Kegiatan Olahraga Bersama Pemuda Pulosari – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Atasi Kecanduan, Kini TikTok Luncurkan Fitur Terbaru untuk Atur Waktu Penggunaan – Berita Sukoharjo – Berita Sukoharjo
Juni 14, 2022
Bandit bebaskan 11 penumpang yang diculik – ANTARA Jogja
Juni 14, 2022
Show all

Kegiatan Olahraga Bersama Pemuda Pulosari – Kompasiana.com – Kompasiana.com

KELURAHAN PULOSARI, KECAMATAN BARENG, JOMBANG.
Selanjutnya
Tutup

Olahraga adalah aktivitas fisik dengan tujuan untuk memelihara kesehatan, dengan kegiatan olahraga yang menggarap raga atau jasmani. Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga bisa memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. 
Kegiatan Olahraga tak jarang dilakukan secara Bersama dengan bertujuan dapat meningkatkan motivasi, suasana hati, dan performa secara keseluruhan. Berolahraga bersama juga membantu membangun kompetisi yang sehat dan membuatnya lebih menyenangkan di antara masing-masing individu.

Kegiatan Olahraga Bersama yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022 Univeritas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Bersama para pemuda yang ada di Desa Pulosari yaitu olahraga Bela diri Silat dan Futsal. Olahraga bela diri yaitu perpaduan antara aktivitas fisik dan unsur seni, teknik membela diri, olahraga. 

Ada berbagai jenis bela diri yang saat ini berkembang. Beberapa di antaranya memang sudah ada sejak dahulu dan menjadi budaya turun-menurun. 
Dilansir dari situs kemdikbud.go.id pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya Indonesia. Budaya yang dimaksud adalah karakter kebudayaan khas timur yakni etika. 
Pencak Silat sendiri terdapat beberapa Perguruan atau kelompok, di Desa Pulosari sendiri terdapat beberapa Perguruan yaitu : IKSPI Kera Sakti, Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa, Persaudaraan Setia Hati Terate.

Mahasiswa KKN yang melakukan olahraga bela diri pencak silat Bersama dengan Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa merasa berkesan. Selain mendapat ilmu baru untuk bela diri, merasa bugar secara fisik, selama olahraga bela diri pencak silat juga mendapat Pendidikan mental kerohanian, dan merasakan rasa persaudaraan dalam persatuan. 
Tidak hanya Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa yang berkesan, namun perguruan silat yang  lainnya juga memiliki ciri khas tersendiri dan rasa persaudaraan dalam persatuan yang kuat.

dokpri
dokpri


Selain olahraga bela diri pencak silat, Mahasiwa KKN juga melakukan olahraga Bersama Futsal Bersama para pemuda di desa Pulosari. Yang dimaksud Olahraga Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim. Yang  bertujuan memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki dan anggota tubuh lain selain tangan, kecuali posisi kiper. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *