Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Thailand U-23 di SEA Games 2021: Asnawi Mangkualam Absen, Elkan Baggott Batal Hadir – Bola Okezone
Juni 9, 2022
Asisten Shin Tae-yong Bicara Progress Timnas Indonesia U-19 yang akan Tampil di Toulon Cup 2022 – Bola.net
Juni 9, 2022
Show all

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Hallo selamat datang
Selanjutnya
Tutup
Masalah kesehatan mental di indonesia tergolong masih sangat tinggi terutama dikalangan mahasiswa karena pada masa memasuki perkuliahan terkadang menjadi masa masa yang tidak mudah bagi sebagian mahasiswa. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mahasiswa saat ini rentan sekali mengalami gangguan mental. 
Peralihan pembelajaran online menjadi offline juga menuntut mahasiswa untuk bisa beradaptasi. Masalah kesehatan mental dikalangan mahasiswa tentunya bukan masalah yang jarang ditemukan, melainkan sangat sering terjadi contohya mahasiswa sering mengalami depresi karena kurangnya management dalam mengatur waktu anatra bermain dan kuliah, insomnia yang sering terjadi pada mahasiswa yang disebabkan oleh kurangnya waktu dalam beristirahat yang berdampak buruk bagi kesehatan otak, kemudian rasa cemas berlebihan yang dapat menyebabkan gangguan fisik hingga risiko penyakit jantung.
Kesehatan mental merupakan suatu keadaan yang berkembang secara fisik , sisi intelektual dan sisi emosional yang terjadi pada seseorang serta semakin berkembang seiring dengan terjadinya keselarasan dan adanya bentuk penyesuaian diri antar manusia dengan dirinya sendiri bahkan antar manusia dengan lingkungannya. 

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang bisa disebut sehat secara mental, apabila ia mampu menyadari kemampuannya, menangani stres dalam kehidupan sehari-harinya, bekerja dengan produktif, serta berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya.  

Terkadang saat kesehatan mental mahasiswa terganggu maka akan berdampak pada aktivitas sehari hari. Kesehatan mental pda mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor genetika, keluargaa, pertemanan, gaya hidup, sosial dan berbagai faktor lainnya. Faktor faktor tersebut dapat mempengaruhi mahasiswa secara positif maupun negatif. 
Akan tetapi masih banyak mahasiswa yang tidak menyadari dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari faktor faktor tersebut sehingga mereka lupa akan kesehata mental mereka.
Menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa sangatlah penting karena dapat menciptakan pandangan yang positif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Karena kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan fisik, seorang dengan mental yang sehat lebih mampu untuk sembuh dari penyakit. Adapun cara menjaga dan mengatasi kesehatan mental bagi mahasiswa yaitu sebagai berikut.

Mengatur atau mengatasi stres
Mahasiswa seringkali mengalami cemas dan stres yang bersumber dari aktivitas akademiknya. Maka dari itu kita harus bisa mengatur kecemasan dan mengatasi stres degan cara tidak membebani diri sendiri. Kita bisa mengatur waktu antara mengerjakan tugas kuliah, bermain dan beristirahat. 
Rasa cemas adalaha hal yang wajar bagi setiap orang, kita harus menyadari bahwa rasa cemas tidak hanya kita yang mengalami melainkan semua orang. Pada dasarnya setiap orang punya cara yang berbeda untuk mengatasi rasa cemasnya.
Pola hidup sehat

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.