Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Khedira Diisukan ke Persija, Israel Bisa Main di Indonesia – CNN Indonesia
Juni 30, 2022
Cerita dari Gegerbitung Sukabumi, Awal Terbongkarnya Kebun Ganja di Gunung Karuhun – Sukabumi Update
Juni 30, 2022
Show all

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Hobi membaca
Selanjutnya
Tutup
Definisi
Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia.
Sedangkan pendidikan menurut Manuel Castells ialah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

Berbicara mengenai teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Baru-baru ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi hal yang sangat ramai diperbincangkan karena peranannya yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari anak kecil hingga orangtua baik disadari maupun tidak mereka bergantung pada TIK. Karena selama peradaban manusia masih ada, maka teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan.

Menurut sejarah, TIK sudah dikenal manusia sejak beratus-ratus abad yang lalu. Bahkan sejak manusia diciptakan di muka bumi inipun, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi menggunakan simbol-simbol dan pemerintahan. Semakin kesini, TIK semakin berkembang, sehingga jarak dan waktu seolah tidak lagi menjadi sebuah penghalang dalam berkomunikasi.
Dampak Perkembangan Teknologi
Dampak positif dari perkembangan teknologi adalah masyarakat menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, dan media sosial sehingga mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi dengan mudah. 

Namun apabila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini dapat menyebabkan orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Sehingga kebanyakan orang akan lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya daripada berkomunikasi dengan orang disekitarnya secara langsung.
Terkadang kemajuan teknologi yang semakin pesat pun membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat berkomunikasi dengan lawan bicaranya.
Di saat semua orang sibuk dengan teleponnya, mereka akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, sehingga mereka tidak sadar bahwa mereka sedang membuang- buang waktu untuk hal yang tidak penting. Dengan banyaknya pengguna sosail media dan pengakses internet, hal ini membuktikan bahwa masyarakat di Indonesia lebih suka berinteraksi dan bergaul secara virtual dengan pengguna media sosial dan internet yang lainnya.
Secara khusus untuk Indonesia, kemajuan teknologi sangat berdampak terhadap berbagai aspek, diantaranya yaitu aspek ekonomi dan juga sosial. Berdasarkan data dari kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), salah satu dari jajaran Menteri Republik Indonesia menyatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya terbanyak mengakses Internet di dunia.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *