Apa Sih Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Elkan Baggott Terancam Gagal Bela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 – Bola Okezone
Juni 9, 2022
Sandiaga apresiasi Banyuwangi pulihkan ekonomi lewat wisata olahraga – ANTARA Riau
Juni 9, 2022
Show all

Apa Sih Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Bahagia adalah milik mereka yang bangga menjadi dirinya sendiri.
Selanjutnya
Tutup
Saat ini teknologi informasi dan juga komunikasi berkembang sangatlah pesat di dalam masyarakat ataupun di bidang pendidikan. dapat di definisikan bahwa teknologi informasi ialah suatu teknologi yang bisa digunakan sebagai mengolah suatu data, yang didalamnya meliputi, memproses, bisa mendapatkan, menyususn suatu data,
 menyimpan data dan juga memanipulasi data dengan menggunakan berbagai macam cara ataupun langkah langkah yang digunakan untuk bisa menghasilkan suatu informasi yang juga berkualitas dan guna bernilai tinggi. 
Adapun peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pendidikan juga dapat mencakup berbagai aspek didalamnya, yang mana teknologi informasi dan juga komunikasi seolah olah juga menjadi pengganti dari buku, pendidik dan juga sebelumnya sistem pembelajaran yang bersifat masih konvensional. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat terutama di dalam dunia pendidikan ini maka kemungkinan besar tidak ada lagi menggunakan metode pembelajaran dengan berceramah dan juga akan lunturnya proses pembelajaran dengan menggunakan suatu media papan tulis. Adapun peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan sebagai berikut

1. Dimanfaatkan sebagai suatu infrstruktur dalam pembelajaran
Ternyata teknologi informasi dan juga komunikasi mempunyai peran yaitu sebagai infrastruktur pembelajaan yang mana pada bahan ajarnya juga tersedia dalam bentuk format digital diharapkan dengan begitu maka proses pembelajaran dapat dilaksanakan dimanapun itu. Peserta didik juga tidak diwajibkan untuk terus belajar pada suatu tempat dan juga waktu yang telah di sediakan. 
2. Dimanfaatkan sebagai pedoman sumber bahan ajar dalam pembelajaran

Saat ini juga sumber bahan ajar pendidik tidak hanya bisa di dapat dari pedoman bukan saja namun bisa juga dari teknologi informasi. 
3. Dimanfaatkan sebagai sebuah alat bantu dan juga sebagai fasilitas dalam pembelajaran
Kini kegiatan belajar mengajar tidak menggunakan papan tulis, tetapi sekarang sdah berganti dengan dukungan dari teknologi informasi dan komuniasi yang canggih ini. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi ini dapat menciptakan proses belajar mengajar pendidik dan peserta didik menjadi lebih inovatif dan juga menyenangkan. Disini juga pesrta didik dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dengan luas dan juga mandiri. 
4. Dimanfaatkan sebagai suatu pengembangan skill dan juga kompetensi 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.