7 Gaya Hidup yang Bisa Bikin Anda Kaya Atau Miskin Selamanya – CNBC Indonesia

Jadwal PSM di Piala AFC 2022 – CNN Indonesia
Juni 21, 2022
Infrastruktur terpadu-berkelanjutan dibangun di kawasan Borobudur – ANTARA Jogja
Juni 21, 2022
Show all

7 Gaya Hidup yang Bisa Bikin Anda Kaya Atau Miskin Selamanya – CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap tindakan berulang yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik atau buruk, akan menjadi kebiasaan yang Anda lakukan dari waktu ke waktu. Kebiasaan tersebut lalu menjadi gaya hidup yang akan menentukan nasib Anda di masa depan. 
Sebagai contoh, jika Anda hobi berutang dengan sistem pembayaran paylater, dengan limit yang melebihi kemampuan, Anda cenderung akan mengalami masalah finansial di masa depan dibanding mereka yang menghindari penggunaan paylater. 
Berikut adalah 7 gaya hidup yang menentukan Anda akan kaya atau miskin di masa depan:

1. Mengabaikan kesehatan
Thomas Corley dalam buku “Change Your Habits, Change Your Life” menyebut bahwa kebanyakan orang sukses sangat menjaga kesehatan mereka. Sebab, ketika Anda tidak sehat, Anda menjadi cepat lelah, kurang produktif, lebih stres, dan lebih rentan sakit. Bagaimana Anda bisa fokus membangun kekayaan jika harus berjuang mengatasi masalah kesehatan setiap hari?
“Dalam hal kesehatan, gaya hidup yang buruk bisa menyebabkan masalah yang berbahaya,” tulis Corley.

2. Membuang waktu
Kebiasaan membuang waktu juga akan memengaruhi nasib Anda di masa depan. Uang bukan satu-satunya sumber daya penting bagi orang kaya. Bagi mereka, waktu sama pentingnya dengan uang. 
“Ketika kita menginvestasikan waktu kita dalam segala hal, waktu hilang selamanya,” tulis Corley.
Daripada menghabiskan berjam-jam menelusuri Instagram tanpa ada tujuan jelas, lebih baik melakukan kegiatan lain yang lebih produktif.
“Ketika Anda melihat waktu sebagai risiko terbesar, itu akan memaksa Anda untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana menginvestasikan waktu Anda,” kata Corley.

3. Kemampuan menahan diri saat berbelanja
Jika Anda tipikal orang yang berbelanja karena ingin berburu diskon, berubahlah. Akibat harga barangnya sedang diskon, Anda jadi tergiur untuk berbelanja di luar dari apa yang Anda butuhkan. Bukannya makin hemat, kebiasaan ini justru memicu membengkaknya pengeluaran.
Kapanpun ingin berbelanja, pastikan Anda sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Patuhilah daftar ini agar uang yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan.

4. Bergaul dengan orang yang tepat
Tidak ada salahnya berteman dengan siapa saja, namun pastikan bahwa Anda hanya menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang menginspirasi Anda menjadi lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup untuk orang-orang yang memiliki kesamaan karier, minat, dan hobi. 
“[Orang-orang sukses] juga membatasi pertemuan mereka dengan orang-orang yang toxic dan negatif,” kata Corley.

5. Sering membuat alasan
Alasan adalah salah satu penghalang terbesar untuk meraih kekayaan. Misalnya, Anda bisa saja mengatakan bahwa “hidup itu harus dinikmati.” Lalu Anda menjadikan prinsip itu sebagai alasan untuk bersenang-senang dan tidak mengalokasikan sebagian pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan. Jika Anda tidak menghasilkan cukup uang, cari sumber pendapatan lain.

6. Banyak gengsi
Perasaan gengsi biasanya dibarengi dengan mengikuti gaya hidup orang lain. Ikut-ikutan beli tas atau jam tangan dari merek high-end padahal kondisi keuangan pas-pasan. Jika tak mau kesulitan finansial di masa depan, jangan hidup banyak gengsi.

7. Rajin mencari tambahan pendapatan
Orang kaya pada umumnya tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan, melainkan dua, tiga, atau empat sekaligus. Semakin banyak sumber pemasukan, maka semakin bertambah pundi-pundi kekayaan Anda.
Anda bisa mencari tambahan pendapatan dengan mengerjakan proyek sampingan, mengajar les, atau bahkan berinvestasi. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *