Memang Tak Sempurna, Tapi Vaksin Masih Ampuh Lawan Omicron – CNN Indonesia

HUT ke-72, Kodam I/Bukit Barisan Gelar Pertandingan Cabang Olahraga – tvOneNews.com
Juni 15, 2022
BERITA TERKINI KASUS SUBANG: Mengejutkan, Benarkah Yoris dan Istrinya yang Datang ke TKP Pada Malam Itu? – Priangan Timur News – PrianganTimur News
Juni 15, 2022
Show all

Memang Tak Sempurna, Tapi Vaksin Masih Ampuh Lawan Omicron – CNN Indonesia

Ketua Umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Iris Rengganis mengatakan bahwa vaksin dua dosis atau lengkap dengan booster cukup untuk memenuhi kebutuhan kekebalan, meski tidak sempurna.
Hal tersebut disampaikan Iris dalam merespons masuknya subvarian baru virus corona penyebab Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5.
“Seandainya orang itu sudah di-vaksin dua kali atau booster lengkap tiga kali, berarti dia sudah memenuhi satu kekebalan, walaupun tidak sempurna,” ujar Iris dalam webinar Tangkal Virus yang Bermutasi dengan Vaksin Booster, Senin (13/6), melansir Antara.
Iris mengakui, adanya mutasi virus memang bisa mengurangi efektivitas vaksin. Namun, bukan berarti vaksin sama sekali tak memberikan perlindungan.

Vaksin Covid-19, disebut Iris, tetap dapat mengurangi angka kesakitan, perawatan di rumah sakit, dan akan menurunkan angka kematian.
“Tetap bisa melindungi diri [tubuh], disamping protokol kesehatan yang harus dijalankan,” ujar Iris.
Iris mengatakan, seseorang yang terinfeksi SARS-CoV-2 setelah mendapatkan vaksin lengkap, bisa mengalami gejala yang tidak terlalu berat dibandingkan dengan orang yang sama sekali belum mendapatkan suntikan vaksin.
Iris juga mengingatkan masyarakat bahwa virus akan selalu bermutasi. Dengan demikian, ia tetap meminta masyarakat untuk tidak lengah.
“Kita jangan mengharapkan total [virus] tidak mutasi. Karena ini virus messenger mRNA, jadi dia sifatnya memang akan bermutasi setiap saat. Itu sudah dari penciptanya,” kata Iris.
Iris juga meminta masyarakat untuk tetap menjalankan program vaksinasi Covid-19 hingga lengkap. Hal ini dilakukan untuk mencegah gejala berat saat terpapar Omicron BA.4 dan BA.5.
“Vaksinasi itu bukan segalanya. Itu hanya salah satu upaya meningkatkan herd immunity,” pungkas Iris.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *