Kerja Saat Lebaran, Eko Baru Mudik ke Kampung Halaman Hari Ini – detikNews

Peran Penting Teknologi Atasi Persoalan Limbah Makanan – Mongabay.co.id – Mongabay.co.id
Juni 8, 2022
4 Olahraga untuk Menyehatkan Sistem Pencernaan – Kompas.com – KOMPAS.com
Juni 8, 2022
Show all

Kerja Saat Lebaran, Eko Baru Mudik ke Kampung Halaman Hari Ini – detikNews

Masa cuti bersama untuk hari raya Idul Fitri atau Lebaran 2022 telah berakhir. Namun, sejumlah warga baru berangkat mudik hari ini.
Salah satunya Eko (29). Dia mengaku baru bisa mudik sekarang karena harus bekerja saat Lebaran.
“Baru bisanya sekarang. Karena kemarin saya lembur juga dan kebetulan di kantor saya masuk per sif gitu kan. Nah saya kebagian sif malam dan Lebaran masuk,” kata Eko di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).
“Ya karena itu makanya baru bisa mudik sekarang. Ini juga kondisinya saya cuti, saya udah ngajuin cuti lewat sistem dan sudah diokein,” sambungnya.
Dia mengaku sudah membeli tiket untuk perjalanan kembali ke Jakarta pada Selasa (17/5).
“Kebetulan saya juga sudah beli tiket. Balik ke sininya (Jakarta) itu Selasa minggu depan. Cuti saya lima hari kan sampai Senin minggu sepan tuh berarti, karena Sabtu-Minggu libur kan,” jelasnya.
Warga lainnya, Ratna, juga mengaku baru bisa mudik ke Cirebon, Jawa Barat, hari ini. Dia mengatakan suaminya harus bekerja saat Lebaran kemarin.
“Kita baru mudik sekarang itu karena nunggu momen juga sebenarnya. Kalau kemarin kan pasti ramai banget, suami juga H-1 lebaran masih kerja. Kondisinya juga harga tiket naik. Jadi kita memutuskan ya udah nanti aja setelah berapa hari Lebaran gitu waktunya,” kata Ratna.
Dia mengaku bakal memanfaatkan hari libur Waisak untuk memperpanjang waktu di kampung halaman. Dia berharap tak ada kenaikan harga tiket.
“Ini kan masih ada tanggal merah ya kalau nggak salah hari Waisak apa Nyepi itu ya. Nah kemungkinan balik Jakarta-nya setelah momen itu, tapi belum pasti ya karena kita juga sambil lihat-lihat situasi. Kalau harga tiket naik ya kemungkinan akan dipercepat,” katanya.
Penumpang lain, Tia (42), juga baru mudik ke Malang, Jawa Timur, hari ini. Dia mengaku baru mudik karena suaminya baru mendapat libur setelah Lebaran.
“Mudik sekarang karena ngikutin jadwal suami. Kebetulan suami baru bisanya sekarang. Karena pas malam takbiran kemarin juga suami masuk kerja. Karena kan suami saya masuknya kedapatan sif malam,” kata Tia.
Tia mengaku sebenarnya sudah membeli tiket ke Malang sebelum Lebaran. Namun, perjalanannya batal karena suaminya harus bekerja.
“Awalnya kita sudah beli tiket buat ke Malang itu pas tanggal 30 April kemarin. Nah, itu kita pesan lewat online dari sebulan sebelum puasalah. Ternyata suami saya nggak bisa karena kerjaan kan. Itu juga baru dikabarin sama atasannya sewaktu pertengahan Ramadan kemarin,” tuturnya.

Simak video ‘Jokowi Puji Penanganan Mudik-Arus Balik: Tak Ada Macet Sampai 2 Hari’:

[Gambas:Video 20detik]

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.