Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Budaya Literasi di Indonesia – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Pilates Jadi Salah Satu Opsi Olahraga untuk Bantu Atasi Migrain – CNN Indonesia
Juni 8, 2022
Demi Asuransi Rp 3 Miliar, Kawasaki KLX150 Ditabrak Toyota Fortuner Hingga Nyebur Kalimalang, Begini Kronologinya – Gridoto
Juni 8, 2022
Show all

Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Budaya Literasi di Indonesia – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Sampurasun sadayana!! Halo semuanya, selamat membaca, semoga bermanfaat…
Selanjutnya
Tutup
Indonesia merupakan negara yang menempati urutan ke-4 dalam daftar jumlah penduduk terbanyak di dunia. Selain itu, Indonesia juga termasuk negara berkembang salah satunya dalam perkembangan bidang teknologi. Perkembangan teknologi informasi di dunia terutama di Indonesia sudah sangat berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Karena hal tersebut, teknologi akan menjadi sesuatu yang terpenting dalam kehidupan.
Indonesia memang termasuk ke dalam negara yang berkembang, namun Indonesia juga termasuk ke dalam negara yang memiliki minat baca yang rendah di dunia.

Minat membaca di Indonesia berada pada urutan ke-60 di dunia terkait dengan minat membaca dan hanya satu tingkat di atas Botswana, salah satu negara di Afrika yang berada pada urutan ke-61. Padahal membaca itu merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, dengan banyak membaca kita dapat menambah ilmu pengetahuan. 

Tidak hanya dalam hal menambah ilmu pengetahuan, membaca juga mampu meningkatkan kemampuan literasi dan kemampuan dalam hal berbicara. 
Semua orang sudah tahu akan manfaat yang didapat, namun masih saja ada sifat malas untuk membaca. 
Kurangnya budaya literasi di Indonesia ini pastinya merugikan negara kita sendiri, karena dengan minimnya minat membaca, akan menimbulkan banyak dampak negatif yang muncul dalam sebuah negara salah satu contohnya masyarakat tidak akan bisa mengetahui perkembangan teknologi dunia yang membuat bangsa Indonesia mengalami ketertinggalan dengan negara lain.

Kurangnya minat masyarakat Indonesia terhadap literasi bukan sepenuhnya tanggung jawab pemerintah namun dalam hal ini merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah sudah melakukan banyak sekali upaya dalam meningkatkan minat baca di Indonesia. 
Oleh karena itu, peran serta masyarakat dalam hal meningkatkan budaya literasi di Indonesia sangat dibutuhkan. Bahkan di Indonesia sendiri sudah banyak komunitas yang didirikan untuk meningkatkan budaya literasi seperti perpustakaan keliling, pameran buku, rumah literasi Indonesia, taman baca dan lain sebagainya.
Maka dengan adanya teknologi yang sudah berkembang di Indonesia ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, terutama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia agar minat membaca di Indonesia semakin maju dan bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia.
Saat ini mulai banyak platform yang menjadi media untuk membuat karya tulis dan bisa diakses atau dilihat melalui internet.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.