Jakarta Berpolusi Udara, Pilih 8 Tanaman ini di Rumah Agar Bebas Racun – CNN Indonesia

Bupati Lindra Minta Tim Sepakbola Tuban Bermental Ronggolawe Berhati Wali – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi jawa Timur
Juni 16, 2022
Dibekali Teknologi Mutakhir, AMD Luncurkan AMD Ryzen™ 6000 Series Processors – Kedaulatan Rakyat
Juni 16, 2022
Show all

Jakarta Berpolusi Udara, Pilih 8 Tanaman ini di Rumah Agar Bebas Racun – CNN Indonesia

Kualitas udara di DKI Jakarta tercatat menjadi yang terburuk di dunia alias paling berpolusi udara berdasarkan situs AQ Index. Tapi ada tanaman yang bisa mengurangi polusi udara.
Indeks kualitas udara (Air Quality Index/ AQI) di ibu kota pada Rabu (15/6) pukul 09.50 WIB berada di angka 183 US AQI dengan PM 2.5 sebesar 118 µg/m³ dan PM 10 sebesar 20,6 µg/m³.
“Konsentrasi PM 2.5 di udara Jakarta saat ini 23.6 kali di atas nilai panduan kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO),” tulis laporan tersebut.
Lalu bagaimana caranya mengurangi polusi udara? Ada beberapa tanaman untuk mengurangi polusi udara.
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ACS Environmental Science & Technology menyebutkan, tanaman hijau delapan kali lebih efektif untuk mengurangi polutan udara.
Penempatan rumput dan tanaman hijau lainnya secara langsung dapat mengurangi konsentrasi nitrogen dioksida (NO2) sebanyak 40 persen dan material partikel mikroskopis sebesar 60 persen, jauh lebih banyak dari yang diyakini sebelumnya.
Beberapa tanaman yang bisa ditanam di rumah ini bisa membantu Anda mengurangi polusi udara:

Lidah mertua terkenal sebagai tanaman yang dapat menyerap polusi dan menggantinya dengan oksigen.
Lidah mertua dapat menyaring polutan berbahaya seperti formaldehyde, xylene, benzene, toluene, dan trichlorethylene.
Tanaman ini mampu menghilangkan racun xylene, benzene, formaldehyde, dan trichlorethylene dari polusi udara.
Tanaman ini populer karena penampilannya yang cantik penuh warna ketika mekar. Selain cantik, tanaman herbras juga memiliki sifat sebagai pemurni udara.
Tanaman herbras dipercaya membantu menghilangkan trichlorethylene dan benzene yang ada di udara.
Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat tambahan dengan kemampuannya melepaskan lebih banyak oksigen.
Pakis adalah salah satu kelompok tanaman populer. Tanaman paku ini tersebar di seluruh bagian dunia.
Kebanyakan tanaman pakis digunakan sebagai tanaman hias. Sebagian juga menggunakannya sebagai makanan yang dikonsumsi dan tumbuhan obat.
Selain itu, tanaman satu ini dapat membantu mengatasi polusi udara. Tanaman mampu menghilangkan racun formaldehyde dan xylene.
Palem bambu adalah tanaman hias populer yang umum dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman dengan ketinggian 1-3 meter ini bersifat dapat memurnikan udara dan termasuk salah satu tanaman yang mengurangi polusi udara. 
Sama seperti tanaman lainnya, lili Paris juga populer sebagai tanaman hias. Tanaman ini mampu hidup dalam kondisi apa pun.
Lili Paris diketahui memiliki sifat dapat memurnikan udara. Beragam racun seperti formaldehyde dan xylene dapat diatasi dengan menanam tanaman bernama lain Chlorophytum comosum ini.
lidah buaya juga merupakan tanaman yang bermanfaat membersihkan udara kotor di ruangan. Cukup letakkan lidah buaya di jendela atau lokasi dengan cahaya matahari yang cukup agar dapat berfotosintesis dengan baik.
Bunga kuping gajah atau Flamingo Lili ini memiliki bentuk bunga yang unik. Dikutip dari BHG, bunga kuping gajah dapat hidup di dalam ruangan dengan kondisi yang lembap seperti kamar mandi dan dapur.
Bunga ini dapat menyerap sejumlah polutan seperti formaldehyde, ammonia, xylene, dan toluene. Bunga ini juga bisa jadi salah satu tanaman untuk mengurangi polusi udara. 
 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *