Pelatihan Teknologi Penunjang Pendidikan untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di SMP N 3 Kradenan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Menjadi Salah Satu Owner Holywings, Oh Segini Saham Milik Hotman Paris – SuaraSumsel.ID
Juli 2, 2022
Inovasi Bisnis Teknologi Percepat Transisi Digital Ekonomi – CNBC Indonesia
Juli 2, 2022
Show all

Pelatihan Teknologi Penunjang Pendidikan untuk Meningkatkan Kreativitas Guru di SMP N 3 Kradenan – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Mahasiswa UNS
Selanjutnya
Tutup

Oleh Dana Qurani S, Pendidikan merupakan suatu proses pemberian pengetahuan, keterampilan, maupun pendewasaan yang tak pernah usai sampai akhir hayat manusia. Di mana tingkat pendidikan menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kualitas Sumber Daya Manusia. 
Dalam pelaksanaannya, dinamika pendidikan harus seusai dengan perkembangan zaman agar output dari pendidikan mampu menghadapi tantangan di masa mendatang baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.

Salah satu bentuk perkembangan pendidikan pada saat ini ialah adanya pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) yakni pembelajaran yang menerapkan gabungan sistem pendidikan dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi dan konten tertentu. 

Dalam hal ini guru tidak lagi dituntut untuk menggunakan bahan ajar cetak seperti buku maupun modul, namun guru dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran berbasis teknologi seperti video pembelajaran, slides presentasi, infografis, dan lain sebagainya. Sehingga guru harus dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran yang menarik dengan mencakup aspek-aspek pedagogi dan materi pembelajaran. 
Di tengah gempuran perkembangan teknologi, dalam bidang pendidikan pemanfaatan teknologi belum sepenuhnya dapat terimplementasikan. Di mana masih banyak ditemukan metode pembelajaran berbasis ceramah yang pada dasarnya kurang mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran maupun bahan ajar berbasis teknologi.
Adanya fenomena tersebut mendorong pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuat program Kampus Mengajar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan belajar di luar kelas dengan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan dasar. 

Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menerjunkan mahasiswa ke sekolah dasar baik SD maupun SMP untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terdapat pada sekolah sasaran. 
Pada Program Kampus Mengajar Angkatan ketiga, mahasiswa memiliki tugas pokok dan inti untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, serta membantu adaptasi teknologi dalam kegiatan pembelajaran. 
Di mana program ini merupakan program dalam ranah nasional yang menempatkan mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia termasuk di SMP Negeri 3 Kradenan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.
Tim yang terdiri dari empat orang mahasiswa yakni Dana Qurani S (UNS), Nanda Argi Noer F (UNS), Haidar Mushthofa (UNNES), dan Nunes Aghniza (STMIK Widya Pratama) bekerja sama untuk membentuk program kerja yang akan dilaksanakan dalam kegiatan Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Kradenan dalam periode Maret hingga Juni 2022. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.