Aplikasi Mobile Banking sebagai Bentuk dari Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Perbankan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Soal Jadwal Timnas Indonesia yang Padat 2022-2023, Ini Kata Marselino Ferdinan – Sport Tempo.co
Juni 19, 2022
8 Rekomendasi Tayangan Anak dan Keluarga Terbaru Netflix – Seleb Tempo.co – Seleb Tempo
Juni 19, 2022
Show all

Aplikasi Mobile Banking sebagai Bentuk dari Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Perbankan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Selamat datang!
Selanjutnya
Tutup
A. Abstrack
Mobile banking, also known as m-banking, is one of the transaction services offered by banks via the internet. This service can provide information about a person’s finances in the form of balance checks, fund transfers, bill payments, purchases and so on. The form of transactions can be done remotely without having to go to a bank or ATM so as to provide convenience for customers. When customers are satisfied with mobile banking services in the form of speed of service, accuracy and easy use, then one of the goals of making this m-banking application is achieved and will become an advantage. Besides that, if customers are not satisfied with this service, especially in terms of the security of their personal data, then this m-banking application will have a negative value and this will be one of the risks of using the m-banking application service. Therefore, the confidentiality of customer data is very important that must be considered and improved by the bank.
Keywords: Mobile banking, benefit, risk of using mobile banking

B. Abstrak

Mobile banking atau yang dikenal dengan m-banking adalah salah satu layanan transaksi yang ditawarkan oleh pihak bank dengan melalui internet. Layanan ini dapat memberikan informasi mengenai keuangan sesorang berupa cek saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian dan lain sebagainya. Bentuk transaksinya dapat dilakukan dengan jarak jauh tanpa harus pergi ke bank maupun ATM sehingga memberikan kemudahan bagi para nasabah. Saat nasabah merasa puas oleh layanan mobile banking yang berupa kecepatan pelayanan, keakuratan dan penggunaannya yang mudah, maka salah satu tujuan dari pembuatan aplikasi m-banking ini tercapai dan akan menjadi sebuah keunggulan. Sebaliknya, jika para nasabah tidak puas dengan pelayanan ini terutama dalam hal keamanan data pribadinya, maka aplikasi m-banking ini akan bernilai negatif dan hal ini akan menjadi salah satu risiko dari penggunaan layanan aplikasi m-banking. Oleh sebab itu, kerahasiaan data para nasabah adalah hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh pihak bank.
Kata kunci: Mobile banking, manfaat, risiko penggunaan mobile banking
C. Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri penggunaan teknologi informasi saat ini begitu pesat. Semakin berkembangnya zaman, teknologip telah berkembang sangat cepat salah satu contohnya yaitu adanya internet. Internet memberikan layanan telekomunikasi, sumber informasi, dan sebagainya untuk para penggunanya yang telah tersebar di seluruh dunia. Internet juga membuat penggunanya mengetahui berbagai macam hal mulai dari hal kecil hingga hal besar.
Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) saat ini media sosial merupakan sebuah kebutuhan baru dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya menggantikan kebutuhan primer. Berdasarkan laporan dari We Are Social jumlah pengguna internet di Indonesia per januari 2022 meningkat 1,03% atau sebesar 204,7 juta pengguna. Sedangkan pada tahun sebelumnya, pengguna internet di Indonesia yaitu sebesar 202,6 juta pengguna (Annur, 2022).
Kemajuan teknologi informasi saat ini berdampak pada berbagai sektor yang ada salah satunya yaitu dibidang perbankan. Perbankan merupakan salah satu bidang yang memiliki peran besar terhadap pertumbuhan perekonomian di dunia. Bidang perbankan juga tidak ingin kalah dengan bidang-bidang lainnya. Bidang perbankan juga turut serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk membantu mempercepat dan memperbaiki sistem operasional bank. Saat ini hampir seluruh bank yang ada di Indonesia ini telah menawarkan layanan perbankan melalui internet dengan tujuan untuk memberikan kemudahan para nasabah dalam melakukan transaksi.
Mobile banking atau m-banking merupakan aplikasi layanan perbankan berbasis teknologi informasi. M-banking merupakan layanan self service yang memberikan kebebasan kepada para nasabahnya (Wulandari & Moeliono, 2017). Nasabah dapat melakukan transaksi apa saja kapanpu dan dimanapun mereka berada tanpa perlu pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi. Aplikasi ini meberikan kemudahan bagi para nasabah yaitu mempercepat proses transaksi dan menghemat waktu. Bagi pihak bank, internet banking atau mobile banking merupakan solusi untuk menghemat pembangunan infrastruktur ATM (Agustina, 2017). Namun, dari beberapa keunggulan layanan mobile banking tersebut juga tidak dapat dipungkiri bahwa layanan ini juga memiliki kekurangan.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.