Kiat Berlatih Olahraga Lari Trail Running untuk Pemula – Gaya Tempo.co

Panaskan Rumor Transfer Bintang Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai, Pakar Sepakbola Prancis Sebut Bakal Gabung ke Klub Liga 2 Prancis – Bola Okezone
Juni 20, 2022
6 Fakta Soal Kematian 2 Bobotoh Persib Bandung di Piala Presiden 2022 – Bola Tempo.co – Bola Tempo.co
Juni 20, 2022
Show all

Kiat Berlatih Olahraga Lari Trail Running untuk Pemula – Gaya Tempo.co

Lupa Kata Sandi? Klik di Sini
atau Masuk melalui
Belum Memiliki Akun Daftar di Sini
atau Daftar melalui
Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo
Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang
Masukan alamat email Anda, untuk mereset password
Konfirmasi Email
Kami telah mengirimkan link reset password melalui email ke rudihamdani@gmail.com.
Apakah Anda yakin akan menghapus berita?
Jenis Kelamin
Status
TEMPO.CO, Jakarta Aktivitas olahraga lari umumnya dilakukan di lintasan rata, seperti di jalan raya atau lapangan. Olahraga lari bisa dilakukan kapan saja waktunya dan di mana pun. 
Trail running dianggap memberikan kepuasan tersendiri secara mental maupun fisik. Suasana alam yang jauh dari keramaian menjadi ketenangan saat berlari. Lintasan yang berubah-ubah tidak membuat bosan para pelari. 
Lintasan trail running  berubah-ubah seperti melintasi tanah, air, lumpur, hingga batu. Itu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelari pemula.
Adapun trail running telah diresmikan sebagai disiplin olahraga atletik oleh Federasi Atletik Dunia (IAAF) pada 2015. Tingkat populernya kian berkembang pesat di seluruh dunia. “Trail Running adalah disiplin olahraga yang berkembang pesat di dunia sehingga layak mendapat pengakuan internasional,” kata Michel Poletti, Presiden International Trail Running Association dikutip dari World Athletics. 
Beberapa manfaat melakukan trail running, di antaranya mampu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot, mengurangi rasa bosan, juga baik untuk kesehatan mental.
Mengutip Rei, meski trail running tidak memerlukan banyak peralatan, setidaknya segala perlengkapan berguna untuk faktor keselamatan dan kenyamanan. Misalnya, pemilihan sepatu yang harus lebih kuat daripada saat lari di jalanan biasa. Jika berlari di area yang tidak dikenal, sebaiknya membawa alat navigasi. Perlengkapan lain, misalnya air minum, tas kecil, hingga pelindung panas matahari juga perlu disiapkan. 
Trail running biasanya membutuhkan waktu lebih lama daripada lari di jalan untuk jarak yang sama. Itu juga karena jalur lintasan lari yang biasanya belum dikenali oleh para pelari pemula. Itu sebabnya perlu untuk menentukan jalur lintasan mana yang hendak dipilih. 
Sebelum berlari, penting melakukan pemanasan untuk mengurangi risiko cedera. Lintasan lari yang menantang karena melewati berupa batu, kayu dan akar.
Beberapa teknik dasar trail running, berlari dengan langkah kaki pendek. Ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh di lintasan yang tidak menentu. Berfokus pandangan mata  3 meter hingga 4,5 meter di depan untuk melihat rintangan. Jika terdapat banyak rintangan di depan, sebaiknya mencari rute alternatif yang lebih pasti dan nyaman. 
HARIS SETYAWAN
Baca: Apa Itu Olahraga Trail Running dan Manfaatnya?
Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.
Epilepsi adalah gangguan sistem saraf pusat di mana aktivitas otak menjadi tidak normal, menyebabkan kejang atau periode perilaku tak biasa.
Kejang onset fokal dimulai di salah satu bagian otak
Mitra Grab dikatakan dapat menjadi penyumbang data dalam GrabMaps. Begini ulasannya.
Olahraga trail running dilakukan di jalur alam terbuka. Apa saja manfaatnya?
Setelah bercukur, kotoran apa pun di udara dapat mengubah pori-pori kulit menjadi hitam. Ini cara mengatasinya.
Stres mempengaruhi berbagai sistem tubuh, termasuk gangguan tulang, sendi, otot atau muskuloskeletal
Bukan hanya lansia yang mengalami penurunan massa otot. Dokter justru mengingatkan penurunan bisa terjadi sejak muda.
AirNav Indonesia mengkonfirmasi adanya gangguan operasional untuk air traffic control (ATC) di Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC).
Jika Anda ingin membangun kekuatan perut dan menghilangkan “lemak perut”, pertimbangkan tips diet dan olahraga yang disetujui para ahli ini.
Seiring berjalannya waktu, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih di antara waktu olahraga

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.