Bedah Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF U-19 – CNN Indonesia

Ardy B Wiranata: Manis Indonesia Open, Getir Perak Olimpiade – CNN Indonesia
Juni 22, 2022
Jadwal Lengkap Bali United di Piala AFC 2022 – CNN Indonesia
Juni 22, 2022
Show all

Bedah Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF U-19 – CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-19 akan berlaga di Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat mulai 2-15 Juli.
Tim asuhan Shin Tae Yong ini tergabung di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Ini merupakan grup berat, karena dihuni para unggulan.
Juara bertahan edisi sebelumnya adalah Australia. Pada 2019 Vietnam mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Adapun Timnas Indonesia U-19 menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan Myanmar dengan skor telak 5-0.
Tidak ada Australia atau Malaysia yang tampil di final tiga tahun lalu, namun persaingan diprediksi sengit karena tim Merah Putih akan beradu dengan Thailand, Vietnam, juga Myanmar.
Thailand menjadi tim paling diperhitungkan. Ini karena kompetisi usia muda di Thailand relatif berjalan dengan lancar. Kondisi ini membuat tim asuhan Salvador Valero Garcia itu paling siap.
Apalagi Garcia sudah menangani tim U-19 Thailand sejak 2017. Pelatih asal Spanyol ini rutin mencari pemain dari daerah ke daerah. Salah satu pemain Andalan Thailand adalah pemain jebolan akademi Leicester, Nathan James.
Dalam persiapan menuju Piala AFF U-19 2022, Garcia memanggil 28 pemain yang kelak akan dikerucutkan menjadi 23 orang. Skuad final tersebut akan diumumkan pada akhir Juni.
Selanjutnya Vietnam, juga serius menatap ajang ini. Prestasi yang diraih timnas Vietnam, termasuk di kategori U-23, membuat gairah sepak bola di negeri lumbung padi tersebut meningkat.
Dinh The Nam sebagai pelatih pun sangat antusias menatap ajang ini. Sebelum tampil di Piala AFF U-19 2022, The Young Golden Dragon beberapa kali melakukan pemusatan latihan, salah satunya di Korea Selatan.
Adapun skuad Myanmar yang menjadi lawan Indonesia pada perebutan peringkat ketiga pada 1999 masih dilanda konflik politik sehingga membuat nadi sepak bola negeri 1000 pagoda itu jalan di tempat.
Sementara Brunei dan Filipina kerap tak bisa bicara banyak di ajang sepak bola ASEAN, khususnya di level kelompok umur.

Adapun Timnas Indonesia U-19 rutin menggelar pemusatan latihan. Bahkan Ahmad Rusadi dan kawan-kawan baru saja tampil di Toulon Cup 2022, Prancis. Hal ini membuat Timnas U-19 jadi kontestan yang diperhitungkan.
Pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir, membuat ajang ini tak bisa berjalan. Begitu pula dengan Piala AFF U-16. Kondisi ini membuat pemain-pemain yang dibawa ke Indonesia tidak terlalu familiar.

[Gambas:Video CNN]

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *