Islam dan Sains Teknologi Modern – TIMES Indonesia

Ingatkan Dampak Kemajuan Teknologi, Sultan HB X: Manfaatkan, Jangan Jadi 'Robot' – Okezone.com
Juli 4, 2022
Siap Bantu UMKM Kenalkan Produk dengan Memanfaatkan Teknologi Digital – Kompasiana.com – Kompasiana.com
Juli 4, 2022
Show all

Islam dan Sains Teknologi Modern – TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MALANG – Islam merupakan agama yang didesain tidak menyulitkan, tetapi saat manusia telah menjalin hubungan dengan Allah melalui agama Islam harus ada komitmen. Apa komitmen dalam beragama Islam ? Tentu dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan yang sudah ditetapkan, menjalankan Ibadah wajib sebagai sarana mengingat Tuhan untuk menjaga hubungan dengan Allah SWT.
Karena dunia beserta isinya termasuk manusia ada atas kehendak Tuhan. Manusia bisa mengembangkan sains dan teknologi ke ranah yang lebih modern yang tentunya tidak terjadi secara tiba-tiba tetapi melalui tahapan-tahapn, terstruktur, dan mengalami evolusi hal ini juga atas kehendak Allah, karena Tuhan memberikan pikiran kepada tiap-tiap manusia untuk membedakan hal baik dan buruk, sebagai perantara Allah SWT untuk mengimplementasikan kehendak NYA. 
Semakin masa bertambah semakin pula teknologi berdampingan dengan keseharian manusia, Islam tidak melarang umatnya untuk berinteraksi dengan teknologi, bahkan ketika teknologi dapat memudahkan kegiatan manusia itu sangat diperbolehkan oleh Islam. Namun mengenai dampak negative adanya teknologi sebenarnya Islam tidak kesah, karena ajaran-ajaran yang ada di dalamnya (Islam) dapat menjadi filter penggunaan teknologi yang semakin berkembang pesat.
Semua tanggung jawab mengenai penggunaan tekonologi ada pada pundak masing-masing dan tergantung niatnya.
“Sesungguhnya segala perbuatan bergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan memperoleh apa yang diniatkan. Siapa saja yang hijrah diniatkan karena Allah SWT dan Rasul-NYA. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan dunia atau karena perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu sampai pada apa ang diniatkannya.”(HR. Bukhari) 
INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.pmb.unisma.ac.id
Jadi apapun kegiatannya disesuaikan dengan niatnya. Namun dengan adanya perkembangan teknologi khususnya dibidang telekomunikasi, semakin banyak orang itu tidak dapat membatasi dirinya dalam menggunakan HP seperti dalam bermedia sosial, tidak heran dan tidak jarang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua mengupdate kegiatannya di media sosial, apabila memposting dengan tujuan bisnis atau berjualan tidaklah masalah, namun apabila memposting sesuatu yang berlebihan dan sifatnya kehidupan pribadi dikhawatirkan apabila tidak disadari jatuhnya pada sikap pamer.
Dalam keadaan seperti ini akan timbul 2 hal, yang memposting dianggap pamer dan yang melihat postingan itu akan menggunjing, sehingga dalam satu kegiatan akan menimbulkan dua presepsi yang tidak baik. 
Perkembangan teknologi tidak hanya dititikberatkan pada dampak negatifnya saja, tentu tujuan awal dikembangkannya teknologi adalah untuk memudahkan kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam implementasiannya jangan lupakan nilai-nilai kehidupan bersosial maupun spiritual dalam Agama Islam. Karena dengan berlandas pada system yang ada pada Islam akan membuat pengimplementasian IPTEK yang semakin berkembang ini lebih terarah dan akan lebih terasa sisi positifnya. 
INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.pmb.unisma.ac.id
Bukti bahwa Islam sangat mendukung perkembangan sains dan teknologi dapat dilihat dari sejarah perkembangan agama Islam sendiri yang mana dari masa ke masa teknologi-teknologi yang dikembangkan oleh orang muslim semakin baik. Pada masanya para nabi, siapa sangka pada masa lampau itu dimana belum ada peradaban dunia tetapi sudah ada kapal yang diciptakan oleh Nabi Nuh As dan ukurannya raksasa mampu untuk menampung umatnya yang beriman termasuk hewan-hewan dalam peristiwa banjir pada masa itu. 
Di periode selanjutnya yakni pada masa bani Umayyah kisaran tahun 700-an M, ahli Ilmu Geografi Islam dan navigatornya menggunakan jarum magnet pertamakali dan diterapkan saat mereka berlayar, dari situlah ditemukannya kompas dan menguasai penggunaannya yang mana hal ini diakui oleh Gustav Le Bon. Berakhirnya masa Bani Umayyah berlanjut pada masa Daulah Abbasiah Baghdad (Irak) yang mana perkembangan sains dan teknologi semakin maju, kisaran tahun 765 didirkan fakultas kedokteran pertama kali oleh Jurjis Ibnu Naubakht.
Selain itu Ibnu Firnas ilmuan Andalusia terinspirasi peristiwa Isra’ Mi’raj sehingga membangayangkan bagaimana agar manusia lai bisa terbang bebas diangkasa, yang menjadikan beliau melakukan penelitian pada udara secara fisika, gerak aerodinamika, dan meneliti anatomi burung. Dan diciptakanlah sebuah alat yang dapat terbang dan menyerupai sayap burung, hal ini yang menjadi inspirasi Wright Bersaudara dalam menciptakan pesawat terbang pertama di dunia pada awal abad ke-19.
Kemudian secara garis besar dapat dilihat pada masa Ibnu Harun Al-Rasyid didirikannya daru Al-Hikah atau Akademi Ilmu Pengetahuan pertama di dunia kisaran tahun 813 yang terdiri dari perpustakaan, pusat pemerintah, university dan obsevator bintang. Setelah masa Ibnu Harun Al-Rasyid terjadilah perkembangan sains dan teknologi yang semakin pesat yang disebut dengan Perkembangan Teknologi di zaman Islam Modern, dimana wajah Islam modern yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi melalui arus globalisasi.
Khususnya di zaman Islam modern atau yang saat ini terjadi perkembangan yang semakin pesat adalah dibidang telekomunikasi dan transportasi, misalnya dari awal diciptakannya mobil atau motor selalu menggunakan bahan bakar dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yakni bensin, namun dengan perkembangan ilmu, manusia bisa menciptakan teknologi baru yakni mobil listrik atau motor listrik. Tidak heran lagi bahwasanya Islam bisa hidup berdampingan dengan adanya teknologi yang semakin canggih karena dari awal peradaban dunia Islam lah yang berperan mengawali perkembangan sains dan teknologi. 
INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.pmb.unisma.ac.id
*)Penulis: Kukuh Santoso, M.Pd.I, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Malang (UNISMA)
**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.
10/11/2021 – 09:39
Copyright 2014 – 2022 TIMES Indonesia. All Rights Reserved.
Page rendered in 0.3064 seconds. Running in Unknown Platform

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.