Cara Keren Gaya Hidup Berkelanjutan ala Angela Gilsha dan Iqbaal Ramadhan – Merah Putih

Apa Itu Ajang Balap Motocross MXGP Samota 2022 yang Akan Digelar di Sumbawa? Ini Penjelasannya – Berita KBB – Berita KBB
Juni 16, 2022
Dibekali Teknologi Mutakhir, AMD Luncurkan AMD Ryzen™ 6000 Series Processors – Kedaulatan Rakyat
Juni 16, 2022
Show all

Cara Keren Gaya Hidup Berkelanjutan ala Angela Gilsha dan Iqbaal Ramadhan – Merah Putih

BUMI yang kita tinggali ini tidak baik-baik saja. Perubahan iklam telah membawa dampak besar bagi planet yang menjadi rumah bagi kita ini.
Efek dari perubahan iklim seperti kenaikan suhu dan perubahan suhu yang ekstrem, musim kering dan hujan yang tidak konsisten, hingga bencana alam yang kian sering terjadi.

BACA JUGA:
Saatnya Suara dan Aksi Anak Muda untuk Lingkungan Didengar dan Dilihat

Suhu bumi yang kian memanas beberapa tahun ini merupakan salah satu efek perubahan iklan yang nyata kita rasakan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, dalam rentang 100 tahun, Jakarta sudah mengalami kenaikan suhu sebesar 1,5 derajat. Padahal, kenaikan suhu sebesar itu, menurut BMKG, harusnya baru terjadi di 2030. Kenaikan suhu udara tersebut tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, tapi merata di hampir semua provinsi di Indonesia.

“Di Indonesia, hal-hal tersebut sudah kita alami sehingga menurut saya perubahan iklim ini bukan lagi sebuah fenomena, melainkan sebuah krisis. Kalau kita sebagai kaum muda tidak mengambil langkah aktif, Bumi yang kita tempati ini tidak mempunyai kesempatan sebagai rumah kita semua dalam menggapai mimpi-mimpi dan cita-cita kita,” aktris Angela Gilsha Panari dalam acara peluncuran kampanye Be Heard Be Seen yang berfokus pada partisipasi anak muda dalam isu lingkungan hidup, Senin (30/5).
Sebagai anak muda, Angela menyadari betapa isu perubahan iklim telah memengaruhi banyak kehidupan di bumi ini. Seperti halnya Angela, dua dari tiga anak muda responden dalam The Body Shop Global Youth Survey bersama Indikator Politik Indonesia & Yayasan Indonesia Cerah menyadari perubahan iklim akan terus memburuk. Meski demikian, sebanyak 77 persen tidak tahu harus memulai perubahan dari mana.

“Kita sebagai anak muda bisa berperan dalam mencegah efek perubahan iklim ini menjadi lebih buruk dengan aksi-aksi yang sederhana,” ujar Angela yang dengan sadar telah menerapkan gaya hidup berkelanjutan untuk menjaga bumi lestari. Ia bercerita kebiasaan hidup selaras dan menjaga alam telah tertanam pada dirinya sejak tinggal dan bersekolah di Bali. Ketika itu, kata Angela, ia acap terlibat dalam aksi peduli lingkungan seperti kegiatan bersih-bersih pantai. “Sekarang, ketika sudah pendah ke Ibu Kota, aku melakukannya dengan cara-cara sederhana sehari-hari, seperti membawa tumbler ke mana pun pergi. Itu agar aku enggak mengonsumsi minuman dalam kemasan plastik yang nantinya menambah sampah. Aku juga bawa kotak makan biar kalau jajan enggak perlu pakai kemasan sekali pakai,” ujarnya.

BACA JUGA:
Anak Muda Bawa Perubahan, saatnya Didengarkan

Angela mengakui menerapkan gaya hidup berkelanjutan membutuhkan usaha. Meski mengakui hal itu tak mudah, Angela tetap berusaha. “Menjalankan gaya hidup berkelanjutan ini memang sedikit lebih repot, tapi ini demi kelestarian bumi kita. Saat ini, aku sudah mulai menerapkannya dalam keseharian, semisal aku pakai sampo yang kemasannya bisa diisi ualng, lebih banyak naik transportasi umum, serta satu lagi aku tak lagi pakai pembalut sekali pakai, tapi sudah beralih ke menstrual cup. Rasanya malah surprisingly lebih nyaman. Enggak bocor,” katanya.

Selangkah dengan Angela, Iqbaal Ramadhan juga berusaha untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Ia mengaku, meski dalam beberapa kesempatan ada keterbatasan dalam melakukannya, ia tetap konsisten menerapkannya dalam hal-hal kecil di keseharian. Menurutnya, untuk menjadi seorang agen perubahan, tak perlu dimulai dari hal-hal yang kompleks. “Aku selalu bawa kantong belanja sendiri. Ada dua tote bag yang aku punya. Satunya selalu ada dalam tasku, sedangkan lainnya dengan ukuran besar terbuat dari daur ulang kemasan karung tepung atau beras untuk belanja,” kata Iqbaal.
Aktor dan musisi yang tengah menuntut ilmu di Melbourne, Australia, ini juga mengaku lebih suka membeli baju-bajunya di thrift store atau toko barang bekas. Selain harganya yang lebih terjangkau untuk mahasisea sepertinya, membeli barang di thrift store, menurut Iqbaal, bisa mengurangi sampah dan pemborosan dari gaya hidup fast fashion. “Barang-barang yang didapat dari Thrift Store ini mendidik kita untuk menerapkan konsep re-use sehingga lebih ramah lingkungan,” katanya.
Baik Angela maupun Iqbaal setuju bahwa anak muda harus lebih banyak berperan dalam pelestarian bumi ini. “Bumi kita ini sedang tidak baik-baik saja. Jadi ayo berbuat sebisa kita untuk membuatnya lebih baik,” kata Angela.
“Sekecil apa pun langkahmu dalam mengurangi efek perubahan iklim, jangan ragu untuk menyuarakannya melalui media sosial, ataupun dalam percakapan sehari-hari dengan teman-teman. Suara kita dapat menginspirasi lebih banyak lagi kaum muda dalam mencegah efek perubahan iklim,” tutup Iqbaal.(dwi)

BACA JUGA:
Melantangkan Suara Generasi Muda lewat Kampanye Be Seen Be Heard

Gim seperti Coffee Talk dan What Comes After akan benar-benar meninggalkan kenangan yang sangat berarti.
Foto tenaga ambulans masih mengenakan hazmat lengkap tertidur di posko atau jalan mulai membanjiri media sosial.
Melihat kecepatan internet negara-negara ASEAN.
Jalan tol Cipularang memotong waktu perjalanan Jakarta-Bandung.
Selalu ada tempat untuk mi.
Empat hari festival berlangsung, tidak ada klaster yang muncul di Cannes.
Membawa hewan peliharaan menjadi salah satu caranya
Sandwich generation atau generasi sandwich adalah kelompok individu yang bertanggung jawab atas kehidupan orang tua dan anak-anak mereka
Emily hanya bijaksana dalam menjalani hidupnya agar kelak ia tidak menyesal di hari tua.
Deretan lagu di album Journey of a Soul wajib kamu dengar.
Sign up to get personalized updates on top stories and viral hits.
Sign up to get personalized updates on top stories and viral hits.
Diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 ton per bulan.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan minta masyarakat lebih bijak terhadap sampah.
Mobil listrik bertenaga surya.
Kini bisa mengibarkan bendera Brasil setiap kali menang atau podium di negara lain.
Paramount Hill Golf Blok GGT No 112 Paramount Serpong, Pagedangan, Kab. Tangerang, 15332 Banten, Indonesia.
Telepon: 021-22227290
email: [email protected]
Paramount Hill Golf Blok GGT No 112 Paramount Serpong, Pagedangan, Kab. Tangerang, 15332 Banten, Indonesia.
Telepon: 021-22227290
email: [email protected]

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *