Perkembangan Teknologi terhadap Proses Pembelajaran Matematika – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Cara Luna Maya Menerapkan Gaya Hidup Sehat, Dimulai dari Kebiasaan! – Popmama.com
Juni 19, 2022
Pembukaan Pekan Olahraga Dusun II Sukadami Cikarang Selatan – Koran Perdjoeangan
Juni 19, 2022
Show all

Perkembangan Teknologi terhadap Proses Pembelajaran Matematika – Kompasiana.com – Kompasiana.com

Mahasiswa UIN Walisongo
Selanjutnya
Tutup
Pada sistem pembelajaran di Indonesia saat ini banyak mengalami perubahan, baik dari kurikulum maupun dari teknologinya. Hal tersebut terjadi karena pada zaman era globalisasi ini berkembang sangat pesat, misalnya saja seperti pada bidang pendidikan. 
Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang mengglobal sangat mempengaruhi dari segala aspek kehidupan, tidak lain juga dalam dunia pendidikan yang mempunyai peran sangat penting, baik dari segi proses maupun pembelajarannya. 
Hal ini telah tertulis pada Undang-Undang No.20 tahun 2003 pasal 1 ayat 2, bahwa “Pendidikan nasional adalah pendidikan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dasarnya adalah pada nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan zaman”.

Peran teknologi tidak hanya tertulis dalam Undang-Undang saja, namun juga terdapat dalam Alquran dan Hadis shahih yang memuat tentang teknologi dan sains. Di dalam Alquran terdapat pada Q.S. Al-Anbiya’ ayat 30:

Artinya: Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu yaitu suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tiada juga beriman?
Dari ayat di atas dijelaskan bahwa teknologi pendidikan dan pembelajaran merupakan dua anggota yang terikat satu sama lain, misalnya pembelajaran masih tetap berjalan walaupun tidak adanya pendidik sebagai alat untuk menyampaikan materi, melainkan dengan teknologi para peserta didik masih dapat mendapatkan ilmu yang sesuai dengan alokasi mereka, bahwasanya pembelajaran akan lebih efektif apabila ada media atau alat-alat yang mendukungnya seperti film atau video dan sebagainya. 
Tidak hanya itu saja, namun peran teknologi pendidikan bagi peserta didik sangat dibutuhkan, baik dalam memecahkan masalah yang bersifat mikro maupun makro.

Pada dunia pendidikan harus mau mengadakan pengalihan secara keseluruhan, artinya semua perangkat dalam sistem bidang pendidikan harus mempunyai peran dan menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan sistem pendidikan di Indonesia. 
Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang umum menjadi tidak umum. Teknologi pendidikan sering kali diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika atau peralatan teknis saja, padahal teknologi pendidikan di dalamnya memiliki pengertian yang sangat luas.
Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran sangatlah penting, khususnya pada pelajaran matematika. Matematika itu merupakan ilmu umum yang mencakup semua aspek kehidupan manusia. Matematika disebut juga ilmu inti yang mempunyai arti bahwa ilmu tersebut tidak bergantung kepada bidang ilmu lainnya atau ilmu yang menjadi dasar dari segala ilmu. Matematika adalah ratunya ilmu sekaligus pelayan ilmu.
 Sebagai ratu artinya matematika itu merupakan bentuk tertinggi dari logika. Sebagai pelayan, matematika itu tidak hanya memberikan sistem pengorganisasikan ilmu yang bersifat logis tetapi juga kebenaran-kebenaran dalam bentuk model matematik yang ada. 

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.