6 Cara Meninggikan Badan, Olahraga dan Jaga Pola Makan – VIVA – VIVA.co.id

Bangun Infrastruktur Teknologi yang Ramah Lingkungan – VIVA – VIVA.co.id
Juni 19, 2022
Sering Boros? Yuk Simak Langkah Pintar Milenial Atur Kebutuhan dan Keuangan – MSN
Juni 19, 2022
Show all

6 Cara Meninggikan Badan, Olahraga dan Jaga Pola Makan – VIVA – VIVA.co.id

VIVA – Cara meninggikan badan dapat dilakukan berbadai cara. Jika ingin tahu cara meninggikan badan, tentu Anda harus rajin berolahraga, jaga pola makan dan bisa saj minum vitamin dan suplemen untuk pertumbuhan tulang. Melansir National Library of Medicine, genetik alias keturunan adalah faktor utama yang menentukan tinggi badan Anda saat ini. 
Jika dari kedua belah pihak sama-sama tinggi, sangat besar kemungkinannya Anda juga akan punya tinggi badan yang ideal. Sebaliknya jika hanya salah satu pihak saja yang tinggi sementara satunya pendek, perawakan Anda akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat. Faktor lainnya yang bisa ikut menentukan tinggi badan Anda adalah kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang awal sampai pubertas berakhir.
Kalsium memang baik dikonsumsi di usia anak-anak hingga remaja karena dapat mendukung pertumbuhan tulang. Namun, apakah ia efektif untuk meninggikan badan saat dewasa? Ternyata tidak. Di usia dewasa, hormon pertumbuhan manusia sudah menurun.
Anda tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium meski sudah dewasa. Jumlah yang dianjurkan menurut Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan adalah sekitar 1.200 mg kalsium/hari. Tujuannya untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, serta mencegah pengeroposan.
Untuk memperoleh tinggi badan secara alami, berikut tujuh cara meninggikan badan secara alami yang bisa Anda ikuti, dikutip dari laman Frisian Flag, Sabtu, 18 Juni 2022.
Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Antara lain memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayuran hijau serta buah-buahan yang mengandung vitamin D dan kalsium.
Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai penunjang cara meninggikan badan antara lain ikan salmon, keju, susu, dan margarin, juga makanan tinggi protein seperti daging dan telur.
Asupan nutrisi berkualitas, seperti protein, kalsium, vitamin D, dan lainnya merupakan salah satu faktor penting yang membantu cara meninggikan badan secara alami. Berdasarkan penelitian Harvard Medical School, mengonsumsi susu tinggi protein dan kalsium adalah salah satu cara meninggikan badan yang efektif.
Ketika memasuki usia dewasa, protein dapat membantu menjaga massa otot dan kalsium membantu menjaga kepadatan tulang. 
Maka dari itu, untuk menunjang kebutuhan protein dan kalsium harian, penting untuk membiasakan diri dengan mengonsumsi susu secara rutin sebagai salah satu cara meninggikan badan dengan lebih sehat. 
Cara meninggikan badan dengan asupan susu ini bisa Anda optimalkan dengan mengonsumsi susu sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Susu Frisian Flag Purefarm Full Cream bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. 
Susu yang baik diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12) serta Vitamin E dan B5 dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) serta Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium. Bercita rasa Full Cream yang gurih dan lezat.
Selain dapat membantu meninggikan badan, susu juga bisa menjadi sumber energi, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung kesehatan mata, dan lain sebagainya.
Cara meninggikan badan secara alami lainnya adalah melakukan olahraga dengan rutin dan mengurangi aktivitas pasif seperti bermain video game dan menonton televisi. Olahraga yang dianjurkan sebagai salah satu cara meninggikan badan antara lain basket, renang, atletik, lompat tali, dan yoga. 
Meski tidak berhubungan langsung, menjaga kualitas tidur diyakini dapat membantu proses pertumbuhan dan salah satu faktor penunjang atau bagian dari cara meninggikan badan secara alami. 
Saat tidur, tubuh akan melepaskan semua jenis hormon yang memengaruhi pertumbuhan tinggi badan manusia. Pola tidur yang dianjurkan adalah 7-9 jam per hari. Kurangnya jam tidur disebut akan berpengaruh pada body mass index dan cenderung menyebabkan obesitas. Hal itu membuat Anda tampak lebih pendek dari tinggi yang sebenarnya. 
Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Disadari atau tidak, kebiasaan yang biasa kita lakukan saat duduk, berdiri, dan membungkuk membuat kita tampak lebih pendek. Karena itu, hindari membungkukkan tubuh saat duduk. Hal itu karena akan membuat posisi tulang belakang menjadi tidak normal dan otot menjadi lemah. 
Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan antara lain menegakkan punggung dan menarik pundak ke belakang saat Anda duduk. Usahakan untuk berdiri sejenak jika terpaksa duduk dalam waktu yang lama. 
Kemudian hindari posisi menyilangkan kaki saat duduk. Selain mengatur posisi duduk, hal lainnya yang perlu Anda lakukan untuk menunjang cara meninggikan badan adalah mengatur posisi tidur. 
Saat tidur, pilihlah tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan baik. Apabila Anda tidur dalam posisi menyamping, sebaiknya tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung tetap lurus.
Stretching atau peregangan merupakan salah satu aktivitas ringan yang bisa Anda lakukan sebagai cara meninggikan badan. Seperti gerakan peregangan pada kaki. Caranya cukup mudah, yakni dilakukan dengan duduk sambil meluruskan kedua kaki kedepan. Lalu upayakan meraih atau menyentuh ujung jari kaki dengan tangan. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang, setidaknya 5-6 kali sehari.
Selain mengonsumsi makanan kaya nutrisi, cara meninggikan badan bisa Anda optimalkan dengan membiasakan diri berolahraga. Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih sebagai salah satu cara meninggikan badan, di antaranya: 
Cara meninggikan badan bisa Anda coba dengan membiasakan berolahraga basket. Sebab, basket membuat badan Anda berlari dan melompat, sehingga lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke dalam lempeng tersebut dapat merangsang pertumbuhan tulang. 
Berenang dapat membantu memperkuat tulang belakang tubuh dan membuat seluruh otot tubuh bergerak, sehingga renang bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan dan mencapai postur tubuh yang baik. 
Lompat tali termasuk cara meninggikan badan yang sudah dilakukan sejak zaman dulu. Melompat dapat membantu tubuh untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu Anda untuk memperbaiki postur tubuh dan meninggikan badan dengan baik.
Sepakbola termasuk olahraga yang membutuhkan kemampuan berlari yang sangat penting untuk menambah tinggi badan. Ketika Anda berlari, maka otot lutut dan paha akan meregang dan membantu sebagai salah satu cara meninggikan badan. 
Selain membantu meningkatkan stamina tubuh, bersepeda juga bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan lho. Ini karena saat bersepeda, tubuh bagian bawah mendapatkan tugas yang berat, yaitu mengayuh pedal sehingga dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang bisa merangsang pertumbuhan. Itulah sebabnya, bersepeda bisa menjadi cara meninggikan badan yang disukai banyak orang. 
Rutin melakukan yoga juga bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan yang alami. Aktivitas yoga dapat memperkuat otot serta membantu postur tubuh tetap tegak. Tak perlu khawatir jika Anda memiliki kendala dengan waktu. Yoga bisa dilakukan di pusat kebugaran atau di rumah secara sederhana dengan melihat panduan video di internet.
Selain mengetahui cara meninggikan badan, Anda juga perlu memahami fakta seputar tinggi badan manusia, antara lain: 
Salah satu hal yang paling berpengaruh pada tinggi badan manusia adalah tinggi badan manusia adalah faktor genetik atau keturunan. Itulah mengapa, setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda. 
Anak yang lahir dari kedua orang tua yang bertubuh tinggi memiliki peluang lebih besar untuk memiliki perawakan yang tinggi. Sedangkan seorang anak memiliki peluang tumbuh tinggi lebih kecil apabila hanya salah satu dari kedua orang tua saja yang berperawakan tinggi.
Selain faktor genetik, tinggi badan manusia juga dipengaruhi oleh makanan dan nutrisi yang masuk ke tubuh. Karena itu, salah satu cara meninggikan badan yang alami adalah dengan menjaga kecukupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi yang utamanya mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Antara lain protein hewani seperti daging, telur, ikan dan protein nabati yakni tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
Dibandingkan orang-orang Eropa atau Amerika, orang Asia atau khususnya Indonesia memiliki tinggi badan yang relatif lebih pendek. Berapa tinggi badan ideal di Indonesia? Untuk mengetahui tinggi badan yang ideal, perlu juga diketahui berapa berat badan yang dimiliki. Untuk pria berusia 16-80 tahun, tinggi badan yang ideal adalah 168 cm dengan berat badan 58-60 kilogram. Sedangkan, untuk wanita Indonesia, tinggi badan yang ideal adalah 157-159 cm dengan berat badan 52-55 kilogram.
Masa pertumbuhan tinggi badan manusia pada umumnya berlangsung hingga rentang usia 16-18 tahun. Setelah melewati rentang usia tersebut, normalnya tubuh kita akan berhenti bertambah tinggi. Meski begitu, bagi orang-orang dewasa, ada cara meninggikan badan yang bisa dilakukan seperti memperbaiki gaya hidup dan berolahraga.
Tidak hanya tumbuh, seiring bertambahnya usia, tinggi badan manusia juga dapat mengalami penyusutan. Pada umumnya, baik pria maupun wanita, tinggi badan pada manusia akan mengalami penyusutan di usia ke-40. Itu lantaran pada bagian tulang belakang mulai kehilangan air sehingga membuat menyusut secara perlahan. 
Hal tersebut bisa diperparah jika Anda menderita penyakit seperti osteoporosis yang bisa melemahkan tulang. Untuk mencegahnya, Anda bisa mulai menjalankan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan melakukan aktivitas penunjang yang bisa memicu atau menjadi cara meninggikan badan secara alami.
Fakta menarik lainnya dari tinggi badan manusia adalah faktor jenis kelamin. Rata-rata anak perempuan akan lebih cepat tumbuh tinggi ketimbang laki-laki. Pada perempuan, puncak pertumbuhan di masa pubertas biasanya terjadi pada rentang usia 11-12 tahun. 
Karena itu, seringkali di rentang usia tersebut, kita banyak melihat anak-anak perempuan memiliki postur tubuh yang tinggi ketimbang laki-laki. Sedangkan untuk anak laki-laki, biasanya mereka akan tumbuh cepat pada usia 13-14 tahun. 

 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.