Pentingnya Matematika Bagi Generasi Muda untuk Menghadapi Kemajuan Teknologi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Pengaruh Media Sosial bagi Kehidupan Manusia, Salah Satunya Soal Kesehatan Mental – Pikiran Rakyat Depok – Pikiran Rakyat Depok
Juni 19, 2022
Jenis-jenis Olahraga yang Aman dan Sehat untuk Tulang Belakang – Bola.com
Juni 19, 2022
Show all

Pentingnya Matematika Bagi Generasi Muda untuk Menghadapi Kemajuan Teknologi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

mencari jati diri
Selanjutnya
Tutup
PENTINGNYA MATEMATIKA BAGI GENERASI MUDA UNTUK MENGHADAPI KEMAJUAN TEKNOLOGI
Matematika adalah ilmu universal yang menjadi salah satu faktor pesatnya perkembangan teknologi di era modern ini. 
Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagian besar dikarenakan perkembangan dari matematika juga, contohnya di bidang teori bilangan, aljabar, teori peluang, matematika diskrit, dan analisis. 

Supaya dapat menguasai bahkan menciptakan teknologi baru di masa depan tentu diperlukannya penguasaan matematika sejak dini. Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai obyek berupa asbtrak. 

Dengan sifat abstraknya ini kerap kali menjadi permasalahan bagi anak-anak untuk memahami matematika. Dikarenakan ilmu matematika merupakan ilmu abstrak, untuk itu diperlukannya kemampuan analisis. 
Oleh karena itu mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik untuk membekali diri dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, kreatif, dan kemampuan untuk bekerja sama.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diwajibkan disetiap jenjang pendidikan, baik dari TK, SD, SMP, SMA. Bahkan di kelas PIAUD sudah dikenalkan bentuk-bentuk angka sebagai awal pengenalan simbol-simbol matematika. 

Siswa SMA yang melanjutkan studynya ke jenjang perkuliahan dengan sengaja memilih program studi selain matematika, ternyata mereka juga mendapatkan mata kuliah wajib matematika meskipun hanya diawal semester. Hal tersebut menunjukkan bahwa matematika itu mata pelajaran wajib disetiap jenjang pendidikan. 
Matematika menurut Soedjadi (1999, p. 138) adalah salah satu ilmu dasar, baik aspek terapannya maupun aspek penalarannya mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya menguasai ilmu dan teknologi. 
Kline juga mengatakan bahwa matematika itu bukan ilmu pengetahuan yang tunggal yang dapat sempurna dengan dirinya sendiri, melainkan matematika hadir untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alam. Ilmu matematika juga dapat diterapkan untuk memahami ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, ekonomi, farmasi, kedokteran, arsitektur, dan teknik.
Dengan diwajibkannya ilmu matematika disetiap jenjang pendidikan bukan tanpa alasan yang mendasar, yaitu diharapkan dengan adanya pengetahuan matematika bahkan banyak pemuda yang suka dengan matematika akan menciptakan bibit unggul pemuda yang mempunyai banyak potensi diri. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *