Olahraga Jalan Kaki Bisa Kurangi Nyeri Lutut Hingga 40 Persen – Republika Online

Bali jadi tuan rumah World Beach Games 2023 – ANTARA Bangka Belitung
Juni 11, 2022
Aggaran KPPPA untuk tangani isu perempuan-anak – ANTARA Jogja
Juni 11, 2022
Show all

Olahraga Jalan Kaki Bisa Kurangi Nyeri Lutut Hingga 40 Persen – Republika Online

Saturday, 12 Zulqaidah 1443 / 11 June 2022
Saturday, 12 Zulqaidah 1443 / 11 June 2022

Jumat 10 Jun 2022 18:59 WIB
Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga jalan Kaki (ilustrasi). Studi mengungkap olahraga jalan kaki mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk memperlambat kerusakan yang terjadi di dalam sendi, mengurangi nyeri lutut.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nyeri lutut bisa dikaitkan dengan banyak penyebab. Salah satu yang paling umum adalah osteoarthritis, yakni suatu kondisi yang menyebabkan persendian menjadi nyeri dan kaku.
Hingga kini, belum ada obat yang diketahui untuk osteoartritis. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa olahraga yang sederhana bisa mengurangi nyeri lutut osteoarthritis.
Dalam studi yang dipublikasikan di Arthritis & Rheumatology, para peneliti di Baylor College of Medicine menemukan bahwa olahraga jalan kaki dapat mengurangi nyeri lutut baru yang sering terjadi pada individu berusia 50 tahun ke atas, yang didiagnosis menderita osteoarthritis lutut. Selain itu, temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga jalan kaki mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk memperlambat kerusakan yang terjadi di dalam sendi.
“Sebelum studi ini ada, terdapat kekurangan perawatan yang kredibel yang memberikan manfaat untuk membatasi kerusakan dan mengurangi rasa sakit pada osteoartritis,” kata dokter Grace Hsiao-Wei Lo, kepala rheumatologi di Michael E DeBakey VA Medical Center sekaligus penulis pertama studi, seperti dilansir laman Express.co.uk, Jumat (10/6/2022).
Untuk studi ini, para peneliti memeriksa hasil inisiatif osteoarthritis, sebuah studi observasional multi-tahun di mana peserta melaporkan sendiri jumlah waktu dan frekuensi melakukan olahraga jalan kaki. Peserta yang melaporkan 10 kali atau lebih latihan di usia 50 tahun diklasifikasikan sebagai “pejalan kaki” dan mereka kurang dari 10 kali latihan diklasifikasikan sebagai “bukan pejalan kaki”.
Mereka yang melaporkan berjalan kaki untuk olahraga mengalami penurunan 40 persen kemungkinan nyeri lutut baru. Menurut Lo, temuan ini sangat berguna bagi orang yang memiliki bukti radiografi osteoartritis, tetapi tidak mengalami nyeri setiap hari di lutut mereka.
“Studi ini mendukung kemungkinan bahwa berjalan untuk olahraga dapat membantu mencegah timbulnya nyeri lutut setiap hari. Ini mungkin juga memperlambat memburuknya kerusakan di dalam sendi akibat osteoarthritis,” kata dr Lo.
Dr Lo mengatakan bahwa olahraga jalan kaki punya banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan kesehatan jantung dan penurunan risiko obesitas, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Orang yang didiagnosis dengan osteoarthritis lutut harus rutin olahraga jalan kaki, terutama jika mereka tidak mengalami nyeri lutut setiap hari.
Dapatkan Update Berita Republika
11 Manfaat Makan Kurma Setiap Hari
Mimpi Buruk Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Parkinson
Minum Soda Rutin Bisa Tingkatkan Risiko Demensia dan Stroke
Dalam Jangka Panjang, Anosmia Pengaruhi 6 Hal Ini dalam Kehidupan Seseorang
Studi: Benarkah Konsumsi Tuna dalam Jumlah Besar Meningkatkan Risiko Kanker Kulit Ganas?
Asia

Beijing membantah tudingan China tak sepenuhnya kooperatif dengan penyelidikan WHO.
Mozaik

Imam Syafii jelaskan sholat orang sakit.
Islam Nusantara

Harapan Kemenag atas transformasi lima IAIN menjadi UIN.
Destinasi

Ada sejumlah tempat wisata situs ziarah jamaah haji di Makkah dan Madinah.
Nasional Inpicture

Kampung Ciherang memiliki potensi wisata dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.
3 PHOTO
5 PHOTO
3 PHOTO
8 PHOTO
3 PHOTO
Sabtu , 11 Jun 2022, 00:30 WIB
Sabtu , 11 Jun 2022, 15:19 WIB
Phone: 021 780 3747
Fax: 021 799 7903
Email:
newsroom@rol.republika.co.id (Redaksi)
sekretariat@republika.co.id (Redaksi)
marketing@republika.co.id (Marketing)
Copyright © 2018 republika.co.id, All right reserved

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.