7 Cara Latihan Loncat Indah dalam Olahraga Renang – Katadata.co.id

Anggota DPRD Kalteng Ini Dorong Koperasi Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digitalisasi – Borneonews
Juni 15, 2022
Berita Terkini – Website Pemerintah Kab Blora – blorakab.go.id
Juni 15, 2022
Show all

7 Cara Latihan Loncat Indah dalam Olahraga Renang – Katadata.co.id

Dalam olahraga renang, dikenal pula jenis olahraga lainnya, yakni loncat indah. Jenis olahraga yang kerap disebut diving ini mengkombinasikan gerakan loncatan dan akrobatik indah di udara.
Loncat indah diawali dengan gerakan memantulkan badan ke papan loncat yang selanjutnya atlet akan masuk ke dalam air. Ketika tubuh berada di udara, tubuh harus membuat gerakan akrobatik indah sebelum masuk ke air.
Olahraga yang dilombakan dalam pertandingan-pertandingan dan olimpiade-olimpiade ini mendasarkan penilaian pada keindahan, tingkat kesulitan, dan kesesuaian gerakan.
Mengutip buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan oleh Limart Darwin, cara latihan loncat indah dalam olahraga renang dapat dibagi menjadi tujuh, yakni:
Latihan terjun dilakukan dari tepi kolam tempat yang dangkal, kira-kira 1 ½ meter (m). Kedua telapak kaki agak direnggangkan sedikit. Badan ditundukkan, kedua lengan diluruskan ke muka bawah mengarah menuju jarak dua meter dari tepi kolam.
Selanjutnya, kepala tunduk di antara kedua lengan dan melihat ke bagian perut. Keseimbangan harus tetap dijaga sehingga titik berat badan sudah di muka.
Untuk melakukan latihan ini, badan, lengan dan kepala sama dengan sikap berjongkok. Bokong sudah harus diangkat, agar titik berat badan terletak di muka. Cara terjunnya sama dengan sikap berjongkok.
Sikap permulaan dengan berdiri pada kedua kaki, kedua telapak kaki agak berjarak, ibu jari kaki melewati tepi kolam. Lutut agak ditekuk supaya memiliki kekuatan untuk meluruskan kaki (bertolak). Sikap badan, lengan, dan kepala sama seperti terjun berlutut, begitupun cara melakukannya.
Sikap ini diawali dengan meletakan kaki seperti sikap terjun berdiri, kedua tangan diluruskan ke belakang, badan dan kepala agak diangkat. Terjun dilakukan dengan kedua lengan diayunkan dari belakang melalui bawah muka.
Selanjutnya, kepala ditundukan sehingga ada di antara kedua lengan, dan melihat ke arah lutut. Kedua kaki diluruskan. Semua gerakan ini dilakukan kira-kira pada waktu yang bersamaan. Semua macam terjun tersebut dapat juga dilakukan dari papan loncatan satu meter, dua meter, dan tiga meter.
Untuk melakukan gerakan loncat berbaring, sikap yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
Perenang melakukan loncat paku dengan cara sebagai berikut:
Loncatan paku bisa dilakukan dengan memulai dari tepi kolam yang agak dangkal dengan tolakan kedua kaki bersama-sama, kemudian di papan 1-3 m.
Loncat dengan menjatuhkan diri dilakukan dengan cara berikut:
Loncatan indah erat kaitannya dengan olahraga renang. Untuk itu, sebelum mulai latihan loncat indah, sebaiknya sempurnakan terlebih dahulu teknik berenang. Salah satu teknik renang yang umum dan mudah untuk dipelajari adalah renang gaya bebas. Berikut cara melakukan renang gaya bebas:
Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *