Begini Caranya Mulai Gaya Hidup Berkelanjutan – Kompas.com – Lifestyle Kompas.com

Memanfaatkan Kekuatan Teknologi untuk Masa Depan Lebih Baik – Medcom.Id
Juni 9, 2022
Ini 6 Cabang Olahraga Andalan Indonesia di SEA Games 2021, Nomor 5 Raih Banyak Emas – iNews
Juni 9, 2022
Show all

Begini Caranya Mulai Gaya Hidup Berkelanjutan – Kompas.com – Lifestyle Kompas.com

Begini Caranya Mulai Gaya Hidup Berkelanjutan

KOMPAS.comGaya hidup berkelanjutan mulai menarik minat banyak orang seiring meningkatnya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan.
Meski begitu, beberapa dari mereka masih bingung bagaimana cara menerapkan gaya hidup tersebut di era yang semakin modern.
Gaya hidup berkelanjutan tidak harus dimulai dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau sampah makanan.
Karena dengan langkah sederhana seperti bijak menggunakan plastik dalam aktivitas sehari-hari, pola hidup yang ramah lingkungan sudah dapat dimulai.
“Mulailah aja dari diri sendiri. Ada banyak barang yang bisa menjadi pengganti plastik,” kata Co-founder Sungai Watch, Gary Bencheghib dalam konferensi pers IKEA di Bali, Jumat (13/5/2022).
Gary mengatakan, jika gaya hidup berkelanjutan diterapkan, hal ini turut membantu mengurangi jumlah sampah plastik sebelum mencemari lingkungan.
Berkaca dari pengalamannya memerangi sampah plastik, Gary banyak menemukan sampah plastik di sungai dan laut.
Fakta yang diungkap Gary itu juga tercermin dalam data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
Pasalnya, KLHK mencatat sebanyak 6,8 juta ton sampah plastik terombang-ambing di lautan setiap tahunnya.
“Indonesia juga penyumbang sampah plastik terbanyak kedua di dunia setelah China. Biasanya kalau musim hujan, sampah plastik banyak muncul di sungai, pantai, dan sawah,” sambung Gary.
Baca juga: Ikuti 5 Perubahan Gaya Hidup Ramah Lingkungan dan Bermanfaat bagi Bumi

Co-Founder Sungai Watch, Gary Bencheghib, Atlet Peselancar Internasional Indonesia, Dhea Natasya, dan Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally berfoto bersama sambil memperlihatkan beberapa produk dari koleksi KÅSEBERGA di Bali, Jumat (13/55/2022). (Ki-Ka) KÅSEBERGA bag, KÅSEBERGA backpack, dan KÅSEBERGA belt bag. Ketiga produk tersebut terbuat dari lebih banyak bahan terbarukan seperti poliester yang didaur ulang dari sampah plastik di laut. Secara keseluruhan, seluruh produk KÅSEBERGA dirancang untuk mendukung gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan hidup berkelanjutan.IKEA Indonesia Co-Founder Sungai Watch, Gary Bencheghib, Atlet Peselancar Internasional Indonesia, Dhea Natasya, dan Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally berfoto bersama sambil memperlihatkan beberapa produk dari koleksi KÅSEBERGA di Bali, Jumat (13/55/2022). (Ki-Ka) KÅSEBERGA bag, KÅSEBERGA backpack, dan KÅSEBERGA belt bag. Ketiga produk tersebut terbuat dari lebih banyak bahan terbarukan seperti poliester yang didaur ulang dari sampah plastik di laut. Secara keseluruhan, seluruh produk KÅSEBERGA dirancang untuk mendukung gaya hidup aktif masyarakat yang sadar akan hidup berkelanjutan.

Hal yang senada juga diungkap peselancar internasional Indonesia, Dhea Natasya dalam acara yang sama.
Ia mendukung gaya hidup berkelanjutan karena punya kenangan tidak mengenakkan tentang sampah plastik dalam rutinitasnya sebagai peselancar.
“Memang (sampah plastik) kalau hujan itu banyak banget. Saya sendiri waktu selancar juga melihat banyak sampah plastik di laut,” ujar Dhea.
“Waktu kita paddle itu biasanya kelihatan. Bahkan di atas saya pernah ada plastik dan di kedalaman laut pun sama.”
Keberadaan sampah plastik di lautan disebut Dhea sangat membahayakan dirinya, apalagi jika dibarengi dengan sampah kayu.
Oleh sebab itu, peselanjar berusia 21 tahun tersebut tidak jemu-jemu mengingatkan banyak orang untuk membuang sampah plastik dengan tepat.
Selain untuk mendukung kelestarian lingkungan, perilaku positif itu juga menjadi cara menerapkan gaya hidup berkelanjutan.
Melihat permasalahan yang dialami Gary dan Dhea, IKEA Indonesia turut membantu dimulainya gaya hidup berkelanjutan dengan menghadirkan KÅSEBERGA.
Koleksi itu merupakan produk kolaborasi IKEA Indonesia dengan World Surf League (WSL) untuk masyarakat yang bergaya hidup aktif dan peduli akan lingkungan berkelanjutan.
KÅSEBERGA hadir dengan desain fungsional, stylish, dan terbuat dari material yang didaur ulang dan terbarukan.
“Menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang tidak bisa dilakukan kalau tidak mengubah gaya hidup jadi lebih sustainable,” kata Country Marketing Manager, IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally, dalam kesempatan tersebut.
Koleksi KÅSEBERGA diluncurkan karena IKEA Indonesia ingin membiasakan gaya hidup berkelanjutan dari dan rumah.
Koleksi yang dihadirkan, di antaranya beach bag, bag, hingga backpack yang menggunakan lebih banyak bahan terbarukan seperti poliester yang didaur ulang dari sampah plastik di laut.
Koleksi KÅSEBERGA dapat mulai dibeli di seluruh toko IKEA Indonesia atau melalui website IKEA.co.id, dan IKEA Apps mulai 13 Mei 2022.
Baca juga: Kurangi Sampah Makanan, Yuk Terapkan Pola Makan Berkelanjutan

Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan.
Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.
Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Kunjungi kanal-kanal Sonora.id
Motivasi
Fengshui
Tips Bisnis
Kesehatan
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.