Gaya Hidup Hedonisme, Dampak dan Cara Mengatasinya – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Pelajari Bahasa Menjadi Jembatan Pelajari Teknologi – SINDOnews
Juli 3, 2022
Penggunaan Teknologi Bersih Berkontribusi pada Pencapaian Target NDC – tvOneNews.com
Juli 3, 2022
Show all

Gaya Hidup Hedonisme, Dampak dan Cara Mengatasinya – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak
Selanjutnya
Tutup
Salah satu gaya hidup yang selalu dikecam dewasa ini seiring perkembangan zaman adalah gaya hidup hedonisme. Gaya hidup ini dikecam karena terlalu melebih-lebihkan kesenangan dan kepuasan diri atau hidup berfoya-foya. Karena itu pada kesempatan istimewa saya akan mengulas sedikit tentang gaya hidup ini seperti berikut.

Pengertian dan Contoh

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hedonis artinya pengikut hedonisme. Kata atau istilah hedonisme itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu “Hedone” yang berarti kesenangan.

Lagi-lagi menurut KBBI hal. 583, hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Hedonistik berarti sesuatu yang bersifat atau ditandai dengan hedonisme.
Dengan demikian, hedonisme adalah sebuah gaya hidup manusia pada suatu zaman tertentu yang selalu mengandalkan atau mengagung-agungkan kenikmatan duniawi atau kesenangan material. Karenanya gaya hidup hedonisme selalu dianggap sebagai gaya hidup yang kurang baik.
Orang yang memiliki atau didominasi oleh gaya hidup hedonisme ini akan selalu mengutamakan kesenangan jasmani dan kepuasan tanpa batas. Untuk itu manusia jenis ini akan berusaha untuk tampil mewah dan fulgar. Karena itu menyebabkan gaya hidup hedonisme akan selalu berdampak negatif, meskipun mesti diakui juga bahwa ada juga sisi positifnya biar pun lebih didominasi sisi negatifnya.

Manusia yang bergaya hidup hedonisme akan selalu berusaha untuk menghindari hal-hal yang menyakitkan atau menyusahkan. Bagi dia tidak kenal susah, meskipun dalam kenyataan sebenarnya terlihat sedang susah. Artinya sering berusaha menutup-nutupi kesusahannya.
Selain itu harus diakui bahwa perkembangan atau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pengaruh tersendiri yang seolah-olah juga mendukung gaya hidup hedonisme ini. semakin menjamur berdirinya mall-mall dan super market. Di pelosok-pelosok tanah air ditandai dengan masuknya mart-mart seperti Alfamart, Indomaret; Jabalmart dan lain-lain. Sebuah contoh hedonisme ini terlihat dalam kehidupan sehari-hari yang ditunjukkan melalui perilaku berbelanja mewah dan secara boros dengan membeli apa saja yang diinginkan, meskipun barang itu tidak terlalu dibutuhkan. 
Dampak Hedonisme
Berbicara tentang dampak dari hedonisme berarti kita berbicara soal pengaruh baik positif maupun negatif bagi kehidupan manusia. Karena hedonisme itu pada hakekatnya adalah suatu gaya hidup yang memandang kenikmatan di atas segala-galanya, maka mari kita bicara soal dampak positif dan negatifnya.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.