Gaya Hidup: How to Take Care of Yourself – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Potret Modifikasi Honda Vario yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, Mirip dengan Teknologi Tony Stark – Suara.com
Juli 5, 2022
Ngeri! 65 Ribu Pegawai Perusahaan Teknologi Di-PHK Tahun Ini – CNBC Indonesia
Juli 5, 2022
Show all

Gaya Hidup: How to Take Care of Yourself – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Saya Yolanda Meydia Akbari, seorang gadis remaja yang tumbuh sebagai perempuan dewasa yang lahir pada tanggal 24 Mei 2002. Lahir sebagai anak pertama dari dua bersaudara, membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang mau tidak mau dewasa sebelum waktunya. Sebagai anak perempuan pertama, Saya ditekan menjadi panutan untuk adik Saya. Seperti saat Saya diterima di jurusan Psikologi Islam di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini, hal itu menjadikan patokan untuk adik Saya agar bisa juga mengikuti jejak Saya. Karena banyaknya tekanan menuju pendewasaan itulah Saya berusaha semaksimal mungkin untuk membahagiakan diri Saya. Sebagai perempuan yang sejak kecil sudah ditekankan menjadi dewasa sebelum waktunya, saya terbiasa dengan hal pahit sehingga tidak lagi menjadi perempuan yang manja dan terbiasa mandiri hampir dalam segala hal.
Selanjutnya
Tutup
ME TIME
Pernah gak sih kalian merasakan suntuk yang luar biasa karena aktifitas yang banyak? Nah, ternyata aktifitas yang cukup padat dapat menekan emosi, pikiran, bahkan mood juga lho. Bahkan yang paling berbahaya adalah keinginan mengakhiri hidup karena kelelahan bekerja atau beraktifitas.
Menurut hasil survei yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), ditemukan bahwa 49% perempuan yang bekerja memiliki tingkat stres yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan lelaki yang presentasenya hanya 39%.

Lalu bagaimana sih cara mengatasinya? Menurut pengalaman Saya dan pengalaman beberapa orang lainnya, saat merasakan lelah yang berlebihan pada kesibukan sehari-hari biasanya kami masing-masing menyempatkan satu hari dalam seminggu untuk me time atau memberikan self-reward. Mari mengenal kedua hal tersebut!

Me Time adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara sendirian untuk menghabiskan waktu singkatnya untuk melepas penat, bahkan untuk mengembalikan lagi mood agar kembali baik lagi. Me time bisa dilakukan dengan hal-hal yang menyenangkan diri sendiri.
Misalnya dengan menonton film kesukaan, makan makanan yang enak, berolahraga atau melakukan perawatan, bahkan pergi liburan masih banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan sendiri untuk menghilangkan penat. Atau bisa melakukan hal lainnya untuk melakukan aktifitas me time.
Pada tanggal 6 Juni 2020, Saya melakukan voting melalui akun Instagram Saya mengenai istilah me time yang di ikuti oleh 40 partisipan. Berikut hasilnya:

1. Seberapa sering melakukan me time:
• 2-3 kali dalam sebulan: 38%
• Jarang atau tidak sempat: 38%
• Belum pernah melakukan me time: 24%

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.