Peserta UTBK Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Lakukan Kecurangan – RDK FM UIN JAKARTA

Erick Thohir Disentil DPR Soal Formula E Hingga Disinggung Maju 2024 – KOMPASTV
Juni 9, 2022
Macam-Macam Mitos tentang Olahraga yang Sebaiknya Tak Dipercaya – Bola.com
Juni 9, 2022
Show all

Peserta UTBK Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Lakukan Kecurangan – RDK FM UIN JAKARTA

Ilustrasi peserta UTBK. Sumber foto: Pikiran-rakyat.com
Kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 tetap terjadi. Hari kedua seleksi tertulis pada Rabu (05/05) lalu, kecurangan peserta dengan teknologi digital dapat digagalkan panitia. Dalam pemantauan pelaksanaan UTBK di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pihaknya mendapat laporan empat peserta UTBK melakukan kecurangan saat pemeriksaan dengan pendekteksi logam metal detector. Empat siswa tersebut diketahui memiliki elektronik yang ditanam di tubuh yang dapat berkomunikasi dengan sistem.
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, semester empat, Anggi Febriani mengatakan, UTBK merupakan ujian yang sangat membutuhkan konsentrasi ekstra dan momen yang sangat sakral karena UTBK akan menentukan seseorang akan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau tidak.
“Kecurangan seperti yang dilakukan siswa tersebut sangatlah disayangkan dan sangat memalukan. Mereka sangat berambisi untuk masuk PTN namun memilih jalan yang sangat salah. Hal tersebut hanya membuat mereka menyesal dan tidak dapat PTN yang diinginkan,” ujarnya.
Dirinya menambahkan, dengan metode pemeriksaan yang telah dilakukan oleh pihak pengawas patut diikuti diseluruh tempat pelaksanaan UTBK karena kecurangan yang ada dapat terkendali dan dapat meminimalisir kecurangan saat proses pelaksanaan UTBK.
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Jurusan Manajemen, semester dua, Vira Aprilia menyatakan, para siswa yang melakukan kecurangan saat UTBK berlangsung sangatlah memalukan.
“Menggunakan teknologi yang ditanam di dalam tubuh tersebut sangat jelas bahwa pada zaman semaju sekarang teknologi semakin disalahgunakan dengan manusia. Sudah seharusnya teknologi dipergunakan untuk mempermudah namun tidak dengan mempermudah jalan yang salah,” tuturnya.
Dirinya menambahkan, sangat prihatin kepada siswa yang tidak melakukan kecurangan dan belajar mati-matian demi UTBK namun kalah dengan siswa yang melakukan kecurangan. Diharapkan hal tersebut dapat diatasi dengan bijak oleh para pengawas dan pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).
(Nazwa Rizqia Kamila)
 
Your email address will not be published. Required fields are marked *









©  2022 RDK FM UIN JAKARTA. Built using WordPress and the Mesmerize Theme

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.