Mengajar Tidak Harus Pakai Teknologi, Bisa Metode Lain, Halah! – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebab Kematian Pasien Hepatitis Akut – CNN Indonesia
Juni 19, 2022
Pengurus Baru Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kepulauan Babel Dikukuhkan – Aktual Online
Juni 19, 2022
Show all

Mengajar Tidak Harus Pakai Teknologi, Bisa Metode Lain, Halah! – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh
Selanjutnya
Tutup

Apa kabar ibu dan bapak guru hebat? Tetap semangat mengajar dan mengabdi. Kehadiran guru tetap dibutuhkan dalam kondisi apapun. Apalagi di zaman teknologi yang semakin canggih dan mutakhir.
Zaman yang teknologi serba canggih dan mutakhir menuntut kompetensi guru memanfaatkan teknologi dalam mengajar dengan baik, kreatif, dan bahkan inovatif. Mengekploitasi lingkungan ke platform aplikasi pembelajaran untuk memfasilitasi siswa belajar lebih efektif dan menyenangkan.  

Mengeksplorasi lingkungan sekitar memanfaatkan google street view dalam pembelajaran. Sumber: screenshot/google.com/maps
Mengeksplorasi lingkungan sekitar memanfaatkan google street view dalam pembelajaran. Sumber: screenshot/google.com/maps

Kemendikbudristek telah memfasilitasi peningkatan kompetensi guru dalam platform “Merdeka Mengajar”. Memungkinkan guru sharing dan terkonekting untuk terus belajar strategi, model, dan media pembelajaran mutakhir nan dinamis. 
Apakah Ibu dan Bapak Guru Hebat sudah memanfaatkan platform “Merdeka Mengajar”? Tentu saja jawabannya beragam. Sangat bergantung pada kompetensi profesi sebagai guru dan ketersediaan sarana yang ada.

Sebagian menu yang ada di platform
Sebagian menu yang ada di platform “Merdeka Mengajar” untuk media sharing dan konekting sesama guru. Sumber: screenshot/guru.kemdikbud.go.id  

Bisa dimaklumi Bapak dan Ibu Guru Hebat. Kompetensi guru tidak perlu diragukan dalam memanfaatkan teknologi. Tetapi, minimnya sarana pendukung teknologi untuk mengakses informasi di sekolah terkadang masih menjadi kendala utama.

Banyak ilmu yang didapat guru melalui platform
Banyak ilmu yang didapat guru melalui platform “Merdeka Mengajar”, termasuk ilmu pedagogik. Sumber: screenshot/guru.kemdikbud.go.id


Kalau mau jujur, masih banyak ruang kelas tidak ada sarana listrik (bukan sebatas lampu listrik). Stop kontak banyak yang rusak dan tidak berfungsi. Titik akses internet sebatas ruang guru dan itupun hanya mampu diakses segelintir guru. Bahkan tidak ada dan atau belum tersedia kelas multimedia di sekolah.
Saat guru banyak yang membutuhkan akses internet untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran, gangguan akses internet sering kali dialami. Alhasil, rancangan pembelajaran berbasis teknologi yang sudah dibuat dan dipersiapkan dengan baik tidak dapat dimanfaatkan sebagai media dan dukungan fasilitas pembelajaran lainnya.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.