Dampak Perkembangan Teknologi terhadap Agama Baik dan Buruknya – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Penyebab Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-23 Akan Kalahkan Timnas Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021 – Bola Okezone
Juni 10, 2022
Olahraga Adalah Aktivitas Gerak Tubuh, Ketahui Jenis dan Manfaatnya | merdeka.com – Merdeka.com
Juni 10, 2022
Show all

Dampak Perkembangan Teknologi terhadap Agama Baik dan Buruknya – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan edukasi
Selanjutnya
Tutup
Di masa yang serba menggunakan teknologi, bukan hal yang membuat heran jika manusia mulai ketergantungan terhadap teknologi yang diciptakan. Hal tersebut dilakukan juga karena memudahkan berbagai pekerjaan manusia agar lebih efisien. Seperti halnya perkembangan teknologi dalam pengembangan sistem produksi, transportasi maupun komunikasi. Di zaman sekarang sudah nyaris tidak ada bidang kehidupan yang tidak dipengaruhi oleh kemajuan-kemajuan ini. Secara kasat mata, perkembangan teknologi dengan segala produk yang dihasilkan memberi pengaruh terhadap gaya hidup. Perubahan gaya hidup itu secara mencolok tampak di kalangan kaum muda.
            Perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup yang ada di kalangan kaum muda berpengaruh terhadap cara pandang dan sikap kaum muda terhadap agama. Seiring dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mulanya bertujuan untuk meringankan beban pekerjaan dari manusia, namun sebaliknya bahwa teknologi malah membuat keresahan begitu juga rasa takut dalam kehidupan kita. Saat urusan itu semakin dirasa ringan maka akan muncul rasa ketersaingan atau kesepian yaitu lunturnya solidaritas, kebersamaan juga silaturahmi.
            Munculnya alat alat elektronik seperti telepon, televisi, komputer, dan sebagainya yang dapat mengakibatkan kita sebagai pengguna terpikat terhadap dengan kemampuan teknologi tersebut, sehingga dapat membuat kita lupa akan keaadan kita disekitar. Bayangkan saja hampir setiap hari yang kita perhatikan menekan tombol pada layar yang berdampak terhadap hubungan antara manusia jadi tidak harmonis karena kesibukannya terhadap gadget masing-masing.

            Dampak negatif dari teknologi tersebut pula dapat tidak kita sadari, jika manusia tidak dapat memanfaatkan kebutuhan kita dengan baik dalam menggunakan teknologi, Ilmu pengetahuan dan teknologi juga membutuhkan dimensi etis sebagai acuannya, yang terkadang pula dapat menyangkut keberlangsungan dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam kajian ini orang-orang yang biasa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi itu harus memperhatikan pula kodrat dan martabat manusia, mempertahankan keharmonisan, ekosistem, bertanggung jawab atas kepentingan umum, dan generasi berikutnya. yang mana ilmu pengetahuan dan teknologi itu juga bersifat umum untuk memperkokoh dan mengembangkan eksistensi manusia bukan malah menghancurkan eksistensi manusia.

           
            Dalam agama Islam pula kita diajarkan untuk juga mempelajari dunia dan juga akhirat dimana ini menyangkut pula mengenai kepercayaan dan keimanan muslimin yang mengacu pada keyakinan bahwa islam, sains dan teknologi tidak dapat diperceraikan dan dipisahkan. Sains dan teknologi yang dihasilkan oleh para ilmuwan, intelektual, cendekiawan, saintis, dan ahli teknologi muslim juga tidak lain merupakan pengamalan dari ajaran ajaran agama islam.
            Islam pula tidak terlalu mempermasalahkan dan tidak menyalahkan dengan teknologi jenis apapun. Ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai tanggung jawab atas hal-hal yang akan diakibatkan dari perkembangannya di masa lampau, kini, dan yang akan datang yang berdasarkan keputusan bebas manusia dalam menggunakannya Para ilmuwan pula dalam menciptakan suatu teknologi  mengganggap ciptaan mereka sebagai sesuatu yang netral. Teknologi bergantung terhadap siapa pula yang menggunakannya, dapat berdampak baik yang mana bisa membantu kehidupan banyak manusia, juga dapat berdampak buruk dimana dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, perkembangan dari teknologi sendiri mempermudah kehidupan manusia dalam segala aspek, tidak terkecuali dalam bidang agama.

            Dalam dampak positif dari perkembangan sains dan teknologi dalam kehidupan pula banyak sekali contohnya, sains dan teknologi dapat menjadi sumber pengetahuan yang selalu berkembang di masa nya, dapat pula menjadi pusat segala pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi yang berlandaskan komunikasi seperti handphone, dapat memberikan suatu informasi yang tepat, cepat, dan akurat kita dapat mencari informasi pada suatu mesin pencarian yang bernama google. Bidang komunikasi juga tidak mengenal suatu batas antara jarak dan waktu. Bidang transportasi juga mulai memiliki berbagai pilihan variasi pada manusia seperti variasi kecepatan waktu dan harga suatu transportasi contohnya adalah pilihan variasi mobil,motor,dan berbagai kendaraan lainnya.
            Dalam dampak negatif dari perkembangan suatu sains dan teknologi dalam kehidupan, seperti cepatnya pertukaran informasi yang cepat dan tidak dapat terbendung, maka mulai marak terjadinya kemerosotan moral. Dengan berkembangnya teknologi pula semakin banyak manusia yang tidak menyadari bahwa mereka terlalu dimanjakan dengan teknologi, membuat manusia semakin malas dan juga bodoh, hal itu terjadi karena semakin ringkasnya kegiatan manusia yang dibantu dengan teknologi, dan banyak juga yang melalaikan kewajibannya dalam ibadah
            Perkembangan teknologi juga dibutuhkan untuk manusia mulai dari awal peradaban sampai akhir dari kehidupan manusia. Sains dan teknologi akan terus berkembang seiring lamanya peradaban manusia di dunia. Perkembangan ini juga dapat memberikan banyak dampak terhadap manusia baik dampak positif maupun dampak negatif         

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.