Evolusi Teknologi Televisi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

BREAKING NEWS – 22 Pemain Timnas Indonesia U-19 ke Toulon, Ada Duet Ronaldo Kwateh & Top Scorer Garuda Select – Bolanas
Juni 16, 2022
Sukses di Timnas Vietnam, Park Hang-seo Belum Tentu Bersinar di Timnas Indonesia, Ini Contohnya! – Bola Okezone
Juni 16, 2022
Show all

Evolusi Teknologi Televisi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

PLAYER FOOTBALL
Selanjutnya
Tutup
PENGENALAN TELEVISI
Televisi atau yang sering disebut TV merupakan salah satu media massa yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat. Televisi merupakan barang elektronik yang dapat menghasilkan gambar serta suara. Teknologi televisi mengalami evolusi sejak bertahun-tahun lalu, dimulai dari teknologi sederhana dan kemudian menjadi lebih canggih seiring berjalan nya waktu dan berkembang nya zaman. Perkembangan ini disesuaikan dengan kebutuhan manusia, mengingat tujuan awal kehadiran teknologi adalah untuk menghadirkan kemudahan bagi manusia dalam melakukan aktivitas meraka. Set top box merupakan salah satu alat yang digunakan transformasi analog menuju digital, alat yang berisikan perangkat decoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian dipilih sesuai kebutuhan, dan juga decoder akan memeriksa hal akses pengguna atas saluran tersebut kemudian akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, dan layanan lainnya. Jadi khususnya masyarakat tidak perlu membeli TV digital, cukup membeli set top box kini TV analog bisa Kembali digunakan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TV DIGITAL

Kelebihan dari TV Digital juga bisa dirasakan oleh masyarakat, mulai dari suara dan gambarnya yang cukup jernih, lebih hemat biaya, serta sinyal yang minim gangguan. Meski sinyal yang minim oleh gangguan, hal itu dapat dikoreksi dengat cepat. 

Data yang diubah dalam bentuk pulse akan mempermudah transmisi, karena lebih ringan mengirim kan sinyal tersebut dan kemampuan penyiaran multichannel dan multiprogram dengan pemakaian kanal frekuensi yang lebih efisien. Dari banyaknya kelebihan dari TV digital ternyata juga ada kekurangan-kekurangan yang dialaminya yaitu, Untuk perpindahan dari channel satu ke channel lainnya membutuhkan waktu yang sedikit lama, sekitar 3 sampai 4 detik. Jika tidak mendapatkan sinyal, maka yang akan ditampilkan pada tv hanya gambar pemandangan. Tidak semua stasiun televisi menyediakan siaran digital, hal tersebut menjadikan jangkauan siaran digital pada setiap daerah akan mengalami perbedaan jumlah channel yang bisa di tonton. Dan bagi Sebagian masyarakat kemungkinan akan lebih merasakan boros nya listrik serta bagi Sebagian orang awam kemungkinan akan kesulitan untuk instalasi STB.
CARA KERJA SEBUAH CHIP ANALOG KE DIGITAL
Kini dengan perkembangan zaman, beberapa perangkat elektronik yang dibuat dengan versi analog dan seiring berjalan nya waktu di era modern ini kita bisa mendapati bebagai macam perangkat elektronik dengan system digital yang lebih canggih.  Analog to Digital Converter (ADC) adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengubah sinyal tegangan kontinu (analog), menjadi digital (biner). 

Pada umumnya informasi-informasi yang berasal dari berbagai sensor yang ada disekitar kita akan di konversikan terlebih dahulu menjadi sinyal analog, Untuk memudahkan kita berinteraksi dengan dunia nyata. Sinyal analog harus diubah menjadi nilai biner yang di mengerti oleh perangkat digital. 
Untuk kebutuhan tersebut, kita harus membutuhkan alat yang Bernama Analog to Digital Converter (ADC) dimana ADC biasanya dikemas dalam bentuk IC dan untuk menginteregrasikan nya alat tersebut membutuhkan MIKROKONTROLER sebagai sebuah komponen pendukung. Fungsi dari Analog to Digital Conveerter(ADC) adalah untuk mengubah sinyal masuk analog menjadi kode biner yang di mengerti oleh perangkat digital, fungsi ADC juga sebagai jembatan. Jadi, alat tersebut digunakan sebagai perantara bagi sensor yang berbentuk suhu, Gerakan, cahaya, tekanan dan sebagainya agar dapat di jabarkan dalam kode biner yang di mengerti oleh komputer.
PELUANG TV DIGITAL YANG DIRASAKAN OLEH MASYARAKAT
Selain itu cara kerja sensor analog adalah mengenal jenis sinyal yang berupa Gerakan, cahaya, suhu, suara dan lain sebagainya. Sedangkan sinyal digital merupakan urutan nilai diskrit yang dilambangkan dengan logika 0 dan 1. Untuk dapat mengkonversikan sinyal analog menjadi digital, terlebih dahulu sinyal analog akan di ambil sampelnya kemudian diukur lalu baru akan di ubah menjadi nilai biner. Kehadiran TV digital dapat diprediksi sebagai peluang untuk para konten creator karena dapat menyalurkan konten-konten yang sudah lolos uji, serta dapat mengembangkan bakat para production house (PH) yang mampu menyalurkan karya-karya anak bangsa yang lebih maju. Menjadi media baru bagi seluruh masyarakat atas berkembangnya televisi. Banyak akses channel yang akan membuka atau membutuhkan orang untuk mereka pekerjakan sebagai bagian dari crew televisi.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *