Pentingnya Peran Teknologi Digital dalam Sebuah Bisnis di Era Revolusi Industry 4.0 – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Kantongi Restu Pemerintah, Masa Karantina Skuad Timnas Indonesia 'Disunat' Jadi 5 Hari – Bola.net
Juni 15, 2022
Kabar Terbaru 2 Pemain PSIM Yogyakarta yang Cedera – JPNN.com Jogja
Juni 15, 2022
Show all

Pentingnya Peran Teknologi Digital dalam Sebuah Bisnis di Era Revolusi Industry 4.0 – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Saya adalah mahasiswa universitas airlangga
Selanjutnya
Tutup
Masuknya era revolusi industry 4.0 menyebabkan banyak sector bisnis yang harus menyesuaikan diri dengan digitalisasi teknologi. Semakin hari teknologi semakin menunjukkan eksistensinya termasuk dalam sector bisnis. Pada saat ini dapat kita lihat banyaknya aplikasi online shop serta banyaknya pengguna jasa online shop dalam berbelanja karena dianggap lebih efisien karena konsumen tidak perlu pergi dating ke mall ataupun swalayan untuk berbelanja, cukup dengan meng-klik di handphone untuk membeli suatu barang dan barang tersebut akan diantar kerumah tanpa perlu dating ke tempat. Sehingga pada saat ini seorang pebisnis harus mau untuk beradaptasi dengan teknologi digital dalam memasarkan bisnis mereka.
Lalu mengapa adaptasi terhadap teknologi digital diperlukan pada sebuah bisnis?
Pada era revolusi industry 4.0 ini teknologi digital memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan menerapkan teknologi digital dalam sebuah bisnis  dapat meningkatkan daya saing sebuah bisnis di dalam sebuah persaingan bisnis di era revolusi industry 4.0. selain itu, penerapan teknologi digital kedalam sebuah bisnis juga dapat memberikan dampak berupa efisiensi dalam biaya operasional. Dapat diambil contoh pada perusahaan manufaktur pada saat ini telah banyak menggunakan mesin dan robot yang dapat bekerja hanya dikontrol dengan satu operator melalui sebuah sistem digital berupa  Manufacturing Automation Software yang mana hal ini dianggap efisien karena tidak memerlukan banyak biaya untuk membayar pegawai. Selain efisiensi dalam penerapan operasional, adanya teknologi digital juga membantu dalam segi pemasaran / marketing. Dapat kita lihat pada saat ini banyak juga bisnis yang memasarkan dan mempromosikan barang mereka melalui media internet, e-commmerce, dan juga sosial media. Hal ini juga dapat memberikan efisiensi bagii promosi barang karena tidak perlu lagi membuat brosur daan mneyebarkannya, cukup dengan mempromosikan melalui sosial media official dari bisnis mereka. Selain dari segi pemasaran dan operasional, teknlogi digital juga memiliki peranan penting terhadap data sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan data memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan untuk bisa mengambil sebuah keputusan secara benar dan cepat. Namun, data data perusahaan tersebut biasanya tersebar di berbagai divisi dalam sebuah perusahaan sehingga sulit diakses dengan cepat apalagi jjika tempat penyimpanan data berbeda dengan tempat pengaksesan data. Namun, jika perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi digital berupa Enterprise Resource Planner (ERP), maka data tersebut akan disimpan kedalam satu sistem cloud. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini data lebih mudah dan lebih cepat diakses oleh sebuah perusahan dan meningkatkan efisiensi dari psoses pengambilan dan analisis dari sebuah data.
Dari beberapa pemaparan tentang pentingnya teknologi digital dalam sebuah bisnis seperti yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa, teknologi digital memiliki peranan yang penting dalam menggerakkan sebuah bisnis karena dinilai lebih efektif dan efisien. Serta dengan adanya d=teknologi digital juga dapat memberikan efisiensi dalam segi produksi karena tidak perlu menggunakan banyak pegawai untuk mengoperasikannya.Masuknya era revolusi industry 4.0 menyebabkan banyak sector bisnis yang harus menyesuaikan diri dengan digitalisasi teknologi. Semakin hari teknologi semakin menunjukkan eksistensinya termasuk dalam sector bisnis. Pada saat ini dapat kita lihat banyaknya aplikasi online shop serta banyaknya pengguna jasa online shop dalam berbelanja karena dianggap lebih efisien karena konsumen tidak perlu pergi dating ke mall ataupun swalayan untuk berbelanja, cukup dengan meng-klik di handphone untuk membeli suatu barang dan barang tersebut akan diantar kerumah tanpa perlu dating ke tempat. Sehingga pada saat ini seorang pebisnis harus mau untuk beradaptasi dengan teknologi digital dalam memasarkan bisnis mereka. 
Lalu mengapa adaptasi terhadap teknologi digital diperlukan pada sebuah bisnis?
Pada era revolusi industry 4.0 ini teknologi digital memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan menerapkan teknologi digital dalam sebuah bisnis  dapat meningkatkan daya saing sebuah bisnis di dalam sebuah persaingan bisnis di era revolusi industry 4.0. selain itu, penerapan teknologi digital kedalam sebuah bisnis juga dapat memberikan dampak berupa efisiensi dalam biaya operasional. Dapat diambil contoh pada perusahaan manufaktur pada saat ini telah banyak menggunakan mesin dan robot yang dapat bekerja hanya dikontrol dengan satu operator melalui sebuah sistem digital berupa  Manufacturing Automation Software yang mana hal ini dianggap efisien karena tidak memerlukan banyak biaya untuk membayar pegawai. Selain efisiensi dalam penerapan operasional, adanya teknologi digital juga membantu dalam segi pemasaran / marketing. Dapat kita lihat pada saat ini banyak juga bisnis yang memasarkan dan mempromosikan barang mereka melalui media internet, e-commmerce, dan juga sosial media. Hal ini juga dapat memberikan efisiensi bagii promosi barang karena tidak perlu lagi membuat brosur daan mneyebarkannya, cukup dengan mempromosikan melalui sosial media official dari bisnis mereka. Selain dari segi pemasaran dan operasional, teknlogi digital juga memiliki peranan penting terhadap data sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan data memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan untuk bisa mengambil sebuah keputusan secara benar dan cepat. Namun, data data perusahaan tersebut biasanya tersebar di berbagai divisi dalam sebuah perusahaan sehingga sulit diakses dengan cepat apalagi jjika tempat penyimpanan data berbeda dengan tempat pengaksesan data. Namun, jika perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi digital berupa Enterprise Resource Planner (ERP), maka data tersebut akan disimpan kedalam satu sistem cloud. Sehingga dengan menggunakan teknologi ini data lebih mudah dan lebih cepat diakses oleh sebuah perusahan dan meningkatkan efisiensi dari psoses pengambilan dan analisis dari sebuah data.

Dari beberapa pemaparan tentang pentingnya teknologi digital dalam sebuah bisnis seperti yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa, teknologi digital memiliki peranan yang penting dalam menggerakkan sebuah bisnis karena dinilai lebih efektif dan efisien. Serta dengan adanya d=teknologi digital juga dapat memberikan efisiensi dalam segi produksi karena tidak perlu menggunakan banyak pegawai untuk mengoperasikannya.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *