Sering Dianggap Sama, Tapi Sperma dan Air Mani itu Beda – CNN Indonesia

Wawako ingatkan masyarakat hidup sehat rutin olahraga – ANTARA Jambi
Juni 19, 2022
Sutarmidji minta penerapan teknologi digital 4.0 bagi UMKM – ANTARA Kalimantan Barat
Juni 19, 2022
Show all

Sering Dianggap Sama, Tapi Sperma dan Air Mani itu Beda – CNN Indonesia

Sperma dan air mani selalu dianggap sebagai dua hal yang sama. Padahal jelas cairan yang keluar dari organ vital pria ini adalah hal yang berbeda. Apa beda sperma dan air mani? 
Sebenarnya sperma adalah bagian dari air mani, tetapi air mani bukan bagian dari sperma. Lalu apa itu air mani dan apa bedanya air mani dengan sperma? Berikut penjelasannya.
Air mani merupakan cairan keputihan yang keluar dari penis ketika seseorang mengalami orgamse atau terangsang, walau air mani memang tetap bisa keluar tanpa rangsangan. Dilansir dari Andrology Center, air mani atau dikenal juga dengan cairan semen adalah cairan yang berisi sel sperma dan cairan plasma lainnya.
Warnanya putih, kuning atau agak keabu-abuan dan konsistensinya kental serta keluar dari penis. Semen bertanggung jawab untuk transmisi sel sperma ke dalam organ reproduksi wanita. Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani ini berubah seperti jeli atau lengket.
Apa saja yang terkandung di air mani?

Saat air mani keluar, dia akan membawa serta sel sperma, fruktosa, prostaglandin, asam amino, enzim, flavin, asam sitrat, protein, fosfatidilkolin, vitamin C, seng, asam fosfatase, antigen spesifik prostat, asam sialat, dan lendir.
Jika air mani adalah cairan yang bisa membawa berbagai sel agar bisa mencapai organ reproduksi wanita, maka sperma adalah sel yang dibawa dalam air mani. Dilansir dari Times Of India, sperma merupakan sel mikroskopis yang merupakan bagian dari air mani.
Tugas sperma adalah membuahi sel telur di dalam tubuh wanita. Untuk sampai ke sana mereka dibawa oleh cairan yang diproduksi oleh berbagai organ seks pria. Dengan kata lain, sperma butuh media untuk berenang ke organ reproduksi wanita, dan air mani menjadi sarana untuk berenang.
Sperma mengandung vitamin B12, vitamin C, kalsium, asam askorbat, asam sitrat, asam laktat, fruktosa, seng, magnesium, kalium, lemak, natrium dan banyak protein berbeda. Tetapi jumlah nutrisi ini sebenarnya sangat kecil.
Sperma dapat hidup hingga lima hari di dalam saluran reproduksi wanita, menunggu untuk membuahi sel telur setelah ia muncul.
Itulah beda sperma dan air mani. Walau keduanya tampak sama tapi sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda.

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.