Olahraga adalah Investasi Kita di Masa Tua – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Meeting Hybrid Lebih Efisien, Ini Solusi Teknologi yang Bisa Diandalkan – Suara.com
Juni 14, 2022
40 pengelola desa wisata dapat pelatihan – ANTARA Jogja
Juni 14, 2022
Show all

Olahraga adalah Investasi Kita di Masa Tua – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Haii ..salam kenal! Aku Widi Zulfiya, mahasiswi Universitas Airlangga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Aku suka kulineran, dan menonton film
Selanjutnya
Tutup
Apa aja sih biasanya olahraga yang sering dilakukan? Dimana biasanya kamu melakukan olahraga? Kesehatan merupakan kebutuhan penting untuk manusia. Memulai sejak dini dengan percaya diri untuk tetap sehat adalah langkah bijak untuk berinvestasi di masa tua. Semua individu  berusaha mencapai  kesehatan yang diinginkan dengan berinvestasi atau menggunakan beberapa produk dan layanan kesehatan. Dengan tubuh yang sehat serta bugar tentunya kita akan lebih leluasa beraktivitas serta lebih produktif. Ini pada akhirnya akan menguntungkan kita dengan meningkatkan jumlah aktivitas atau karya yang diciptakan. Juga, jika kita mulai dari usia muda, kita tidak akan cepat merasa capek atau sakit di masa tua nantinya. Sehingga apa yang telah kita capai dapat dirasakan serta dinikmati di usia tua, sekitar umur 50 hingga 60 tahun ke atas.
Kurangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan yang baik akan menimbulkan berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari di kemudian hari. Tetapi, bukannya hidup sehat itu mahal? yang mengharuskan membayar biaya gym serta membeli pre-workout? Jangan khawatir, jika kita ingin hidup sehat tidak harus ke gym untuk berolahraga. Kita juga bisa berolahraga dirumah dengan bahan yang sudah ada loh.
Berikut tips yang dapat saya berikan, untuk menjaga kesehatan di masa depan;

1. Sarapan

Siapa nih yang sampai sekarang nge-skip sarapan? sebetulnya jika kita tidak sarapan itu tidak baik loh. Sarapan itu istilahnya seperti kunci berinvestasi kita untuk memulai kegiatan kita. Yang pasti dengan menu makanan yang sehat atau bergizi juga. Untuk melakukan kegiatan dengan lancar serta penuh dengan konsentrasi, sarapan pagi sangat amat disarankan. Jika kalian merasa sarapan pagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena cukup menyita banyak waktu untuk mempersiapkannya. Kita bisa mengakali dengan sarapan pagi menggunakan roti yang kalian suka, seperti sandwich contohnya.
2. Rutin Berolahraga
Berolahraga dapat membuat tubuh kita mengeluarkan keringat, yang pasti itu menyehatkan. Olahraga akan membuat kita merasa rileks, serta menghilangkan rasa penat. Seperti yang sudah saya singgung diatas, olahraga atau untuk menjaga kesehatan dengan olahraga, kita tidak harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar tempat gym serta membeli pre-workout. Dengan berenang, berlari pagi, ataupun bersepeda akan memperlancar aliran darah, serta mengurangi lemak jahat pada tubuh kita. Dengan cara meluangkan waktu sekitar 15-20 menit setiap harinya, sudah bisa sebagai berinvestasi tubuh sehat di masa tua. Tak hanya itu, setelah berolahraga kita tidak boleh lupa untuk minum air mineral yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

3. Istirahat yang Cukup
Rata-rata waktu tidur yang dianjurkan yaitu sekitar 7 sampai 8 jam perharinya. Setelah kita beraktivitas dari pagi hingga sore atau malam, tidurlah jika bisa dari jam 9 atau 10 malam. Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar yang seharusnya tercukupi. Kurangnya tidur dapat membuat kita lemah akan fungsi tubuh kita, merasa kurangnya energi, juga dapat mengurangi rasa nafsu makan kita. Aktivitas ini juga merupakan salah satu bentuk kita berinvestasi kesehatan yang istilahnya paling mudah untuk dilakukan.
Referensi:
https://ciputrahospital.com/menjaga-kesehatan-investasi-masa-depan/
Wisana, I. D. G. K. (2001). kesehatan-sebagai-suatu-investasi.pdf.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *