Peran Teknologi terhadap Perkembangan Ekonomi Kreatif – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Meski Gagal Total di MotoGP 2022, Andrea Dovizioso Tak Pernah Berpikir Tampil di WSBK – Okezone Sports
Juni 18, 2022
Berita Transfer: Bayern Konfirmasi Kedatangan Mane, Liverpool Akan Beri Restu – Kompas.com – Kompas.com
Juni 18, 2022
Show all

Peran Teknologi terhadap Perkembangan Ekonomi Kreatif – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Selanjutnya
Tutup
ekonomi kreatif – merupakan konsep ekonomi baru. Konsep ini melibatkan informasi dan kreativitas, serta mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi utama. 
Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang fokus utamanya adalah pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama yang berpotensi besar dalam pergerakan suatu ekonomi. Pada implementasinya Ekonomi Kreatif mengandalkan ide-ide kreatif dan Kreativitas dari Sumber daya manusia.Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia saat ini sedang menjadi fokus utama pemerintah dan diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat pengembangan UMKM yang ada di Indonesia saat ini.
Saat ini pada era digitalisasi kemajuan Teknologi menjadi salah satu wadah yang menguasai pasar, Dimana semua aktivitas, kreativitas dan informasi mudah di akses dan diketahui, Dengan lajunya kemajuan teknologi tersebut juga semakin mendorong para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk lebih produktif dalam mengembangkan usaha-usaha mereka. Saat ini Ekonomi Kreatif menjadi peluang baru bagi masyarakat dan pemerintah sebagai suatu usaha dalam peningkatan dan pembangunan ekonomi untuk kedepannya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ekonomi kreatif diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan. Sandiaga mengatakan potensi ekonomi kreatif sebagai salah satu alternatif sumber ekonomi baru. Ia juga mengingatkan pentinganya sinergi dan kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif.

Saat ini Teknologi menjadi sarana utama bagi pelaku usaha kreatif dalam mengembangkan suatu produk usaha, pada gempuran era digital saat ini Media online menjadi salah satu wadah yang kerap dimanfaatkan sebagai tempat pemasaran produk baik pemasangan iklan,promosi bahkan penjualan secara langsung yang dilakukan oleh para pelaku usaha bisnis kreatif. 
Banyaknya Pelaku usaha kreatif yang memanfaatkan Teknologi memberikan dampak yang baik bagi kemajuan teknologi itu sendiri, inovasi baru yang slalu dilakukan serta ide-ide kreatif yang di kemas serta diolah menjadi suatu peluang usaha dalam mengembangkan kreativitas menjadi suatu tantangan menarik dalam dunia bisnis saat ini, Karena pelaku usaha bisnis kreatif saat ini bisa di akses oleh semua pihak manapun tanpa adanya batas ruang dan waktu sebagai syarat dalam mengembangkan bisnis ekonomi kreatif yang berbasis teknologi sebagai wadah pemasaran.
Keuntungan bisnis Ekonomi Kreatif berbasis teknologi

1. Bisnis mudah di lakukan 
Sekarang ini Bisnis dilakukan secara luas dengan pemanfaatan teknologi melalui media online, bisnis mudah dilakukan dan akses bisnispun bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa pandangan usia, status, ataupun gelar bagi yang ingin mencoba membuka peluang usaha melalui ekonomi kreatif.
2. Terbukanya lapangan kerja
Bukan hanya menguntungkan pelaku bisnis kreatif saja, tapi ekonomi kreatif berbasis teknologi juga membuka peluang lapangan kerja bagi tenaga-tenaga ahli yang berkompeten yang dibutuhkan sesuai bidangnya dalam melakukan pengembangan bisnis kreatif.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.