Indonesia Banyak Gelar Event Olahraga Internasional di Era Menpora Amali – Go Riau

Bawa Teknologi Masa Depan, Hyundai Motorstudio Banjir 5 Ribu Pengunjung – Mobilinanews
Juni 15, 2022
Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Tiba di Kuwait – Bola Okezone
Juni 15, 2022
Show all

Indonesia Banyak Gelar Event Olahraga Internasional di Era Menpora Amali – Go Riau

JAKARTA – Olahraga Indonesia menggeliat di bawah kepemimpinan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. Sejumlah event level dunia dan internasional bakal digelar di Indonesia.
Setelah ajang MotoGP di Mandalika beberapa waktu lalu, kini ajang sport tourism level dunia juga digarap Indonesia melalui World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi.
Selanjutnya Indonesia juga akan menggelar kejuaraan internasional dan dunia lainnya pada tahun 2022 ini, seperti Piala Asia FIBA, Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, Kejuaraan Dunia Junior Wushu, ASEAN Para Games, hingga Formula E serta BWF Super Series dan Indonesia International Challenge.
Terkait World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022 di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi itu sendiri, Menpora Amali mengaku jika pihaknya pada saat ini tengah menitikberatkan pada sport tourism dan sport industry sebagai implementasi pengembangan serta peningkatan industri tanah air yang sempat terpuruk lantaran terjadinya pandemi Covid-19.
“Kita sedang mendorong sport tourism dan sport industry untuk pengembangan industri nasional. jika dibandingkan negara lain, potensi kita sangat banyak, tapi belum dikelola dengan maksimal. Untuk itu kami coba mendorong, disamping olahraga juga didorong juga mendapat manfaat dari segi ekonomi yaitu turis yang akan datang semakin banyak,” tutur Menpora Amali di Pantai Plengkung/ G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (27/5/2022).
“Atas nama pemerintah, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang gigih menyelenggarakan WSL Championship Tour 2022, sehingga ini menjadi satu kebanggaan,” tambahnya.
Apa yang dilakukan Menpora Amali sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang meminta untuk menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga level dunia untuk diselenggarakan di Indonesia.
“Arahan Bapak Presiden Joko Widodo kepada saya adalah untuk menarik sebanyak mungkin even dunia agar dapat dilaksanakan di Indonesia. Saat ini sudah ada WSL, World Beach Games, FIBA World Cup, FIFA World Cup U-20 dan banyak masih banyak lagi,” tambah Menpora Amali.
Menteri asal Partai Golkar itu pun berharap, kedepannya akan semakin banyak paket-paket sport tourism yang dikemas dengan lebih menarik sehingga akan menjadi destinasi wisatawan mancanegara untuk berkunjung datang ke Indonesia melalui olahraga.
“Saya akui, kita belum mengandalkan dan memaksimalkan sport tourism. Jika di negara tetangga seperti Thailand, saat ini sudah mendorong devisa untuk datang dari sport tourismnya. Contoh negara Thailand, jika ada yang akan main golf mereka sudah sediakan satu paket, sudah banyak biro perjalanan yang membuatnya, tapi di kita masih kurang,” keluh Menpora Amali.
“Semoga kedepan akan semakin baik dan paket-paket sport tourism itu akan semakin banyak diadakan dengan kemasan yang lebih baik dan lebih menarik wisatawan asing,” harap Menpora Amali. ***

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *