"FGB ITB” Future Science and Technology Talk #1: Sains dan Teknologi Kuantum untuk Masa Depan – Institut Teknologi Bandung

Motif Pembunuhan Wanita di Tangsel Terungkap Usai Pengamen Ditangkap – detikNews
Juni 30, 2022
Berkah Perkembangan Teknologi, Dompet Digital Permudah Transaksi – Warta Ekonomi
Juni 30, 2022
Show all

"FGB ITB” Future Science and Technology Talk #1: Sains dan Teknologi Kuantum untuk Masa Depan – Institut Teknologi Bandung

Oleh Adi Permana
Editor

BANDUNG, itb.ac.id—Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB ITB) menggelar webinar pada Jum’at (24/6/2022). Webinar series “FGB ITB Future Science and Technology Talk” yang diselenggarakan secara daring ini mengangkat tema “Sains dan Teknologi Kuantum untuk masa depan”.
Acara webinar ini menghadirkan sejumlah figur penting sebagai pemateri, yakni Prof. Hermawan K. Dipojono dari dari Kelompok Keahlian Material Fungsional Maju, Fakultas Teknologi Industri ITB; Prof. Freddy Permana Zen dari Kelompok Keahlian Fisika Teoritik Energi Tinggi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB; dan Prof. Andriyan B. Suksmono dari Kelompok Keahlian Teknik Telekomunikasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.
Tuan rumah acara ini adalah Prof. Delik Hudalah selaku Sekretaris Komisi II Keilmuan Masa depan FGB ITB. Acara disambut oleh ketua FGB ITB, Prof. Edy Tri Baskoro. Dalam sambutannya, Prof. Edy mengingatkan 3 tugas besar FGB ITB, yaitu: 1. Mengembangkangkan pemikiran akademik bagi penyelesaian permasalahan bangsa; 2. Mengembangkan konsep dan pemikiran tentang keilmuan masa depan; 3. Menjaga dan mengembangkan tradisi nilai-nilai luhur Institut Teknologi Bandung. “Acara webinar kali ini merupakan salah satu program kerja yang disusun oleh oleh Komisi II khususnya terkait tugas besar yang kedua” ungkap Prof. Edy.
Selanjutnya, Prof. Bambang Riyanto Trilaksono selaku Ketua Komisi II sekaligus moderator memberikan pengantar dan memimpin jalannya penyampaian 3 pemateri dan diskusi webinar.
Pemateri pertama, yaitu Prof. Andriyan, menyampikan materi dengan judul ”Revolusi Kuantum Kedua”. Beliau menyampaikan perkembangan teknologi informasi berbasis kuantum, khususnya isu, tantangan, dan peluang pergeseran dari Revolusi Kuantum Pertama menuju Teknologi Informasi Kuantum Kedua yang mengedepankan Komputasi, Supremasi, dan Kriptografi.
Selaku pemateri kedua, Prof. Freddy menyampaikan materi dengan judul ”Dunia Kuantum dan Aplikasinya Dalam Pengembangan Sains dan Teknologi”. Pembahasan materi kedua ini menekankan perkembangan terkemuka dalam ranah Sains Kuantum, mulai dari Pengenalan Fisika Kuantum hingga Aplikasi Kuantum, baik yang klasik seperti Quantum Transport (model fotosintesis pada tanaman), maupun yang lebih mutkahir seperti Unifikasi Kuantum dan Gravitasi, Entropi Entanglement dan Termodinamika Lubang Hitam, serta Entanglement pada Awal Alam Semesta (Era Inflasi).
Materi terakhir webinar FGB ITB disampaikan oleh Prof. Hermawan dengan judul ”Sebuah Jalan ke Komputasi Kuantum: Kasus Perancangan Material Fungsional Lanjut”. Prof. Hermawan memaparkan sejarah penelitian CMD-QE Lab ITB hingga tertarik pada penggunaan Komputasi Kuantum dalam perancangan Material Lanjut. Meski masih dianggap fenomena tidak biasa dan memerlukan waktu untuk aplikasi sehari-hari, Komputasi Kuantum memiliki keunggulan karena dapat meningkatkan kinerja hasil pengukuran secara eksponensial.
Pada sesi diskusi, Prof. Andriyan menyampaikan bahwa penggunaan komputer kuantum bisa menjadi solusi untuk permasalahan Matriks Hadamard. Selain itu, ”Shor’s Algoritm mampu menemukan faktor dari suatu bilangan secara linier, maka Cryptogrphy yang ada (RSA + Kurva Eliptik) bisa memecahkan password dan keamanaan” lanjut Prof. Andriyan menanggapi penanya.
Pada sesi pertanyaan berikutnya, Prof. Hasanuddin Z Abidin dari Kelompok Keahlian Geodesi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB mempertanyaan makna ”kuantum” untuk memberikan refleksi bagi orang awam karena terlalu banyak penggunaan istilah tersebut seperti ”Quantum Learning, Quantum Shodaqoh, dan Quantum Amal”. Kuantum merupakan ketidakpastian jawab Prof. Freddy, dan unusual phenomena tutur Prof. Hermawan.
Webinar ini dapat dilihat ulang pada saluran youtube Forum Guru Besar ITB: https://youtu.be/XCwDJrPl8D8
Reporter: Edi Setiawan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *