Meningkatkan Ketertarikan Siswa pada Olahraga dengan Metode LT dan IT – RADAR SEMARANG

“Catur Kumba Mahosadhi” ISI Denpasar Padukan Artistik Tradisi hingga Teknologi – BALIPOST.com
Juni 14, 2022
Tes Kepribadian: Pilih Kartu Ini dan Temukan Pesan yang Disimpan untuk Momen Hidup Anda – Bogor 24 Update – Bogor 24 Update
Juni 14, 2022
Show all

Meningkatkan Ketertarikan Siswa pada Olahraga dengan Metode LT dan IT – RADAR SEMARANG

Oleh: Kristiningsih, S.Pd
RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) merupakan mata pelajaran yang disukai peserta didik. Mulai tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Tapi di masa pandemi ketika pembelajaran dilakukan secara daring sangat sulit untuk pembelajaran maksimal. Khusus pelajaran PJOK. Sebab, pembelajaran PJOK umumnya dilaksanakan secara berkelompok di luar ruangan dengan instruktur langsung. Kondisi ini menjadi tantangan bagi semua guru tak terkecuali PJOK dalam mengelola proses pembelajaran agar terlaksana baik, tujuan pembelajaran tercapai dan proses pembelajaran menyenangkan.
Di kelas 5 SDN Kasimpar dalam pembelajaran materi Ketangkasan sebagian siswa trauma melakukan senam ketangkasan. Sebab, mereka pernah trauma dengan terpeleset dan tangan memar. Selain itu kurangnya sarana prasarana, kurang tertariknya peserta didik belajar dan guru masih mengajar dengan asal-asalan.
Penulis menerapkan metode dan strategi supaya peserta didik bisa menerima materi dengan cepat. Yaitu dengan metode Latihan Terbimbing. Metode latihan terbimbing adalah teknik yang paling umum dalam proses pembelajaran PJOK. Di mana siswa dituntun dengan berbagai cara melalui pemberian variasi gerak. Tujuan yang paling utama adalah mengurangi kesalahan serta memastikan pola gerak tepat sudah dilakukan.
Di sini siswa perlu dibantu, baik langsung oleh guru atau dengan pemakaian alat. Agar pembelajaran permainan tenis meja menarik maka guru memberikan reward kepada siswa yang bermain baik. Sedangkan strategi yang digunakan adalah Pengajaran Interaktif (Interactive Teaching). Guru memberitahukan, menunjukkan, atau mengarahkan sekelompok anak tentang apa yang harus dilakukan; lalu siswa melakukannya; dan guru mengevaluasi seberapa baik hal itu dilakukan dan mengembangkan isi pelajaran lebih jauh, guru mengontrol proses pengajaran. Biasanya seluruh kelas bekerja pada tugas yang sama atau dalam kerangka tugas sama.
Penerapan metode Latihan Terbimbing dan Interaktif Teaching di SDN Kasimpar dapat membiasakan siswa menirukan/ mempraktikkannya. Peserta didik juga dapat melakukan ketangkasan dan kemahiran dalam melakukan sesuatu sesuai yang dipelajari. Dengan metode ini dapat memberikan kesempatan siswa untuk lebih memperdalam kemampuan secara spesifik. Dapat menambah kesiapan siswa dan meningkatkan kemampuan respon yang cepat. (cd4/fth)
Guru PJOK SDN Kasimpar Kec. Petungkriyono Kab. Pekalongan
2016-2022 – PT. SEMARANG INTERMEDIA DIGITAL
© Powered by [ap]

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *