Kuliah Ahli "Inovasi Produk Berbasis Desain Industri Teknologi Tepat Guna" – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Kreditur Mulai Voting, Nasib Utang Garuda Rp 142 T Diputuskan Hari Ini – detikFinance
Juni 18, 2022
Ternyata Lokasi Tanah Amblas di Amurang Adalah Zona Likuefaksi – BeritaManado.com
Juni 18, 2022
Show all

Kuliah Ahli "Inovasi Produk Berbasis Desain Industri Teknologi Tepat Guna" – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Belajar dan Beramal
Selanjutnya
Tutup

Pada hari Rabu tanggal 15 juni 2022 Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) mengadakan kegiatan kuliah ahli yang mengusung tema ” Inovasi Produk Berbasis Desain Industri Teknoligi Tepat Guna ” dengan narasumber dosen dari Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya Bapak Assoc Prof Dr. Ir. Eko Nurmianto , MEngSC. Dan Moerator dari Ka.Prodi Teknik Industri UMG Bapak Moh.Dian Kurniawan, S.T.,M.T.,IPM. Kegiatan ini bertempat dil Hall Sang Pencerah lantai 8 Universitas Muhammadiyah Gresik dan dihadiri oleh lebih dari 400 orang mahasiswa Teknik indsutri UMG dari berbagai Angkatan serta perwakilan universitas diantaranya Kepala Pusat Penelitian dan Inovasi ibu Dr. Ernawati, S.Kep., Ns., M.Kes., Kepala Biro Administrasi Akademik ibu Elly Ismiyah, S.T. , M.T. , Direktur Penjaminan Mutu UMG Ibu Dzakiyah Widyaningrum, S.T.M.Sc., Ka.Prodi Teknik Konstruksi Perkapalan ibu Yulia Ayu Nastiti, S.T. , M.T. dan beberapa dosen fakultas Teknik.
Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari Dekan Fakultas Teknik, Bapak Harunur Rosyid , S.T. , M.Kom. dimana dalam sambutan nya beliau menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini karena jumlah mahasiswa yang hadir diluar perkiraan beliau, tidak lupa beliau menyampaikan terima kasih kepada Prodi Teknik Industri yang telah mengadakan kegiatan ini dan semoga dari tahun ke tahun kegiatan seperti ini akan selalu dilaksanakan, bahkan ditingkatkan yang sekarang hanya 1 kali per tahun mungkin bisa ditambah menjadi 2 — 3 kali setiap tahunnya dan ditularkan kepada prodi lainnya. ” saya berharap Prodi-Prodi Teknik lain nya juga bisa mengadakan kegiatan yang seperti ini sehingga mahasiswa bisa mendapatkan perspektif lain selain dari pembelajaran yang ada di kelas maupun praktikum, saya rasa dari universitas dan fakultas insya Allah dana nya sudah siap tinggal bagaimana nanti prodi bisa mengeksekusi sehingga kegiatan kuliah ahli bisa terealisasi. ” tutur Bapak Harun.

Pada kegiatan ini yang menjadi moderator acara adalah Kaprodi Teknik Industri UMG, Bapak Moh. Dian Kurniawan, S.T. , M.T. , IPM. Dalam presentasi nya Bapak Assoc Prof Dr. Ir. Eko Nurmianto , MEngSC menyampaikan pencapaiannya dalam bidang inovasi dan bagaimana beliau mendapatkan berbagai hibah dari tahun 2010 hingga 2022 tidak pernah absen mendapatkan berbagai hibah dengan berbagai nominal. 

Salah satu inovasi unggulan beliau diantaranya adalah alat asap ikan buatan beliau yang sudah mengalami proses upgrade dari versi 1.0 sampai dengan saat ini sudah versi 5.0, alat asap ini melalang buana di pesisir utara jawa timur mulai dari tuban hingga banyuwangi, selain itu beliau juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk selalu mengembangkan budaya inovasi yang harus sudah dimulai dari diri sendiri, ” Paling tidak sebelum lulus mahasiswa memiliki start up, sehingga setelah lulus tinggal terbang dengan start up nya tersebut “, ujar beliau.
Setelah sesi penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini para perserta baik mahasiswa maupun dosen sangat antusias untuk bertanya kepada pemateri, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan semaraknya interaksi antara pemateri dan audience, tidak kurang dari 15 pertanyaan muncul baik dari mahasiswa maupun dosen. Salah satu diantaranya adalah pertanyaan dari Risky Akbar, mahasiswa Teknik industry Angkatan tahun 2019, yang bertanya mengenai apa yang harus dia lakukan apabila lingkungan tidak mendukung inovasi dan dari dosen salah satu pertanyaan muncul dari Bapak Ilham Arifin Pahlawan, salah seorang dosen Teknik mesin UMG mengenai bagaimana supaya inovasi yang kita buat itu tidak kebablasan.

Dokumentasi oleh HMTI
Dokumentasi oleh HMTI

Acara ini diakhiri dengan sesi pembagian doorprize untuk para penanya dan pemberian kenang-kenangan untuk pemateri kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.