Manfaat Olahraga dalam Meningkatkan Kualitas Hidup – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Inovasi Teknologi hingga Kolaborasi Jadi Kunci Terkait Pengelolaan Rantai Pasok Pangan – Tribunnews.com
Juni 21, 2022
Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Bangun Sesuai Sunah – CNN Indonesia
Juni 21, 2022
Show all

Manfaat Olahraga dalam Meningkatkan Kualitas Hidup – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik yang tertarik dengan dunia jurnalisme dan ingin beljar banyak hal.
Selanjutnya
Tutup
Membiasakan diri melakukan olahraga dengan intensitas ringan ternyata dapat mempengaruhi kualitas hidup. Tetapi pada zaman sekarang masyarakat kurang memperhatikan pentingnya berolahraga, masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa olahrga hanya membuat tubuh lelah, sebenarnya tidak demikian.
Sebuah studi baru menemukan bahwa olahraga dapat membatu anak-anak hingga orang dewasa dalam berkonsentrasi, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Olahraga yang dilakukan intens dapat memicu otak melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin yang membantu menghilangkan rasa sakit serta mengurangi stres. Dan dampak yang di hasilkan membuat suasa hati dan bisa berkonsentrasi penuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari, hal ini lah yang dapat meningkatkan kualitas hidup. 
Selain itu juga olahraga bukan hanya untuk kesehatan fisik saja tetapi juga menjaga kesehatan mental. Tidak hanya endorfin saja, otak juga menstimulasi pelepasan hormon dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Ketiganya berperan penting dalam mengatur suasana hati. Menjaga kebugaran tubuh agar dapat bekerja secara maksimal dengan memiliki suasana hati yang baik tentu saja ke inginan semua orang. Hal ini bisa kalian peroleh jika meluangkan waktu untuk berolahraga sebelum melakukan aktifitas sehari-hari.

Bukan hanya orang dewasa, olahraga juga memiliki peran penting terhadap pertumbuhan anak-anak Technical University Munic melakukan studi yang mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat kebugaran anak-anak, maka semakin baik pula mereka dapat berkonsentrasi dan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi. Juga peneliti lain membuktikan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan dalam bersosialisasi di lingkungannya. 

Tentu saja tidak mudah dalam menambah aktifitas keseharian yang dilakukan. Perlu adanya kemauan yang besar dan motivasi yang kuat. Anda bisa melakukan mulai dari olahraga ringan sebelum atau sesudah melakukan aktfitas harian anda, dengan durasi awal 10-15 menit. Jika sudah terbiasa perlahan tingkatkan intensitas dan durasinya.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *