BERITA TERKINI Tentang AKBP Brotoseno, Putusan Sidang Etik Diinjau Ulang dan Tindak Lanjut Polri – Tribun Medan

5 Hal Terkini Anggota DPRD Tangsel Bogem Wasit TNI – detikNews
Juni 14, 2022
WIR Group dan 99VR Tawarkan Pengalaman Olahraga Lari Lewat Metaverse – Info Komputer
Juni 14, 2022
Show all

BERITA TERKINI Tentang AKBP Brotoseno, Putusan Sidang Etik Diinjau Ulang dan Tindak Lanjut Polri – Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memutuskan akan meninjau kembali hasil sidang etik eks narapidana koruptor, AKBP Brotoseno yang tidak dipecat atas kasusnya tersebut.
Terkait itu, Polri hingga kini masih menunggu revisi Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 dan Perkap Nomor 19 Tahun 2012 rampung.
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan nantinya, rancangan Perkap dijadikan rujukan untuk mempelajari kembali putusan sidang Kode Etik Profesi Polri yang digelar Oktober 2020.
Baca juga: Dinikahi Pengusaha, Hidup Artis Ini Kini Berubah Total, Padahal Dulu Bintang Sinetron Populer
“Fokus kita adalah melakukan revisi terhadap Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 dan Perkap Nomor 19 Tahun 2012. Sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Itu harus dibetulkan dulu,” kata Dedi di Mako Brimob Kelapa 2 Depok, Sabtu (11/6/2022).
Dedi menyebut jika Perkap itu sudah disahkan, pihaknya akan melakukan tindakan selanjutnya terkait nasib AKBP Brotoseno.
Baca juga: Jenazah Eril Tiba Minggu Sore, Jasad Putra Ridwan Kamil akan Dibawa ke Pemakaman Keluarga di Cimaung
Setelah itu, Dedi menerangkan, keberadan revisi Perkap dilakukan untuk menjadi payung hukum di dalam mengokreksi putusan sidang Kode Etik Profesi Polri.
Sebab, pada Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2011 dan Perkap Nomor 19 Tahun 2012 tidak mengatur adanya peninjauan kembali (PK).
“Iya harus ada payung hukumnya dulu. Dengan adanya Perkap tersebut nanti ada lembaga yang ditunjuk pak Kapolri. Seperti di pengadilan umum itu PK atau banding. Nanti mengkoreksi putusan kode etik yang dilaksanakan sebelumnya,” ucapnya.
Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya memutuskan bakal melakukan peninjauan kembali hasil putusan sidang eks napi korupsi AKBP Brotoseno.
Keputusan ini sekaligus mengevaluasi putusan sebelumnya yang tak memecat Brotoseno.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *