6 Fakta Soal Kematian 2 Bobotoh Persib Bandung di Piala Presiden 2022 – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co

Kiat Berlatih Olahraga Lari Trail Running untuk Pemula – Gaya Tempo.co
Juni 20, 2022
Bertabur Sejarah di SEA Games 2021, Indonesia Buktikan Peningkatan Kualitas Olahraga – Kompas.com – KOMPAS.com
Juni 20, 2022
Show all

6 Fakta Soal Kematian 2 Bobotoh Persib Bandung di Piala Presiden 2022 – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co

Lupa Kata Sandi? Klik di Sini
atau Masuk melalui
Belum Memiliki Akun Daftar di Sini
atau Daftar melalui
Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo
Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang
Masukan alamat email Anda, untuk mereset password
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link reset password melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Apakah Anda yakin akan menghapus berita?
Jenis Kelamin
Status
TEMPO.CO, Jakarta – Dua orang suporter Persib Bandung atau bobotoh meninggal dalam pertandingan melawan Persebaya Surabaya pada lanjutan Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat malam, 17 Juni 2022.
Simak sejumlah fakta soal kasus ini:
Penyebab Kematian
Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, seperti termuat dalam rilis Save Our Soccer (SOS), kedua bobotoh itu meninggal saat hendak menyaksikan pertandingan. Keduanya terinjak-injak saat hendak memasuki Stadion GBLA.
Sementara itu, dalam laman PSSI, disebutkan bawah laporan sementara yang mereka terima dari panitia lokal menyebutkan, dua suporter ini meninggal karena ada yang terjatuh dan ada pula yang terinjak.
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Presiden 2022 agar lebih maksimal dan sigap dalam pelaksanaan pertandingan. “Mudah-mudahan kejadian yang sama tidak akan terulang lagi,” kata dia.
Kapasitas Lebihi Ketentuan
Berdasarkan data yang didapat dari match summary seusai laga, jumlah penonton di laga Persib vs Persebaya mencapai 37.872 orang. Artinya, 99,9% persen kursi penonton di Stadion GBLA terisi (kapasitas 38 ribu penonton), padahal peraturan di Piala Presiden 2022 kapasitas hanya boleh terisi 75 persen. Di awal turnamen panitia juga menegaskan mereka hanya mencetak 19.000 tiket untuk tiap pertandingan.
Identitas Korban
Dua bobotoh yang tewas adalah Sopiana Yusup dari Bogor dan Ahmad Solihin asal Cibaduyut. Hal itu terlihat dalam unggaha duka cita dari kelompok bobotoh, Viking, dalam akun instagramnya.
Bagi keluarga korban tetap kuat meski tidak ada resep khusus sesiap apapun menghadapi kehilangan, apalagi karena menonton sepakbola. Duka mendalam bagi korban dan keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan kawan, semoga Husnul Khotimah. Al Fatihah,” demikian pernyataan mereka yang menyertai foto kedua korban.


Korban Ke-77 dan 78
Menurut data SOS, Sopiana dan Solihin merupakan korban ke-77 dan 78 yang meregang nyawa sejak Liga Indonesia digelar pada 1994. Para korban meninggal karena berbagai sebab: bentrok dengan sesama suporter, bentrok dengan aparat, kecelakaan, juga karena insiden seperti dalam laga Persebaya vs Persib ini.
Hasil Pertandingan
Dalam pertandingan matchday kedua Piala Presiden 2022 itu, Persib Bandung mampu mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-1.
Gol Persib dicetak Victor Igbonefo, Nic Kuipers, dan Ciro Alves. Sedangkan gol Persebaya diceploskan Leo Lelis melalui eksekusi penalti.


Pernyataan Persib
Persib Bandung, melalui lawan resminya, menyatakan bela sungkawa mereka atas kematian bobotoh. “Kami tentunya berbelasungkawa dan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya dua orang Bobotoh tersebut,” demikian dikutip dari unggahan pada laman resmi Persib, Jumat.
“Kami terus berkoordinasi secara intens dengan pihak yang berwajib, agar permasalahan ini dapat terselesaikan dengan baik.”
Dalam laman instagramnya, Persib juga menampilkan sejumlah unggahan. Selain ucapan duka cita, dalam sejumlah unggahannya, Persib juga memperlihatkan kunjungan Manajer mereka, Umuh Muchtar ke rumah keluarga almarhum. Juga ada foto saat wakil mereka melakukan ziarah kubur.


ANTARA | SKOR.ID | PERSIB
Baca Juga: Apa Kata Menpora Soal Kasus 2 Bobotoh Tewas?

Selalu 
update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.
Dua suporter Persib Bandung atau bobotoh tewas saat datang ke stadion untuk menyaksikan laga Piala Presiden 2022.
Arema FC dan PSM Makassar yang sudah ke perempat final Piala Presiden 2022 akan menunggu juara dan runner up Grup B.
Arema FC menjadi juara Grup D Piala Presiden 2022 usai mengalahkan Persikabo 1973.
Arema FC memastikan diri melaju ke babak delapan besar Piala Presiden 2022.
Striker anyar Persib Bandung Ciro Alves mengalami cedera bahu saat Persib Bandung melawan Persebaya di Piala Presiden 2022.
Polda Jawa Barat belum bisa membuka hasil penyelidikan kasus tewasnya 2 suporter Persib Bandung di Stadion GBLA.
Setelah menahan imbang PSIS Semarang di laga pertama Piala Presiden 2022, Dewa United mengincar kemenangan saat melawan Persita Tangerang.
Pertandingan Grup D Piala Presiden 2022 PSM Makassar vs Persik Kediri berlangsung sengit sepanjang laga.
IPW desak polisi mengusut kematian 2 bobotoh Persib Bandung karena terinjak saat masuk Stadion GBLA.
Duel Persikabo 1973 vs Arema FC di Piala Presiden 2022 malam ini akan menjadi penentu tim yang lolos ke babak delapan besar dari Grup D.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.