Mengenal 4 Manfaat Pose Sikap Lilin yang Sering Dilakukan di Jam Olahraga – Yoursay

7 Rekor Gila Ronaldo di Timnas Portugal – CNN Indonesia
Juni 22, 2022
Update Terbaru YS 6 Mobile, Kehadiran Samurai Class! | Berita – RevivaLTV
Juni 22, 2022
Show all

Mengenal 4 Manfaat Pose Sikap Lilin yang Sering Dilakukan di Jam Olahraga – Yoursay

Saat bersekolah dulu, tentunya kita sudah tidak asing mendengar pose sikap lilin yang sering dilakukan di jam olahraga tersebut.
Sikap lilin atau yang disebut juga sebagai candle pose ini dilakukan dengan cara menopang seluruh tubuh dengan menggunakan lengan atas serta bahu sebagai tumpuan.
Tanpa kita ketahui, ternyata sikap lilin mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan apabila dilakukan dengan cara yang benar. Kira-kira apa saja, ya, manfaatnya?
Merangkum dari laman SehatQ, berikut 4 manfaat melakukan sikap lilin bagi kesehatan. 
1. Meregangkan otot bahu dan leher
Salah satu manfaat melakukan gerakan sikap lilin ialah meregangkan otot bahu dan leher. Ketika seharian bekerja dan berkutat di depan komputer yang mengharuskan kita duduk terus-menerus, kadang kala membuat area di sekitar bahu dan leher terasa tegang dan kaku.
Dengan melakukan gerakan sikap lilin ini, kita dapat membuat otot-otot yang tegang itu menjadi kembali rileks. 
2. Membantu mengatasi nyeri punggung 
Ternyata, salah satu gerakan dari senam lantai ini tergolong ke dalam terapi inversi. Terapi inversi adalah salah satu cara yang dapat membantu mengatasi nyeri punggung bagian bawah. Terapi ini mewajibkan kita untuk berada di dalam posisi terbalik guna meregangkan tulang-tulang belakang kita.
Hal ini dikarenakan dengan melawan gravitasi (posisi terbalik), kita dapat mengurangi tekanan pada bagian punggung bawah yang secara tidak langsung mengurangi rasa nyeri pada punggung. 
3. Dapat membantu memperbaiki suasana hati
Berikutnya, gerakan sikap lilin dapat membantu kita untuk memperbaiki suasana hati, dengan cara mengurangi stress dan rasa cemas yang kita alami.
Hal ini dijelaskan lebih lanjut di dalam sebuah penelitian dalam jurnal Plos One yang menyatakan bahwasanya gerakan sikap lilin dapat membantu mengatasi gejala depresi ringan serta memperbaiki suasana hati apabila dilakukan secara teratur dalam jangka waktu 8 minggu. 
4. Mengontrol kadar gula darah 
Manfaat penting lainnya dari sikap lilin ialah dapat membantu kita mengontrol penyakit diabetes tipe 2.
Hal ini juga disampaikan di dalam jurnal Endocrinology and Metabolism yang menyatakan bila gerakan sikap lilin yang masuk ke dalam latihan yoga ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah kita serta mengurangi risiko terkena komplikasi diabetes. 
Itu adalah 4 manfaat melakukan gerakan sikap lilin yang perlu kita ketahui. Mulai sekarang, yuk, jangan malas berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, mulailah dengan gerakan-gerakan sederhana seperti sikap lilin. Mari, kita jalani hidup sehat. 
Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.