FMIPA Unimed Latih Dosen Menggunakan Teknologi Metaverse – HARIAN MISTAR

Perbandingan Sponsor Formula E Jakarta dengan MotoGP Mandalika – Bisnis Tempo.co
Juni 14, 2022
Gaya Hidup Berkelanjutan – Radar Solo
Juni 14, 2022
Show all

FMIPA Unimed Latih Dosen Menggunakan Teknologi Metaverse – HARIAN MISTAR

Medan, MISTAR.ID
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas dosen dalam memanfaatkan teknologi Metaverse sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran.
Pelatihan itu diberikan kepada 10 dosen yang merupakan perwakilan dari 10 program studi (prodi) yang ada di FMIPA Unimed dan 2 mahasiswa PKM yang lolos didanai.
Pelatihan dikoordinir oleh dosen Ilmu Komputer (Ilkom) Dr Eng Mansur AS SKom MT dengan melibatkan 5 mahasiswa yaitu Dewan Dinata Tarigan (Ilkom), Muhammad Rheza Palevi (Ilkom), Fitri Aulia (Dik Matematika Bilingual), Karimuddin Hakim Hasibuan (Ilkom) dan Bright Nine Ginting (Ilkom).
Baca juga:Dosen Unimed Bantu Pemasaran Online Produk Bunga Telang
Dekan FMIPA Unimed Prof Fauziyah Harahap mengatakan, saat ini teknologi Metaverse sedang menjadi perbincangan di dunia. Dimana, sudah banyak industri maupun pendidikan yang memanfaatkan teknologi Metaverse ini.
“Dengan teknologi Metaverse kita dapat berinteraksi di dalam dunia virtual tanpa dibatasi. Di FMIPA Unimed sendiri sudah ada dosen kita yang mulai memanfaatkan teknologi tersebut sebagai media pembelajaran yakni Dr Eng Mansur,” ujarnya, Senin (13/6/22).
Fauziyah mengatakan, pimpinan FMIPA berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya 10 dosen perwakilan prodi, dapat mengajarkan teknologi Metaverse kepada seluruh dosen di FMIPA Unimed dan juga di lingkungan Unimed.
“Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa ketika lulus nanti,” katanya.
Wakil Dekan I FMIPA Unimed Dr Jamalum Purba menambahkan, bahwa setiap Kaprodi memilih 1 dosen sebagai perwakilan prodinya, sehingga terkumpul 10 dosen sebagai peserta pelatihan dan 2 mahasiswa PKM.
“Kita berharap seluruh peserta dapat mengikuti tahapan pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu melakukan desiminasi atas ilmu yang diperoleh,” sebutnya.
Dalam pelatihan teknologi Metaverse itu, para peserta mempelajari cara mengunduh, menginstal dan menggunakan aplikasi Firestrom Open Simulator yang merupakan platform Metaverse.
Baca juga:735 Mahasiswa Unimed akan KKN di Pakpak Bharat
Selanjutnya peserta mempelajari cara mengunduh, menginstal, mengenal fungsi tools dan membuat objek 3D (model 3D) menggunakan aplikasi Blender. Dimana, Aplikasi Blender digunakan dalam pembuatan objek yang akan dimasukan pada metaverse.
Kemudian para peserta mempelajari cara memasukkan model 3D yang telah dibuat sebelumnya ke dalam metaverse. Selanjutnya peserta mempelajari hal apa saja yang bisa dilakukan pada model tersebut.
Adapun langkah terpenting yang harus dilakukan pada model adalah menginjeksi kode program LSL (Linden Scripting Languange) agar model dapat bergerak dan sejenisnya. (ial/hm06)
 

MISTAR.ID is your news, entertainment, music fashion website. We provide you with the latest breaking news and videos straight from the entertainment industry. Fashion fades, only style remains the same. Fashion never stops. There are always projects, opportunities. Clothes mean nothing until someone lives in them.
Contact us: [email protected]
© Copyright -MISTAR.ID

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *