PKM Pascasarjana USU: Sosialisasikan Produk Halal Untuk Peningkatan Gaya Hidup Halal – Waspada Online

Mahasiswa Desak Penegak Hukum Usut Dugaan Mark Up Alat Olahraga Kontingen Popda Lhokseumawe – Rakyat Aceh
Juni 21, 2022
CEK FAKTA: Benarkah Gunung Anak Krakatau Meletus Hebat Hari ini? – BeritaHits.ID
Juni 21, 2022
Show all

PKM Pascasarjana USU: Sosialisasikan Produk Halal Untuk Peningkatan Gaya Hidup Halal – Waspada Online

foto: istimewa
MEDAN, Waspada.co.id – Peneliti dan dosen Pascasarjana USU (Universitas Sumatera Utara) melakukan Sosialisasi Produk Halal Untuk Peningkatan Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle) pada pegawai di Sekolah Pascasarjana USU, beberapa waktu lalu.
Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Peneliti dan dosen yang terlibat dalam program pengabdian ini, yakni Dr. Ir. Meilita Tryana Sembiring ST MT IPM, Dr Ir Fatimah Batubara MT, Dr Ir Satia Negara Lubis MEc, dan Prof Dr Ir Hamidah Harahap MSc.
Perwakilan Peneliti, Dr Ir Meilita Tryana Sembiring ST MT, mengatakan mitra yang terlibat dalam pengabdian masyarakat ini adalah kelompok para pegawai yang berada di Sekolah Pascasarjana USU.
“Kelompok ini akan diberikan pemahaman dan kesadaran pentingnya penggunaan produk-produk halal baik berupa makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik untuk menunjang gaya hidup halal (halal lifestyle),” tutur Meilita.
Dengan kegiatan ini, kata Dr Meilita, kelompok mitra memiliki potensi untuk menjadi jalur pemutakhiran pelbagai fatwa dan produk yang telah memperoleh sertifikasi halal oleh LPPOM MUI.
Ia menyampaikan bahwa tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya kehalalan suatu produk baik makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
“Secara umum para anggota kelompok mitra para pegawai, tidak menyadari selama ini mereka ada mengkonsumsi produk baik berupa makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik yang tidak tersertifikasi halal. Hal ini dikarenakan, kurangnya pengetahuan para pegawai dalam mengenal dan mengidentifikasikan produk-produk halal,” terangnya.
“Solusi yang akan ditawarkan berupa jalinan kerja sama dengan stakeholder untuk memperkenalkan dan mengidentifikasikan produk-produk halal yang beredar di pasaran, melalui kegiatan-kegiatan resmi yang diadakan oleh LPPOM MUI,” katanya lagi.
Dalam penelitian ini, manfaat yang akan diperoleh berupa pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran kepada para pegawai Sekolah Pascasarjana USU atas penggunaan produk dan sertifikasi halal, dan meningkatkan peran aktif para mitra dalam pengawasan produk makanan dan minuman yang halal di lingkungan USU.
Selain itu, kegiatan sosialisasi mengenai produk dan sertifikasi halal ini berpotensi untuk menciptakan kenyamanan dalam penggunaan produk-produk halal di masyarakat. Dalam pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, tahapan identifikasi, sosialisasi dan pelaksanaan pelatihan kepada para pegawai.
“Pelatihan merupakan bagian penting dari kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan membagi kelompok mitra menjadi kelompok-kelompok kecil. Tujuannya untuk membuat kondisi yang fokus kepada peserta,” sambut Meilita.
“Hasil dari kegiatan ini akan dievaluasi bersama untuk memeriksa apakah para kelompok mitra sudah memahami pentingnya kehalalan suatu produk dan mampu membedakan produk halal dan produk yang tidak halal,” tutupnya. (wol/ari/d1)
Waspada Online adalah media online pertama di Sumatera Utara yang resmi berdiri pada 11 Januari 1997 bertepatan dengan HUT Harian Waspada ke-50 dengan tujuan utama melengkapi sistem informasi sebagai referensi utama di Medan, Sumatera Utara, dan Aceh.
Follow Us
Waspada Online © 2020 All right reserved.
Waspada Online © 2020 All right reserved.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.