Seberapa Penting Medical Check Up? Ini Jawaban Pakar – iNews

Sabet Medali Emas di SEA Games 2021, Pemain Timnas Voli Putra Indonesia Ini Langsung Ditawari Main di Liga Vietnam – Okezone Sports
Juni 10, 2022
Sandy Walsh Yakin Timnas Indonesia Dapat Tembus Piala Asia, Ini Alasannya – Ligaolahraga.com
Juni 10, 2022
Show all

Seberapa Penting Medical Check Up? Ini Jawaban Pakar – iNews

iNews Network

MNC Network
JAKARTA, iNews.id Cek kesehatan secara berkala atau rutin melakukan medical check up adalah bagian dari gaya hidup sehat. Ini bisa menjadi tindakan pencegahan yang tentunya lebih baik daripada pengobatan.
Hal tersebut diungkapkan dr Komala Dewi, dokter sekaligus Ketua Kartini Perindo Jakarta Utara  dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Kamis (9/6/2022). 
Kali ini, podcast tersebut mengusung tema ‘Peduli Kesehatan Sejak Dini dengan Medical Check Up’. Dalam podcast tersebut, dia menjabarkan tentang betapa pentingnya medical check-up dilakukan sedini mungkin. 
“Medical check up itu untuk mengetahui (kondisi tubuh), sebelum terjadi (sakit), sudah diantisipasi. Jadi kita memang harus tahu apa yang ada di dalam tubuh kita,” kata dr Komala Dewi dikutip dari siaran langsung di YouTube Partai Perindo, Kamis (9/6/2022).
Dia menjelaskan, dengan medical check up, bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Sehingga, bila ada suatu penyakit, bisa segera ditangani oleh dokter atau mendorong pasien mengubah ke pola hidup yang lebih sehat.
“Jangan sampai sudah terjadi pengobatan, dan itu tentu menelan biaya yang lebih mahal (daripada melakukan medical check up),” ujarnya.
Di kesempatan yang sama, dr Komala Dewi juga membagikan tips-tips terkait apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan medical check up. Yaitu, mempersiapkan kondisi tubuh yang prima.
“Biasa saja persiapannya. Tidur yang cukup, menjaga kesehatan, dan disarankan puasa. Karena, ada beberapa pemeriksaan yang membutuhkan pasiennya untuk berpuasa, minimal 8 jam,” katanya lagi.
Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel:

BERITA TERKAIT
KOMENTAR

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.