atas Vietnam.
4. Perunggu SEA Games 2021
Timnas Indonesia U-23

Usai Piala AFF 2020, Shin Tae-yong kembali memimpin Timnas Indonesia. Kali ini di kategori usia 23 tahun.
Ya, Timans Indonesia U-23 pulang dari Hanoi dengan menggondol medali. Mereka meriah perunggu SEA Games 2021 usai taklukkan Timnas Malaysia U-23 lewat adu penalti dengan skor 4-3.
Meski hanya dapat perunggu, kiprah Garuda Muda patut diapresiasi. Pasalnya, dari empat pertandingan di fase Grup A SEA Games 2021, Timnas Indonesia tampil menggila. Witan Sulaeman dan kolega mampu mencetak 11 gol dan hanya kebobolan lima gol saja.

3. Naik 20 Peringkat FIFA Kurang dari Satu tahun
Timnas Indonesia
Shin Tae-yon sejatinya dikontrak PSSI sejak Desember 2019. Namun, pelatih 51 tahun itu baru benar-benar aktif melatih di laga resmi Timnas Indonesia pada Juni 2021. Ketika itu posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA berada di urutan ke-175 dunia per September 2021.
Akan tetapi, tak sampai satu tahun (September 2022), posisi Timnas Indonesia sudah naik drastis! Ya, berdasar update ranking FIFA terbaru per Juni 2022, Timnas Indonesia sudah berada di urutan ke-155 ranking dunia. Itu artinya, Timnas Indonesia sudah melompat 20 peringkat sejak di bawah asuhan Shin Tae-yong.
2. Timnas Indonesia Tampil Tajam di Kualifikasi Piala Asia 2023
Timnas Indonesia
Daya gedor Timnas Indonesia tampak mengerikan sejak di bawah Shin Tae-yong. Ya, meski kerap berganti taktik, hasilnya formula racikan Shin Tae-yong cukup berhasil. Itu terbukti dari ketajaman lini serang Timnas Indonesia selama babak Kualifikasi Piala Asia 2023.
Tercatat skuad Garuda berhasil mencetak sembilan gol dalam tiga laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Gol tersebut disarangkan ketika menang 2-1 atas Kuwait dan melibas Nepal 7-0. Berkat torehan gol itu, Timnas Indonesia tercatat jadi tim kedua tersubur bersama Uzbekistan dan berada di bawah Palestina (10 gol).
1. Lolos Piala Asia 2023
Timnas Indonesia
Momentum panjang usai menunggu lama akhirnya tiba. Selama 16 tahun terakhir, Timnas Indonesia akhirnya kembali ke Piala Asia. Terakhir, Timnas Indonesia mentas di Piala Asia pada tahun 2007. Itu pun Timnas Indonesia mentas di Piala Asia 2007 dengan status tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand.
Capaian ini jadi torehan manis skuad Garuda bersama Shin Tae-yong. Akan tetapi, euforia Timnas Indonesia tak boleh berlebih. Sebab, tantangan sebenarnya ada di Piala Asia 2023, yang menurut jadwal berlangsung pada 16 Juni 2023 mendatang.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *