Dua Gubes Polinema Dikukuhkan, Pidato Angkat Tema Mesin Uji Lelah dan Teknologi Informasi – Suryamalang.com

Garuda Indonesia Ajukan Penundaan Voting PKPU Selama 2 Hari, Ini Alasannya – Kompas.com – Kompas.com
Juni 15, 2022
Mengecilkan Perut, Betis, dan Paha Tanpa Olahraga, dr. Zaidul Akbar: Cukup Lakukan 2 Gerakan Sholat Ini – Portal Sulut – Portal Sulut
Juni 15, 2022
Show all

Dua Gubes Polinema Dikukuhkan, Pidato Angkat Tema Mesin Uji Lelah dan Teknologi Informasi – Suryamalang.com

SURYAMALANG.COM|MALANG- Pidato pengukuhan dua guru besar Politeknik Negeri Malang (Polinema) sangat menarik. Prof Ir Syamsul Hadi MT PhD menyampaikan tentang “Kelelahan Bahan dan Pengujiannya Serta Dampak Bagi Kehidupan Manusia”. 
Sedang Prof Dr R Moechammad Sarosa Dipl Ing MT mengangkat tema “Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Kehidupan Lebih Baik”. Menurut Syamsul Hadi, kekuatan bahan ada batasnya. Karena itu perlu diketahui cara mengujinya agar terhindar dari celaka. 
“Contohnya kawat dari logam baja dapat diuji sederhana dengan ditekuk beberapa kali. Kemungkinan terjadi bisa putus. Itu menunjukkan kelelahan kekuatannya,” kata dosen Teknik Mesin ini. Untuk itu, ia sudah membuat mesin uji lelah batang putar.
Dalam wawancara sebelumnya dengam suryamalang.com, ia mengatakan pembuatan mesin diawali pengajuan dana penelitian ke Dikti pada 2017. Pada 2018, mesinnya disempurnakan dan 2019 daftar paten dan 2020 turun patennya. Pada  2021 dinyatakan laik industri.
“Mesin uji lelah ini untuk memprediksi lelah suatu bahan teknik yaitu logam, plastik, keramik dan komposit atau kombinasi dari tiga itu. Di industri, bahan teknik ini sangat diperlukan,” tambahnya. 
Dengan mesin ini, dapat diketahui kapan bahan diganti  dan bisa diprediksikan karena keselamatan adalah yang utama. 
Contohnya kampas rem bus jurusan Surabaya-Malang dengan kondisi jalannya. Jika diprediksi masanya emlat bulan, maka sebelum itu harus diganti. Begitu juga moda transportasi lainnya agar tidak menimbulkan kerugian materi, kematian dll. Ini sebagaimana petani bekerja keras di sawah. 
Untuk mengatasi rasa lelahnya, maka ia harus istirahat. Merek dagang mesin ini diberi nama Fatemach. Sedang Prof M Sarosa mengangkat kemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk kehidupan saat ini cukup berkembang pesat. Yaitu sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan. 
Termasuk penggunaan aplikasi di Hp buat pembelajaran. Sedang di bidang ekonomi memberi dampak dengan aplikasi e-commerse berbasis web. Dengan ini, maka bisa memperpendek distribusi bagi pedagang. Misalkan cukup ngecat penjual dari rumah, maka barang bisa dikirim ke pembeli. 
Aplikasi ini bisa meringankan ibu rumah tangga. Fitur yang dilengkapi GPS juga bisa dipantau karena realtime. Selain perdagangan, koperasi sebenarnya juga bisa disentuh TIK. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *