Rencana Aneh PSSI Ganti STY di Timnas Indonesia – CNN Indonesia

Rangkuman Data Lengkap Seputar Prahara dan PHK di Dunia Startup Digital – Teknologi – Berita Terbaru Harga dan Spesifikasi Handphone, Info Fitur Smartphone, Komputer dan Laptop
Juni 19, 2022
Soal Jadwal Timnas Indonesia yang Padat 2022-2023, Ini Kata Marselino Ferdinan – Sport Tempo.co
Juni 19, 2022
Show all

Rencana Aneh PSSI Ganti STY di Timnas Indonesia – CNN Indonesia

Kepastian posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia ramai jadi perbincangan selama satu hari terakhir.
Ide itu dimunculkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada Selasa (7/6). Menurut Iriawan, Shin Tae Yong keteteran menukangi tiga tim nasional; senior, U-23, dan U-19 sekaligus.
Pernyataan yang dilontarkan Iriawan sah-sah saja. Namun disayangkan rencana itu diutarakan saat Timnas Indonesia tengah bersiap berjibaku merebut tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Pernyataan Iriawan berpotensi mengganggu fokus dan konsentrasi Witan Sulaeman dan kawan-kawan. Rencana mengganti Shin Tae Yong sebenarnya bisa dibicarakan kemudian, setelah Timnas Indonesia selesai berjuang melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.
Pernyataan kini sudah terlanjur dilontarkan dan spekulasi terkait pergantian posisi pelatih Timnas Indonesia semakin liar berkembang. Kini PSSI bakal ditunggu konsistensinya dalam menjalankan apa yang sudah dilontarkan oleh Iriawan.
Pertanyaan kemudian mengarah kepada siapa kandidat pengganti Shin Tae Yong di Timnas Indonesia. Tetapi sebelum ke sana, sebenarnya menarik melihat lebih jauh rencana PSSI untuk melakukan pergantian di posisi pelatih Timnas Indonesia.

Shin Tae Yong datang dengan reputasi sebagai pelatih kelas dunia. Dengan nama besar yang ia miliki, profil Shin Tae Yong jelas lebih cocok untuk tetap menukangi tim senior Merah Putih ketimbang timnas kelompok umur.
Tentu akan terasa aneh jika kemudian Shin Tae Yong digeser justru untuk fokus ke Timnas Indonesia U-19. Sedangkan posisi pelatih Timnas Indonesia justru diisi oleh pelatih yang curriculum vitae-nya kalah mentereng dari Shin Tae Yong.
Jika memang PSSI ingin Shin Tae Yong tidak keteteran maka pos yang paling tepat tentu tetap melatih Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu bisa rangkap jabatan melatih Timnas Indonesia U-23, atau opsi lainnya jabatan pelatih Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-20 diberikan kepada pelatih lain.
Posisi pelatih Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-20 bisa diberikan ke pelatih lokal atau mungkin dipegang oleh asisten Shin Tae Yong. Seperti yang terjadi saat ini di mana Dzenan Radoncic menukangi tim Garuda Nusantara di Toulon Cup.
Shin Tae Yong bisa tetap mendapat porsi di sana. Pelatih berusia 52 itu bisa bertindak sebagai pengawas atau melakukan supervisi untuk timnas kelompok umur. Beban kerjanya tentu berbeda dan tidak mengganggu fokusnya menukangi tim Garuda.
Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *